DEWl, WIDYA ARlANI (2003) ANALISI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PADA SALON ANGELLA JL. VETERAN SEMARANG. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Katolik Soegijapranata.
|
Text (COVER)
98.30.3756 widya ad.COVER.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
98.30.3756 widya ad.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3756 widya ad.BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
||
Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3756 widya ad.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3756 widya ad.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
Text (BAB V)
98.30.3756 widya ad.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
98.30.3756 widya ad.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
98.30.3756 widya ad.LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Banyak perusahaan salon bennunculan mengakibatkan terjadinya persaingan yang ketat dalam mempertahankan usahanya. Dimana bisnis salon ini mempunyai berbagai kesamaan dalam unsur peraingan diantaranya seperti produk daan jasa yang t sarna, paar, maupun konsumen, maka berbagai upaya mericiptakan' kekhususan atau keunggulan pasarnya. Penyusunan kebijaksanaan pemasaran yang handal dan sesuai dengan pengembangan konsumen sangat diperlukan, oleh karena itu pengetahuan akan faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada jasa yang diberikan harus diketahui oelh para pengusaha. Salon Angella Jl. Veteran Semarang juga tidak lepas dari persaingan diantara bisnis salon yang kini sedaang berkembang. Salon Angella dituntut untuk menunjukkan kemampuan terbaik dalam rangka menarik minat konsumen untuk membeli. Hal ini ditujukan agar dapat memuaskan konsumen sekaligus berusaha berusaha memiliki keunggulan agar dapat bersaing dengan salon lainnya. Salon Angella perlu memantau setiap kebljaksanaan pemasaran tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi serta perkembangan konsumen. Perilaku konsumen dan faktor-faktor yang mendorong minat beli konsumen dapat diketahui oleh perusahaan dengan mengadakan riset konsumen (pasar). Bertitik tolak dari hal tersebut diatas, dalam penelitian ini diambil judul "Analisis Faktorfaktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pada Salon AngeUa J1. Veteran Semarang". Dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada salon Angella Semarang. Dengan menggunakan rotasl faktor varimax, dari 31 variabel yang diteliti diperoleh 29 variabel yang tergabung dalam 5 faktor yang memiliki faktor loading tertinggi dari, faktpor ain. Sisanya sebanyak 2 variabel dikeluarkan daari model karena mempunyai nilai faktor loading yang lebih rendaah dibanding dengan lainnya. Penelitian ini mampu untuk menjelaskan faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan konsumen pada salon Angella Semarang yaitu ditunjukkan dengan besarnya persentase komulatif varian (total varian sebesar 83,756 % ), sedangkan sisanya sebesar 16,244 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model. Sete1ah melalui perhitungan dengan bantuan program SPSS, dapat diinterpretasikan bahwa dari penelitian ini diperoleh beberapa faktor analisis yang terditi dari : 1. Faktor Fasilitas, terdiri dari tempat duduk untuk erawatan rambut nyaman, tempat cuci rambutnya nyaman dan bersih, Ada kamar kecil ( we ) yang bersih, terdapat tempat parkir untuk roda dua dan roda empat, ruang salon selalu bersih, lokasi salon strategislmudah dijangkau dengan kendaraan pribadi/umum, ruang salon tidak panas/sejuk, ada fasilitas untuk menunggu, misalnya majalah, musik, dan TV, menyediakan ruang tunggu yang nyaman. 2. Faktor Hasil jasa, terdiri dari hasil cuci rambut bersih, hasil yang anda terima setelah perawatan rambut memuaskan, hasil kerja kapster memuaskan pelanggan , anda merasakan perubahan pada rambut anda setelah dicreambath, hasil blow sesuai dengan keinginan pelanggan, penampilan kapster rapi dan menarik, kapster memberikan infonllasi prod uk perawatan rambut yang cocok bagi pelanggan. 3. Faktor Keahlian kapsler, terdiri dari kapster tidak membuat pelanggan lama menunggu, kapstemya cekatan, kapster mengingat nama pelanggan, perawatan rambut yang anda terima sesuai dengan keadaan rambut anda, kapster menanggapi keinginan pelanggan, kapster membantu dalam memilih potongan rambut yang cocok untuk pelanggail. ·f 4. Faktor Komunikasi dan sikap kapster, terdiri dari kapster mampu memberikan penyelesaian dari kcluhan yang disampaikan pelanggan, kapster mengingat masalah pelanggan dan referensi yang diberikan sebelumnya, kapster memiliki pengetahuan tentang prawatan rambut yang baik , kapster selalu ramah dan sopan dalam melayani pelanggan , kapster dapat menanggapi dengan cepat permintaan pelanggan. 5. Faktor Harga, terdiri dari harga di Salon AngeUa lebih murah dibandingka dengan salon lain, sering diberikan potongan hargaldiskon. Sehingga seluruh faktor tesebut dianggap penting oleh para konsumen dalam mempengaruhi kepusan knsumen dalam membeli jasa Salon Angella. Maka bagi pihak Salon Angella sangatlah penting untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan serta meningkat kualitas jasa yang masih kurang memuaskan konsumen agardapat selau unggul dalam persaingan dengan salon lainnya dan dapat meningkatkan penjualan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 12 May 2016 01:58 |
Last Modified: | 12 May 2016 01:58 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9191 |
Actions (login required)
View Item |