ANALISIS RESPONS AUDIENS TERHADAP IKLAN DOMESTOS NOMOS VERSI CICAK DI DINDING

DWIYANTI, LUSIYANA (2006) ANALISIS RESPONS AUDIENS TERHADAP IKLAN DOMESTOS NOMOS VERSI CICAK DI DINDING. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
99.30.3888 Lusiyana Dwiyanti COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
99.30.3888 Lusiyana Dwiyanti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.3888 Lusiyana Dwiyanti BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.3888 Lusiyana Dwiyanti BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.3888 Lusiyana Dwiyanti BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text (BAB V)
99.30.3888 Lusiyana Dwiyanti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
99.30.3888 Lusiyana Dwiyanti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
99.30.3888 Lusiyana Dwiyanti LAMPIRAN.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Bagaimana mengukur respons terhadap iklan ? salah satu ukuran adalah dengan Customer Respons Indeks. Kriteria ini hanya mengukur panjang respons (jumlah tahap) yang dilalui setiap responden. Cara kedua adalah dengan penyempurnaan terhadap metode CRI yaitu Customer Respons Strenght (CRS). Jika CRI hanya mengukur panjang respons, CRS mengukur kekuatan respons (Bilson Simamora, 2001 : 188). Mengutip dari Marketing Edisi 02/ V/ Pebruari 2005, bahwa teknik animasi dijadikan pilihan bila konsep iklannya sulit dieksekusi dengan menggunakan aktor dari dunia nyata (real film). Iklan Domestos Nomos versi Cicak di Dinding telah memberikan ruang yang luas bagi kreatif iklan untuk menuangkan idenya. Efektifitas iklan animasi sendiri tidak tergantung pada produknya, melainkan lebih kepada massage apa yang ingin disampaikan dan bagaimana cara mengeksekusinya. Pesan dari produk anti nyamuk adalah menghilangkan gangguan nyamuk itu dan tanpa iklan animasi pun hal itu bisa dibuat. Namun untuk mendapatkan perhatian yang lebih dari audiens, dan target market, maka dipakailah animasi. Togar Mamora, Bisnis Development Manager PT Unilever Indonesia Tbk percaya bahwa daya tarik iklan animasi sangat tinggi, apabila ceritanya simpan dan eksekusinya dapat dikerjakan dengan baik, sehingga pesan yang ingin disampaikannya bisa dimengerti dengan jelas. Ilustrasi iklan animasi Domestos Nomos memang lucu dan menyenangkan. Kreatif. Banyak audiens yang menyukainya mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Bukan itu saja, beberapa praktisi dari kalangan periklanan pun juga mengacungkan jempol untuk iklan ini. Teknik animasi biasanya dijadikan pilihan bila konsep iklannya sulit dieksekusi dengan menggunakan aktor dari dunia nyata (real film). Dalam kasus ini, tentunya belum ada cicak yang bisa dilatih untuk melakukan hal-hal tadi. Oleh karena itu, iklan jenis ini memberikan ruang yang luas bagi kreatif iklan untuk menuangkan idenya. Sehubungan dengan hal tersebut di atas permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini adalah : “Seberapa besar respons audiens terhadap iklan Domestos Nomos ?” Respon audiens produk obat nyamuk bakar Domestos Nomos adalah sebesar 37,49% pada penelitian ini. Dengan kata lain diperoleh bahwa 37,49% dari orang (dalam hal ini adalah orang yang sedang melakukan transaksi / belanja di pasar Gayam Sari Semarang dimana mereka merupakan pengguna rutin obat nyamuk bakar) yang memiliki perhatian terhadap obat nyamuk bakar akan memiliki kecenderungan membeli obat nyamuk bakar Domestos Nomos. Dari rentang respon CRS di atas dapat dilihat bahwa frekuensi tertinggi adalah CRS dalam kategori kuat yaitu 36,46%, dan sangat lemah yaitu 35,42%, perhitungan tersebut menunjukkan bahwa respon responden obat nyamuk bakar Domestos Nomos selain banyak yang masuk dalam kategori kuat tetapi banyak juga yang masuk dalam kategori sangat lemah. Nilai korelasi Spearman sebesar 0,867 hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara kekuatan respon erat. Dari nilai korelasi tersebut diperoleh nilai r2 (0,867)2 = 0,752. Hal ini menunjukkan bahwa 75,2% respon responden adalah merupakan dampak dari iklan. Saran yang dapat diambil dari kesimpulan penelitian di atas adalah bahwa alternatif serupa untuk penayangan iklan dalam bentuk animasi dengan kolaborasi lagu-lagu anak-anak/ trend sehingga dapat menarik konsumen/ mudah diingat konsumen, perlu penempatan yang pas antara media produk dengan spot acara/ tayangan pada siaran TV tertentu, misalnya untuk produk Domestos Nomos akan lebih pas apabila ditayangkan pada acara Bedah Rumah RCTI, Nikah Gratis RCTI, Bajaj Bajuri trans TV dan sejenisnya yang mana acaranya menarik, terkonsumsi untuk semua lapisan, dan dekat dengan masyarakat kalangan menengah ke bawah (yang merupakan segmentasi atas produk Domestos Nomos)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 12 May 2016 03:04
Last Modified: 12 May 2016 03:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8861

Actions (login required)

View Item View Item