ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA PT. KARTIKA TOURS & TRAVEL DI SEMARANG

SAPUTRO, FX. DONNY EKO (2002) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA PT. KARTIKA TOURS & TRAVEL DI SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
94.30.2102 FX. Donny Eko Saputro COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
94.30.2102 FX. Donny Eko Saputro BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2102 FX. Donny Eko Saputro BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2102 FX. Donny Eko Saputro BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2102 FX. Donny Eko Saputro BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text (BAB V)
94.30.2102 FX. Donny Eko Saputro BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
94.30.2102 FX. Donny Eko Saputro DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
94.30.2102 FX. Donny Eko Saputro LAMPIRAN.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Salah satu perusahaan jasa angkutan yang dapat bertahan daJam masa krisis ini adalah PT. Kartika Tours & Travel Semarang. Namun selain kemampuan di dalam bertahan dimasa krisis ini perusahaan ini juga membutuhkan suatu riset untuk mengetahui seberapa kepuasan konsumen di dalam menggunakan annada lfll. PT. Kartika Tours & Travel hingga kini lelah berumur 12 lahun lebih, yailu berdiri pada 24 Juni 1989. Keberadaan PT. Kartika Tours & Travel ini diawali dengan suatu keyakinan yang kuat bahwa perusahaan jasa travel aka" memiliki prospek yang cemerlang di Indonesia. Keyakinan itu muncul dengan mempertimbangkan cepatnya pertumbuhan aJ...'1ivitas peTjaianan pada awal tahun 1990. A Berdasarkan hasil siey....p..;ntfaflJlulW.. yang dilakukan pada 30 orang konsumen atau peDggun - a;::Oapaldike1lh~Tcbah~pengguna jasa yang tidak puas terhadap pelayanan ang dibeqkan PT. Kartika t ours & Travel, masalah yang paling banyaJl,membuat pen'!!!!lll!l!&J.i?ak' puas adal . keberangkatan dan wak-ru tiba di tem/at lujuan ~k"lepat (66,01'% yang kei/ua adalah pengguDa iasa tidak menda ~(pemati n yang sama dari para ~a~a"!l'n «il '!o), hal ini sering teIjadi da~~pang Ferasa ke<:e)W na dibea - beda -an, yang ketiga adalah meDIl!;D,ai k~butulian penumpllll! "1Iak dipahami aJeh.J;:ary (56,67 '!o), sehingga pen , mpang t sebut mer ... Kurang terlayani de i~ b. ang keempal fasilitas yang ~a diras masih I.;UIIlII8 Ieng~ap (50 '!o). Berdas .r~an lata bel4ang masalah dlal8s. maka Pinmasal yang dapat dirumuskan <j'alah sebaga; ~ : ,r Bagalmana tjngka't kepu penumpang terhadap kua '6 pelay'. nan podrP'f. Katlika Tours Trave~ ·1 S~marang.": Agar permasa an thn J>l'mbalu.San ndak terlalu I~s maka etit. memben batasan pada oyanan j;J;- PT. lla Ci'urs & T'fIlvei pad ' ]i.dang tours daD travel. Sedangka tu~~m chm nelitian ~-:'~dalah : Untu ~jJl-engetahul tingkat kepuasan penurnpan!;.'tfrha'dap k,.,lilas l'erayanan pad il'. Kartika Tours & Travel di Semarang, dllri 'harapkan peDelitia" ini .!J.ectg\!n agi perusahaan yaitu dapat digunakan seb a pertimbanga,n...dala menentukan strategi pengambHan kepurusan engenal la_.-an~n"'kineIjanya terhadap penumpang atau pelanggan, terutama pirnpinan harus memperhatikan hal - hal atau atribut apa saja yang dianggap penting oleh pelanggan agar mereka puas. Popuiasl dalam penelitian ini adalah pengguna jasa tours dan travel PT. Kartika Tours & Travel Semarang dalam bulan September 2001 yaitu sebesar 940 orang. Dan yang me"njadi :sampel adalah sebagian dan pengguna jasa tours dan travel pada PT. Kartika To~s & Travel yang didasarkan pada penentuan sampel sebagai benkut N 940 n = 1 = n = 2 = 90 orang responden N(d) +1 940(0,1) +1 Teknik pengambilan sampeJ dalam penelitian ini adalah Accidental sampling, yaitu yang dijadikan sampel adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa Tours dan Travel lebih dari 1 Kali yang kebeluJan dijurnpai peneliti" Data yang digunakan adalah data primer (wawancara dan jawaban hasil kuesioner) dan data sekunder (sejarah. struktur organisasi, personalia dan pemasaran). Data yang diperoleh dari responden melalui kuesioner kemudian dianalisis dengan alat analisis yang mengukur harapan dan persepsi, serta kesenjangan yang ada dalam model kualitas jasa yaitu dengan alat analisis : Analisis service and quality les/lanalisis servqual (Tjiptono, 2000 : 38) Analisis ini digunakan untuk menjawab masalah mengenai tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap l-uaJitas pelayanan PT. Kartika Tours & Travel Rumus yang digunakan untuk pemitungan scrvice and quality le.OjI adalah sebagai berikut ; JKP - PP-EX Dirnana ; IKP : indeks kepuasan kOllSulmelvp<mggurlaJasa PP : perceived performance EX : expectations Berdasarkan sebesat 0,0043, pelayanan yang tangible merasa sangat Travel tersebut diberikan menyangkut positif dengan assurance. berarti Kartika Tours & diperoleh nilai gap ~[kl)~ ~~~~lr.~~~~~:dePnagdaan dl-itmlaelintassi pengguna Jasa P'l'lio!C"rti)", TOUTS & menlgh~\ill"ln go~~~;:::~ . Hal ~a yang Sel~aratlg: dimensi I~f i'~~~ a~:k,,'~alt>letiutiT rkaovnesl uymaenng :rre ,;~t~sa~nn~g~a~t D pguaaps masalah ~~I ~:~;!';~E?~;~~~~~ dHana l PiTn.i

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Job Satisfaction
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 04 May 2016 03:24
Last Modified: 04 May 2016 03:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9082

Actions (login required)

View Item View Item