LUKMAN, DIAN CAHYONO (2012) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA “BAHTERA TOUR AND TRAVEL”. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
06.30.0129 Dian Cahyono Lukman COVER.pdf Download (58kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
06.30.0129 Dian Cahyono Lukman BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0129 Dian Cahyono Lukman BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0129 Dian Cahyono Lukman BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0129 Dian Cahyono Lukman BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
Text (BAB V)
06.30.0129 Dian Cahyono Lukman BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.30.0129 Dian Cahyono Lukman DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
06.30.0129 Dian Cahyono Lukman LAMPIRAN.pdf Download (108kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui strategi pengembangan usaha pada Bahtera Tour and Travel dengan menggunakan analisis SWOT. Obyek penelitian adalah Bahtera Tour and Travel yang beralamat di Jalan MT. Haryono No. 580, Semarang. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer. Populasi pada penelitian ini adalah pemilik, semua karyawan, semua konsumen dan pesaing dari Bahtera Tour and Travel. Sedangkan sampel adalah bagian dari populasi, dan sampel pada penelitian ini adalah 1 orang pemilik Bahtera Tour and Travel, 3 pesaing (alasannya adalah karena mereka adalah pesaing terdekat), 13 orang karyawan dan 10 orang konsumennya. Teknik pengambian sampel menggunakan quota sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang jumlahnya ditentukan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pengembangan usaha pada Bahtera Tour and Travel dengan menggunakan analisis SWOT adalah sebagai berikut: (a)SO Strategies: Menggunakan kekuatan keramahan karyawan untuk memenuhi permintaan konsumen yang besar, menanggapi komplain konsumen dengan cepat untuk memenuhi permintaan konsumen, menggunakan kekuatan paket jasa lengkap dan penjemputan gratis untuk memenuhi banyaknya turis yang semakin banyak berdatangan; (b) ST Strategies: Menggunakan keramahan karyawan untuk mengatasi pesaing, menggunakan service penjemputan gratis, dan informasi yang jelas, serta paket jasa yang lengkap untuk mengatasi persaingan jasa, (c)WO Strategies: mengatasi kelemahan modal yang terbatas untuk memenuhi permintaan konsumen yang besar dengan kredit bank, meningkatkan frekuensi promosi supaya konsumen terpenuhi permintaannya, meningkatkan kantor cabang yang kurang efektif untuk memenuhi permintaan konsumen yang besar. (d)WT Strategies: Menggunakan kredit bank untuk menangani modal yang terbatas dan menghadapi pesaing, meningkatkan promosi untuk mengatasi persaingan harga. Sedangkan saran yang dapat dikemukakan antara lain adalah: sebaiknya pihak Bahtera Tour and Travel daat menerapkan strategi Integrasi ke Horizontal (Horizontal Integration Strategy) yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan kekuatan paket jasa lengkap dan penjemputan gratis untuk memenuhi banyaknya turis yang semakin banyak berdatangan, meningkatkan frekuensi promosi supaya konsumen terpenuhi permintaannya, membuka kantor cabang yang kurang efektif untuk memenuhi permintaan konsumen yang besar, meningkatkan promosi untuk mengatasi persaingan harga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Promotion and evaluation |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 02 May 2016 06:44 |
Last Modified: | 02 May 2016 06:44 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8782 |
Actions (login required)
View Item |