KESTABILAN WARNA LARUTAN DARI SERBUK PEWARNA DAUN JATI MUDA (Tectona grandis Linn. F.) DENGAN MIKROENKAPSULASI MENGGUNAKAN MALTODEKSTRIN

YULIANTO, AGUSTINUS (2016) KESTABILAN WARNA LARUTAN DARI SERBUK PEWARNA DAUN JATI MUDA (Tectona grandis Linn. F.) DENGAN MIKROENKAPSULASI MENGGUNAKAN MALTODEKSTRIN. Other thesis, PRODI TEKNOLOGI PANGAN UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.70.0150 Agustinus Yulianto COVER.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
12.70.0150 Agustinus Yulianto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text (BAB II)
12.70.0150 Agustinus Yulianto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text (BAB III)
12.70.0150 Agustinus Yulianto BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB IV)
12.70.0150 Agustinus Yulianto BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (BAB V)
12.70.0150 Agustinus Yulianto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.70.0150 Agustinus Yulianto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.70.0150 Agustinus Yulianto LAMPIRAN.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Daun jati muda memiliki kandungan pigmen antosianin yang memiliki potensi sebagai pewarna. Pigmen antosianin memiliki warna merah hingga biru dan termasuk dalam golongan flavonoid yang larut dalam air. Warna pigmen antosianin sangat dipengaruhi oleh konsentrasi dan pH. Penggunaan antosianin yang terdapat dalam daun jati ini telah ditunjukkan dari beberapa penelitian sebelumnya mengenai potensi antosianin dalam daun jati muda sebagai pewarna. Penelitian ini bertujuan mengetahui kestabilan warna larutan dari serbuk pewarna daun jati muda (tectona grandis linn. f.) yang di mikroenkapsulasi dengan maltodekstrin. Tahap awal untuk penelitian ini yaitu membuat ekstrak daun jati muda dengan cara daun jati muda dihancurkan dan dilarutkan dengan air (1:3), setelah itu dicampur dan dipecah kembali dengan menggunakan blender lalu disaring. Setelah ekstrak jadi, ditambahkan maltodekstrin dengan dua konsentrasi yang berbeda yaitu konsentrasi maltodekstrin 10% dan konsentrasi maltodekstrin 20% . Penambahan konsentrasi maltodekstrin berdasarkan berat awal sampel ekstrak daun jati yang digunakan. Proses dilanjutkan dengan penambahan asam sitrat hingga pH 3 untuk medapatkan hasil warna ekstrak yang stabil. Kemudian ekstrak tersebut dikeringkan dengan spray dryer dengan suhu inlet sebesar 60°C dan suhu outlet sebesar 80°C selama 2 jam untuk menghasilkan serbuk daun jati muda yang paling optimal. Setelah mendapat serbuk daun jati muda maka dilakukan pengujian karakteristik serbuk dengan analisa warna dan analisa daya larut, juga dilakukan pengujian karakteristik larutan serbuk pewarna daun jati muda yang meliputi analisa kadar antosianin, analisa intensitas warna terhadap pengaruh pH, dan analisa intensitas warna terhadap cahaya. Pada analisa intensitas warna terhadap pengaruh pH digunakan 4 variasi pH yaitu pH control, pH 3, pH 7 dan pH 8 sedangkan analisa intensitas warna terhadap cahaya digunakan 3 variasi cahaya dengan satuan lux yaitu 0 lux, 500 lux dan 700 lux. Hasil penelitian ini menunjukkan penambahan konsentrasi maltodekstrin dalam pembuatan larutan serbuk daun jati muda cenderung memperbesar hasil antosianin, kelarutan dan meningkatkan kecerahan warna serbuk daun jati muda. Penambahan maltodekstrin 10% pada cairan dengan pH 3, pH 7 dan pH 8 memiliki perbedaan nyata dengan larutan serbuk daun jati muda konsentrasi 20%. Penambahan konsentrasi maltodekstrin 20% memberikan perbedaan nyata antara perlakuan pH kontrol, pH 3, pH 7. Intensitas absorbansi warna antosiain terhadap perlakuan cahaya 0 lux dan 500 lux memiliki hasil yang tidak berbeda nyata antara penggunaan maltodekstrin 10% dan maltodekstrin 20%. Intensitas absorbansi warna antosianin terhadap perlakuan cahaya 700 lux memiliki hasil berbeda nyata antara penggunaan maltodekstrin 10% dan maltodekstrin 20%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 660 Chemical engineering
> 660 Chemical engineering > Food Technology > Drying
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 03 Oct 2016 04:55
Last Modified: 03 Oct 2016 04:55
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11720

Actions (login required)

View Item View Item