PERANCANGAN KAMPANYE KRITIS PADA BERITA DAN KEBENARANYA SEBELUM MENYEBARKAN KE MASYARAKAT

Wijaya, Hermawan (2016) PERANCANGAN KAMPANYE KRITIS PADA BERITA DAN KEBENARANYA SEBELUM MENYEBARKAN KE MASYARAKAT. Other thesis, Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.13.0050 Hermawan Wijaya COVER.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11.13.0050 Hermawan Wijaya BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB II)
11.13.0050 Hermawan Wijaya BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB III)
11.13.0050 Hermawan Wijaya BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB IV)
11.13.0050 Hermawan Wijaya BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
11.13.0050 Hermawan Wijaya BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.13.0050 Hermawan Wijaya DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Berita memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap berbagai aspek kehidupan manusia yang mengandung berbagai informasi. Pentingnya informasi bagi kehidupan manusia menyebabkan berita haruslah cepat, tepat dan akurat, karena keterlambatan pemberitaan akan menjadikan berita tersebut basi dan kehilangan fungsinya. Dalam penyebaranya ke masyarakat berita disiarkan melalui beberapa media, seperti media masa, televisi, media sosial, dan internet. Banyaknya berita yang beredar dimedia sosial dan internet membuat masyarakat sangat mudah menerima informasi hanya dengan mengakses internet melalui gadget dan smartphone mereka. Informasi yang beredar memang sangatlah cepat, namun keakuratan dan kebenaran informasi yang beredar seringkali tidak sesuai dengan fakta-fakta yang ada. Hal ini menyebabkan beberapa informasi-informasi palsu juga beredar dan sangat mudah sampai ke masyarakat. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang percaya karena mereka tidak tahu bagaimana cara membedakan berita mana yang benar. Dari permasalahan yang muncul, maka dibuatlah suatu kampanye untuk membantu masyarakat agar bisa lebih peduli, teliti dan kritis terhadap kebenaran sebuah berita sebelum mereka membagikan berita kepada oranglain dengan mengenalkan program pengecekan berita dengan sebuah mesin pengecek berita yang dapat mendeteksi berita palsu. Dengan adanya mesin pengecek berita dalam bentuk website ini diharapkan masyarakat dapat bersikap lebih peduli terhadap penyebaran beritapalsu yang sengat sering terjadi dimedia sosial, serta diharapkan penyebaran berita palsu dapat berkurang karena dapat dengan mudah dideteksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 050 News media, journalism, publishing
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 04 Oct 2016 00:41
Last Modified: 19 May 2023 07:16
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11643

Actions (login required)

View Item View Item