ANALISIS PENGARUH BIAYA PERIKLANAN DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP NILAI PENJUALAN (STUDI KASUS PADA PT. DJARUM PERWAKILAN SEMARANG)

HINDARTO, DEDY (1998) ANALISIS PENGARUH BIAYA PERIKLANAN DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP NILAI PENJUALAN (STUDI KASUS PADA PT. DJARUM PERWAKILAN SEMARANG). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
92.30.1214 Dedy Hindarto COVER.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
92.30.1214 Dedy Hindarto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1214 Dedy Hindarto BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1214 Dedy Hindarto BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1214 Dedy Hindarto BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text (BAB V)
92.30.1214 Dedy Hindarto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1214 Dedy Hindarto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
92.30.1214 Dedy Hindarto LAMPIRAN.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

ANALISIS PENGARUH BIAYA PERIKLANAN SALURAN DISTRIBUSI TERHAOAP NILAI (STUDY KASUS PT. DJARUM PERWAKILAN DAN BIAYA PEhlJ UALAN SEI'lARANG) 8anyak perusahaan di dalam menjalankan I~eg i~ta " usahanya mempunyai tujuan dan sasaran. Tujuan merup!lk a n perrlyataan ten tang apa yang ingin dicapai organi sasJ. dal~(n janqkd waktu t e rtentu. Tujuan perusahaan ter bayi di..lo ., yailu tujuan yang berSifat~um seperti nlemaksimumkan laba dengan biaya tertentu dan ~ 'uan yang bersifat khusus. Tujuan i ni berbeda-beda ~ I"ti. rusahnan yang salu d eng.an purusa haan yang l~d gk~n dimaksudk~n dengan sasaran adala~~Fryataan y~g ingin . apai perusahaoln tolnpa menghubu d dengan l jangRa waktu . tenlu. O leh~' na it;'u b~l!"d'o-m-a, pada pen ' baran di atas dapat di simpu ~n b ah~a~ asaran Ie i h luas an d i tentukan unt.uk j angk pal;:da 'g, lain Ha lnya engan ~uju an. oleh sebab i t ~ usphoj n Marus .mpunyai bujlJan lit i h dahulu kemud ian sarat.~a. ~'1t uk nC6 Pf'"i tu ua~ sasaran. haru meny\-,sU jI, strategi. St ~ . e gi yang i ap perusdh. r b .rbeda-be a Sf!'8di denga,., j·.{;'!Jeradaan eru ahad a9!tng m ig d n k tor-fak tor I ingkungan ang mpengar""uJ:!.l. S al Ih satu str.te\gi .:ta di.us~r erusa an adalah stra teg i 1. bid ng .m •• .a.ran. Pama&il t1a men kup usaha yang c::I imu i J deMga n mengident:l.t.i >'Sika~ kebutuhan kcn5 umen ~ ~(lent'"U k a~ l1arg~-enentuk a.n prom . J dan carell pl:'nYdluran a t au penj Uai:-a~' ba-fla~ t:.erse . Strategi ~ E'masar,;:n rnt.:m nya l. 13-t!t~-p@'nt in g ~ ena strategi perr.a ·:'ar-an uka'n V~rC" apa.:i. 5'y a tuju'a~ dan sas aran per-U 5.:.1haan. 'dupan pel"iu ~aha~ pat dikatakan b:?n) a ntunq al atau t:. akD:y prc duk yang d jpasar .... an OI'2h erus ~Ol~ sebab itu pe-ru5ahaan IH"-uS mempun V 1i strategi p~ a n yang t epai:: agar produk y~"g dipasClI'kdn laJ ~t l terjual dan tidak kalah dengan produlc pesaingf"'ya . E ~n y a!~ 11a1 yang teJah dilakukan PT. DjarlJnl pen':a k jlan SemaranlJ dalam melaks anakiln strategi pemLisa ranny<;1. Misa lnya tJ e ngan jalan mengadav.an pe..-iklilnan d,~ n memilill saluran dislribusi yang t~pat. Sdlah sat~l t ~ l.iU"Cln pp.rU5d~laall mengadakan perik Ian a n adalah ag":lIkOr") sumen mentJetahui tJ2Ihwa produknya teloh bere dar di pa ~ 3 ran , p~ril : la'l.n diupayak an untuk m~n ar ik rrlifldt kon~umt;?n t e rhadap produk yang ditawarkan deng3!"'l me ngguna lt&fl bujukan-bujukan yang Inenar i k, sehirlgga kcnsu(n~~ ter-pel·lgaruh dan mempunyai minal unluk me~liliki barang t l::'rs e1.JlJ t dan 51::.' 1 anj u tnya memu tusk an un luI.: membe 1 i b.:trang t.er·sebut. iv Oengan demikian fungsi pe~iklanan sang~tlah penting. Tanpa adanya per-iklanan konsumen belum t entu tahu kalau produk yang mereka cari telah beredar di pasaran, selain itu konsumen juga akan diingatkan kembali aka rl suatu merk produk tertentu. Semakin t inggi tirlgkat konsurnen yang dapat direbut di pasar, akan mengakibatkan kenaikan penjualan. Jadi tujuan pokok diadakan periklanan adalah untuk meningkatkan tingkat pemakaian produk. sedangkan perusahaan menetapkan sa luran distribusi setelah bar-ang selesai dibuat dan siap untuk dipasarkan. Kegiatan distribusi ini meiiputi masalah penentua n saluran distribusi dan pemilihan penyalur. Adapun lembagalembaga yang ikut ambil bagi~n dalam peny~lu~an ba~ang adalah produsen, p~rantara (perantar-a disini bisa panjang b isa pendek ter-masuk pedagang, agen, pengecer-) konsumen akhir- a "tau pe makai indus i. dengan a danya saluran distr-ibusi ter-~ebut dihar-~ E hasil penjualan juga akan il~ ut meningkat, ~a~~1, t& . fl.li dijadikan salura n distribusi dapat ~~~~"" ~_bertanggu n~ --jawab terhadap kepemilik an semua ar-ang Y4n9 d i pasark~~engan demikian perantar a a t~t, saluran .-S1.ir§ ";t:[.. ~ . . b(J5i bena~bena r dapat diandalk an u :dk memb~n~ peru~ aan" d m memasarkan produknya ingga ~asi l penjual jug ak an ikut meningka t ubung a~ den9an ad an y a p~nin~ta n jumiah P T ~n "arum Perwa 11~~ .ma r-ang s e ba gai perusahaan pembelian ~ yang berg t k di bidang p.ma s rani rakok mlil'me uk an dana c:.uklJp besal / yan diguna.ka.,p u uk biay pr-d biaya pemb~lngku s 11 dan bi aya p engiri~.n d an lain ain. Dari keseluruha biay yang tel::"a-t:) ,.-cff1.:e apk a n oleh UT. Djarum PerLoolakil an Serna ar9 pO,[i ioi ter:b... digun an untuk membiaya i ~iata n per:ik..lanah dan.. ..ea. ur"ar. ri businya. AcJapun kegic an per k1ana~an9~ ilaku ap ale ( PT . Djarum Ferwaki I an fir arang tarl~n ~la l i : ra i: , trailer-. iklan, indoo r"; door, b ~ l boa"n:l'J ....s ngle p dou ble Side, n eon sign. umo - umbu 1, S'!'lrndrr~ poste,-. dangkan biaya unt-uk s aIl/ran -ltr-ib'usi ~e\li..p~ti : b pengi,-iman. i-;omi !;' i perantara <lQe dan sales. f-~-~!"::-:iI! Perumusan masala k~~a" skri psi ini oi\dalah : 1. Seberapa b@sar pengaruh biaya periklanan terhadap nila1 penjualan. 2. Seberapa lerhadap besar pengaruh nilai penjualan. biaya saluran distribusi 3. Se llel'""apa saluran besar pengaruh biaya periklanan dan distr-ibusi secar-a bersama-sama terhadap penjualan. Tujuan penelitian ini meliputi bid-va nila1 1. Untu r. mengetahui besarnya pengaruh biaya periklanan terhadap nilai penjuaian. 2. Untuk mengetahui besarnya pengaruh biaya sa l uran distribus1 ter~adap nilai penjualan. 3. Un tuk menge tallui besarnya pengaruh biaya per i k 1 anan dan biaya sai>...lr-an distribusi secara bersama-sarna terhadap nilai p~njualan. Kegunaan pen e litian antara lain 1. Bagi penulis p~nelitian ini sangat berguna rnenerapkan disiplin ilmu yang diperoleh mengikuti kuliah. dalam selama 2. Bagi Lembaga pendidikan penelitian ini dapat rnenambah perbendaha,...a~n perpustakaan juga dapat mer.'lberi manfa>3t bagi mahasiswa fain, ter-utama masalah yang ber-kaitan dengan masalah p e riklanan, distribusi maupun penjuaian. 3. Bagi perLlsahaan penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi perusahaan dalam mengambil kebijakan yang berhubungan dengan masalah periklanan, s alural1 distribusi- dan penjualan. Lokasi pene l itian ini PT . Djarum P e rwakilan Semurang yang terletak di j~ Pandean Lamper IV / 16. Data-data di perusahaan .. ~n da kemudian di ana1isis dengan alat analisi~~ a~ ~~ik re~~i~erganda. S edangkan penguj ian hi po t ;i.~f; ya men g g u na~an uj i - an uj i F un tuk mengetahu i bahw '_"'~il d-a r i Lpers'amaa n terse ut men unjul~kan adanya suatu p g ar-uh . ~- Hasi! a Jlis i s~~unJuk ~ an b~~a~a garuh yang signifikan s ~~a p a~ial ~ ntara b iaya erik l lfZn terhadap nilai pe ~· J an Pl. Djaru d e~gan e n ga sebesar 13,583126 , . tap.i clntara biav.: .h.n-·an di 5 t r ~bun terhadap ni]ai penj Ian ~ dak te rd.pa pergaruh a~ ignifikan, sedangkan 18car a bers a m a-~~ a _ p~ .ya peri l an a dan biaya ibus ber enoar uhnl'"a t."hada nil I penjualan sEbesar 0 ,9 92. ~ Ol e karen~ ltu b e rd a sa ka nasil anal~ di atas maka PT. rrum ~e~ a 1kila Semaran; ht!nd .. k~ya jlrdf,a r benar rnemperhatika ke~i a n periklanan ~·n· . t rd e1:rt bi n lagi k t;ogiatan per I lanan a rus T~'a tka ba i k d am usahanya ~emperbai ki · kl an a n~y ~a~e1~ a d8J. a berusaha menggunakan pe . 1 an a n ---'~ng aa r"'\J" y a n g pa t menari k konsumen baik t\a sa.a t se,kara'1.~ ma~pun . asa . yang akan datang. S edangkan ~~alu"'ah dustp-bo-s.. mesk1pun tidak mE'mpunyai penQaruh D9 ·~~f.e t-a endaknya biaya yang sudah ada jan an d i k ~~na bagaimanapun Juga s aluran distrjbus i in1 penting sekali artinya bagi produkprod~ l~ konvensional seperti produk rokok milik PT. Djarum. Kare na melalui saluran dis t ribusi inilah produk rokok PT. Djarum muddh didapat sehingga dap~t memaksimalkan tingkat penju ~ lan. Selain itu apabila perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 12 May 2016 01:30
Last Modified: 12 May 2016 01:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9165

Actions (login required)

View Item View Item