Analisis Penerimaan Aplikasi Sistem Informasi Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Terpadu KRS Online UNIKA Soegijapranata)

Krisnawati, Cahya (2011) Analisis Penerimaan Aplikasi Sistem Informasi Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Terpadu KRS Online UNIKA Soegijapranata). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
07.60.0189 Cahya Krisnawati COVER.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07.60.0189 Cahya Krisnawati BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (BAB II)
07.60.0189 Cahya Krisnawati BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (BAB III)
07.60.0189 Cahya Krisnawati BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (BAB IV)
07.60.0189 Cahya Krisnawati BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB V)
07.60.0189 Cahya Krisnawati BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07.60.0189 Cahya Krisnawati DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
07.60.0189 Cahya Krisnawati LAMPIRAN.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termotivasi untuk menganalisis penerimaan Sistem Informasi Terpadu KRS Online Unika Soegijapranata dengan menggunakan Technology Acceptance Model. Penggunaan model TAM karena TAM merupakan sebuah konsep yang dianggap paling baik dalam menjelaskan perilaku user terhadap sistem teknologi informasi baru. Dengan demikian penelitian ini berjudul “Analisis Penerimaan Aplikasi Sistem Informasi Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Terpadu KRS Online Universitas Katolik Soegijapranata)” untuk membuktikan secara empiris perilaku user atas perubahan Sistem KRS Mandiri ke Sistem KRS Online di Unika Soegijapranata. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Unika Soegijapranata. Penentuan sampel dilakukan dengan judgment sampling yaitu dengan kriteria tertentu adalah mahasiswa angkatan 2008 dan dengan proportional sampling yaitu berdasarkan proporsi mahasiswa angkatan 2008 di masing-masing fakultas. Analisis data dilakukan dengan SEM (Structural EquationModelling) Partial Least Square dengan software Smart PLS. Hipotesis yang diujikan pada penelitian ini berjumlah 7 hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan 6 hipotesis diterima dan 1 ditolak. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) adanya pengaruh positif antara Infrastruktur jaringan dengan persepsi kemanfaatan, (2) adanya pengaruh positif antara Infrastruktur jaringan dengan persepsi kemudahan, (3) adanya pengaruh positif antara persepsi kemudahan dengan persepsi kemanfaatan, (4) adanya pengaruh positif antara persepsi kemanfaatan dengan sikap penggunaan, (5) adanya pengaruh positif antara persepsi kemudahan dengan sikap penggunaan, (6) adanya pengaruh positif antara sikap penggunaan dengan perilaku untuk menggunakan dan (7) membuktikan tidak adanya pengaruh antara persepsi kemanfaatan dengan perilaku untuk menggunakan. Hal ini membuktikan bahwa proses transisi perubahan sistem KRS Mandiri ke sistem KRS Online tidak sepenuhnya dapat dijelaskan oleh Technology Acceptance Model. Kata kunci: SIT KRS Online, Technology Acceptance Model, Partial Least Square.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 29 Sep 2016 01:23
Last Modified: 29 Sep 2016 01:23
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11459

Actions (login required)

View Item View Item