ANALISIS KELAYAKAN PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK: STUDI KASUS PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) KACANG KULIT SANGRAI ANDEWA JAYA, LESTARI, DAN MAJU JAYA

FEDORA, FAUSTINE (2010) ANALISIS KELAYAKAN PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK: STUDI KASUS PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) KACANG KULIT SANGRAI ANDEWA JAYA, LESTARI, DAN MAJU JAYA. Other thesis, Prodi Akuntansi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
06.60.0042 Faustine Fedora COVER.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06.60.0042 Faustine Fedora BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (BAB II)
06.60.0042 Faustine Fedora BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (BAB III)
06.60.0042 Faustine Fedora BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (BAB IV)
06.60.0042 Faustine Fedora BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB V)
06.60.0042 Faustine Fedora BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.60.0042 Faustine Fedora DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
06.60.0042 Faustine Fedora LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kelayakan penetapan harga jual pada UKM kacang kulit sangrai Andewa Jaya, Lestari, dan Maju Jaya. Penelitian terhadap isu tersebut menarik karena adanya perbedaan teori dalam penetapan harga jual dengan kenyataan yang terjadi di lapangan. Faktor perlu dipertimbangkan dalam penetapan harga jual yang layak adalah biaya produksi, harga pesaing, dan konsumen. Sedangkan pada penelitian ini, Penulis melihat pelaku bisnis UKM hanya memperhatikan permintaan pasar untuk mengejar omset penjualan tanpa memperhitungkan harga jual yang layak atau tidak, serta pemilik UKM kurang memperhatikan faktor yang mempengaruhi harga jual produknya. Menentukan suatu strategi bersaing yang efektif dan efisien merupakan tuntutan bagi perusahaan untuk menghadapi situasi dan kondisi pasar yang selalu berubah. Di dunia Usaha Kecil Menengah mendapat dampak yang sangat besar dari perkembangan tersebut, dimana pihak akuntansi harus membuat perhitungan – perhitungan yang sangat akurat, informatif serta up to date jika ingin ikut dalam persaingan ini. Salah satu dari usaha tersebut adalah bagaimana cara menetapkan harga jual yang layak agar produk yang dihasilkan dapat bersaing di pasar. Penelitian ini menggunakan berbagai teori penetapan harga jual yang layak dalam mengalokasikan penetapan harga jual yang layak pada suatu produk, diperlukan analisis biaya – biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi produk namun setiap metode yang digunakan selalu mempunyai kelemahan – kelemahan yang berakibat terjadinya kesalahan dalam penetapan harga jual, sehingga produk tersebut tidak dapat bersaing. Cara yang paling tepat untuk mengalokasikan biaya – biaya pada produk adalah dengan memperhitungkan harga pokok produksinya untuk menentukan harga jual yang tepat. Cara ini paling mudah dan efektif dilakukan oleh para UKM. Pada penelitian ini peneliti menggunakan data primer dan data sekunder. Obyek penelitian ini dilakukan pada usaha kecil menengah kacang kulit sangrai yang berkedudukan di Kabupaten Semarang dengan menggunakan analisis deskripsi, dan kualitatif yang digunakan untuk kelayakan harga jual. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat diambil kesimpulan, bahwa Usaha Kecil Menengah kacang kulit sangrai selama ini belum dapat memperhitungkan harga jual yang layak, sehingga laba yang diperoleh tidak diketahui.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Production Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 26 Sep 2016 02:49
Last Modified: 26 Sep 2016 02:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11279

Actions (login required)

View Item View Item