PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL MEMBIASAKAN DIRI MELIHAT TANGGAL KADALUARSA PADA KEMASAN MAKANAN MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Wijaya, Siek, Yoshe Faustin (2016) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL MEMBIASAKAN DIRI MELIHAT TANGGAL KADALUARSA PADA KEMASAN MAKANAN MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. Other thesis, Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.13.0003 Siek, Yoshe Faustin Wijaya COVER.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
12.13.0003 Siek, Yoshe Faustin Wijaya BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB II)
12.13.0003 Siek, Yoshe Faustin Wijaya BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
12.13.0003 Siek, Yoshe Faustin Wijaya BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
12.13.0003 Siek, Yoshe Faustin Wijaya BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
12.13.0003 Siek, Yoshe Faustin Wijaya BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.13.0003 Siek, Yoshe Faustin Wijaya DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.13.0003 Siek, Yoshe Faustin Wijaya LAMPIRAN.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Makanan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap makhluk hidup dikarenakan terdapat zat yang berfungsi untuk meningkatkan ketajaman visual, kepekaan, kecepatan merespon, dan pembentukan sel di dalam tubuh. Namun faktanya, insiden keracunan nasional tertinggi yang terjadi di Indonesia justru disebabkan oleh makanan yang telah melewati batas tanggal kadaluarsa. Sedangkan pemberian informasi mengenai tanggal kadaluarsa merupakan sebuah keharusan bagi produsen makanan dan telah tercantum di dalam PERMENKES RI NO. A 329/MENKES/PER/XII/76 dan NO. 79/MENKES/PER/III/78. Itu artinya masih banyak konsumen tidak terbiasa untuk melihat tanggal kadaluarsa terlebih dahulu ketika akan membeli, mengonsumsi, dan mengolah suatu produk makanan. Oleh karenanya perancangan kampanye sosial melalui Desain Komunikasi Visual ini merupakan gerakan penyadaran bagi konsumen terutama ibu rumah tangga era modern untuk membiasakan diri melihat tanggal kadaluarsa pada kemasan produk makanan. Baik ketika akan membeli, mengonsumsi, maupun mengolah suatu produk makanan dimana ibu rumah tangga sebagai konsumen produk makanan yang lebih mendominasi dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Melalui metode penelitian yang terdiri dari studi literatur, kuesioner, dan observasi serta metode perancangan yang terdiri dari strategi komunikasi, strategi analisis, dan strategi media kreatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology > Food safety
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 04 Oct 2016 00:42
Last Modified: 19 May 2023 07:45
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11667

Actions (login required)

View Item View Item