KAMPANYE SOSIAL UNTUK MEMPERKENALKAN KEMBALI PERMAINAN TRADISIONAL KEPADA ANAK-ANAK DARI TEMBANG DOLANAN

Devina, Tjoa Nita (2016) KAMPANYE SOSIAL UNTUK MEMPERKENALKAN KEMBALI PERMAINAN TRADISIONAL KEPADA ANAK-ANAK DARI TEMBANG DOLANAN. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.13.0053 Tjoa, Nita Devina COVER.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
12.13.0053 Tjoa, Nita Devina BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (BAB II)
12.13.0053 Tjoa, Nita Devina BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
12.13.0053 Tjoa, Nita Devina BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (BAB IV)
12.13.0053 Tjoa, Nita Devina BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB V)
12.13.0053 Tjoa, Nita Devina BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.13.0053 Tjoa, Nita Devina DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Tembang Dolanan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari budaya Indonesia. Keberadaan Tembang Dolanan telah ada sejak jaman dahulu dan diwariskan dari generasi ke generasi. Makna yang terkandung dalam Tembang Dolanan diantaranya adalah kerja sama, kepemimpinan bahkan ada yang memiliki nilai keagamaan. Tentunya nilai-nilai tersebut sangat baik untuk diajarkan kepada anak-anak untuk membantuk pembentukan dan perkembangan moral mereka. Perkembangan teknologi yang saat ini semakin maju dan media massa yang minim menyiarkan Tembang Dolanan menyebabkan anak kurang mengenal dengan baik Tembang Dolanan, termasuk permainan yang ada di dalamnya. Selain itu, jadwal anak dan kurikulum yang padat juga mempengaruhi proses pengajaran permainan dari Tembang Dolanan, yang menyebabkan pembelajaran Tembang Dolanan dan permainannya tidak bisa maksimal. Pengadaan Kampanye Sosial Nembang Karo Dolanan diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengenalkan kembali permainan tradisional yang terdapat di dalam Tembang Dolanan. Dengan program kampanye yaitu Program Satu Hari Dolanan di sekolah-sekolah serta menggunakan media sosial dan animasi sebagai penarik perhatian, tujuan dari kampanye dapat tercapai yaitu sebagai media bagi anak agar dapat mengenal kembali permainan tradisional dari Tembang Dolanan berikut makna yang terkandung di dalamnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education
700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 04 Oct 2016 01:21
Last Modified: 24 Aug 2022 02:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11744

Actions (login required)

View Item View Item