TIPOLOGI BANGUNAN di KAWASAN LERENG GUNUNG SINDORO Studi Kasus: Dusun Jurang Jero dan Dusun Kabelukan, Desa Candiyasan, Wonosobo

HAPSARI, BERLIANA (2016) TIPOLOGI BANGUNAN di KAWASAN LERENG GUNUNG SINDORO Studi Kasus: Dusun Jurang Jero dan Dusun Kabelukan, Desa Candiyasan, Wonosobo. Masters thesis, Magister Arsitektur Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.94.0006 Berliana Hapsari, ST COVER.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
13.94.0006 Berliana Hapsari, ST BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB II)
13.94.0006 Berliana Hapsari, ST BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (BAB III)
13.94.0006 Berliana Hapsari, ST BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (BAB IV)
13.94.0006 Berliana Hapsari, ST BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
13.94.0006 Berliana Hapsari, ST BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
13.94.0006 Berliana Hapsari, ST BAB VI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.94.0006 Berliana Hapsari, ST DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berutujuan untuk memahami tipologi bangunan lereng gunung di Desa Candiyasan, mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi tipologi bangunan rumah tinggal di lereng gunung yang berada di Desa Candiyasan, dan dapat mengetahui unsur tipologi yang dapat dijadikan guideline pembangunan rumah tinggal di lereng gunung Desa Candiyasan.Metode penelitian ini secara induktif berdasarkan teori dengan mengambil sampel rumah tinggal dan penduduk sebagai responden di Desa Candiyasan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling atau teknik pengambilan sampel secara acak berjenjang.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Tipologi bangunan rumah tinggal masyarakat lereng gunung Sindoro tepatnya di Dusun Candiyasan memiliki strategi tersendiri dalam menata permukimannya. Masyarakat membangun rumah tinggalnya seperti yang terlihat yaitu tipologi bangunan rumah tinggal yang sesuai dengan kebutuhan aktifitas pendukungnya yaitu dengan membuat atau memiliki pola ruang yang mendukung untuk mata pencaharian dan status sosialnya di dalam bermasyarakat di Desa Candiyasan serta pemilihan bahan dan material yang mempengaruhi komposisi fasade bangunan dan pengaturan kondisi ruangan yang disesuaikan dengan alam di lereng gunung yang dingin. Hal ini menunjukan bahwa dalam perencanaan dan perancangan arsitektur, terdapat strategi perencanaan yang tidak hanya berdasarkan standart umum, tetapi harus menyesuaikan terhadap kondisi lingkungan setempat, mata pencaharian dan status sosial masyarakat yang dalam hal ini menyangkut tipologi bangunan, pola ruang, komposisi fasade bangunan, serta pemilihan bahan dan material bangunan. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi tipologi bangunan rumah tinggal di Desa Candiyasan yaitu faktor iklim yang dingin, faktor lingkungan yang berpengaruh pada material bangunan yang digunakan, faktor adat istiadat, faktor pola aktifitas, faktor perkembangan jaman. (3) Unsur tipologi yang dapat dijadikan guideline pembangunan rumah tinggal lereng gunung di Desa Candiyasan adalah tipologi bangunan rumah tinggal yang sesuai dengan kebutuhan aktifitas pendukung masyarakat dilihat dari mata pencaharian dan status sosial, dimulai dari bahan dan material, pola ruang dan komposisi fasade bangunan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 700 Arts and Recreation
Divisions: Graduate Program in Architecture
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:21
Last Modified: 04 Oct 2016 06:21
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11882

Actions (login required)

View Item View Item