EKO S., HINGGIL K. (2002) PENENTUAN SEGMENTASI SEPEDA MOTOR MERK JIALING SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
97.30.3268 Hinggil K. Eko S COVER.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
97.30.3268 Hinggil K. Eko S BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3268 Hinggil K. Eko S BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3268 Hinggil K. Eko S BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3268 Hinggil K. Eko S BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
Text (BAB V)
97.30.3268 Hinggil K. Eko S BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
97.30.3268 Hinggil K. Eko S DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
97.30.3268 Hinggil K. Eko S LAMPIRAN.pdf Download (388kB) | Preview |
Abstract
Pada tahun 1998, sepeda motor Cina mula! masuk yang diprakarsai oleh sepeda r Jialing. Waktu itu sc;:pl!da motor merck .lialing sempat menggoyah pangsa pasar didominasi oleh sepeda motor merek Honda. Apalaf"ri deSlb'l1 produk sepeda motor g mirip dengan sepeda motor Iionda lipe ASlrea Grand dengan harga yang lebih h. Dengan mcngandalkan harga yang murah, sepeda motor merck .lialing rata-rata mIl olch masyarakat goJon,gun mcncngah kc bawah. Dcngan mclihat kcantusiasan arakat golongan menengah ke bawah tcrhfldap harga sepeda motor merck .Iialing, r-de<llr:r sepeda motor merck Ji:'lIing mulai mde-barkan sayapnya ke seluruh kOla: 1i Indonesia. Kesuksesan sepeda motor merd: Jialing belum sempat dinikmati, para pesaing ~adakan inovasi besar-bt:saran lerhadrlp design produk masing-masing dan :gi pemasarannya. Bertitik tolak dari k~a:(d~aa~n~l~e~rs~e~b~U~I.~~~~~~ motor merek Ig perlu mengadakan pembaharuan ingO dlcehn gan pesaing-pesaingnya. sellin'gg, karcna itu pcmasar sepeda I ';Ji!,lirlg ltu yang Dotensial. Keputusan ini Inya pcrusahaan memiliki dtlna lersebul ridak ada pesaing dan . I . paling tepat sehagai an mengetahui seb'1nan pasar peroJeh rnanraat, yaitu P~:~nal~:l Jk dan usaha promosinya I Olch ~a"'na enentuan sef:,rrnentasi r .lialing dapat memposseispiekdaan diirn"a ~1~~~~~£;~~~J:~f,t~~~~~~,~~~~~~~~~ff npatan pasar yang ada. B,~:~1:~:;;t~rl~;I~ -ik untuk melakukan penel i i I/, Alerk Jialin,l!.. Semonmg ". Perumusan masalah dnJam k alau tepat untuk dituju oJeh litian ini adalah untuk menenl ukan :':::~:!~::§~~~~~~ ,r .lialing Scmarang. Obyek penelitian ini adaJah konsumen lialing yang )misili di Semarang. Populasi datam penclilian ini adaJah para pemakai sepeda Ir Jialing yang berdomisili di Scmarang. Dikarcnakan jumlah populasi pemakai Ja mOlor Jaling yang bl!:,domisiji di Scmarang lidak dapal diketahui secara pasti, I penenruan jumlah sampel ditentukan dengan Quo/a S(lmp/III?,. Oleh karena im lit Inenentukan sampeJ sebanyak 100 responden_ Teknik sampling yang digunakon III Teknik Accidental Sampling. Jenis duta yang digunakan adaJah data primer. Ide pcngumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner. Mctode sis data yang digunakan adalah metode anal isis deskriptif yaitu analisis unluk ~gambarkan obyck penelitian berdasarkan karakteristik dan fenomcna yang direliti, mnya adalah untuk memperoieh gambaran ten1ang variabel-variabel yang diteHti (riplil). Adapun kesimpulan yang dapat diambil dalam p~nelitian ini adalah sebagai ul: egmenlasi geografis adalah penentuan se!:,'lnentasl yang dilakukan dcngan cara lernba,hrl konsumen kc dalam unit-unit \\-ilayah kOla tempa[ tinggaL dimana ~rdasarkan wilayah kecamatan tempal tinggal, sebagian besar konsumen sepeda lotor Jialing Semarang bel1empal linggal di kccamman Banyumanik. Sedangkan ~njasarkan daerah tempat ringgal, sebagian besar konsurncn sepeda motor Jialing cmarang bcnempat ringgal di daerah pingglfan kOla_ egmentasi demo!:,Jfalls adalah penentuan se,gmentasl dengan memisahkan ~msumen ke dalam kclompok yang didasarkan padn \"anabel demografis, dllnana ~bagian besar konslIlllcn sepeda motor .haling Scmarang di dalam pcnelilian ini ~rusia 17 - 27 tahun, be~ienis kelamin pna, sudah kawin_ mempunyai penghasilan cr bulan antara Rp_500.000,OO-Rp_I_OOO_OOO,OO~ beke~la sebagal pegav./ul swaslu :tn mcrupakan lulusan SLTA / Akademi . egmen1asl psikob'Tafis adalah penentuan segmenlasi A ngan membagi-bagi onsumen ke dalam kel.on?pok-kelompok kelas sosiaJ~~'" s !..'.ian besar onsumen sepeda molor JIahng Semarang 1~f'UPakan ~umeri"r"Clas-ba·\ Q_ cgmcntasi pcrilaku konsumen adalu)1.cn{ n\uan scg!l1cllmsi del)gan Il~mbagi onsumen ke dalam kelompok-kclo VOk perilaku ?sume.n~man~ seba~an esar konsumen dl dalam pene1itian . ~ menggunakrtn sepeda mOI6"f't..Jjaling dal~ cgiatan rutin sehan-hari. manfaat 9Jih yangAlicari ~n~umen adalat kC8wcta leSln sepeda mOlor .halmg d' n :eoagtun F sar kql1sumefil ~da malo .1ialing emarang mempunyal sikap ya.n~~_ OSiUrler adap pro.duk ~ ' a I wor .1ialilTg_ ,. J\dapun saran yang dapat dlb~1 '-an~da ah sebagai be . ~tlt~, I \ 1engenai segmcnlasi geografis, -I aikny pcmas~.r sc.:~c~ md r ia llllg Sen-tdrang ~bih meningkalkan promosiny' 1'i daera&r~rkotaafl ,untuk me) pertiesar ijllngsa asar yang ada melalui kegiata t osial d r)8meran-r~ne.faikesenian ~aJah di aerah perkotaan dan IClap me ',llertah;pk n ~i nc:rJa yang lelah dicapni di oaerah in~giran kota, yaitu mclalui kCgia~l ' n sponsosvenl-e~LL(ml$a _ service ratIS)_ ,\ 1engenai segmentasi demografis, 5C~knya p·l:n.asar--sep~ TIotor J~I1P em~rang menjalin kcIjasama penjua ~~rodUk s~~ra :notor_ .liaJing ~~Il'[an elTIlJlk usaha tertenlu yang membutuhkan ·!!J1,cda.l~tor untuk k~ la~oper.astonal sahanya dan [Clap rnemperlahankan k qa ~~aPJ"i~~engan lelakukan pramasi secara kontinyu, terutama difok~kanJ't.!:eQad#karya'van muda ang sudah menikah. r1engenal segmen1asi psikografis, sebaiknya pemasar sepeda motor .Iialing emarang mcnawarkan suatu fasililas kredil khusus kcpcmilikan sepeda motor cngan bunga yang ringan kepada konsumcn kelas bawah_ ilengcnai segmenrasi periJaku konsumen, sebaiknya pemasar scpeda motor .lialing ,cmarang dapat mcningkatkan kepuasan yang terbaik bagi konsumen dengan ertil1lbangan harga yang murah, biaya pera,vatan yang ekonomis, jaminan spare 'ans yang selalu lersedia dan dukungan layanan puma jual, dan telap lempertahankan perfonna atau kinerja mcsin yang tclah digunakan pada produk epcda motor .lialing, karena kineIja mesln inilah yang telah membuat konsumen lerasa tertarik untuk membchnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 25 May 2016 09:58 |
Last Modified: | 25 May 2016 09:58 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9493 |
Actions (login required)
View Item |