Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memakai Jasa Angkutan DAMRI AC Jurusan Johar- Banyumanik

Kunto, Ara Destiana (2008) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memakai Jasa Angkutan DAMRI AC Jurusan Johar- Banyumanik. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
00.30.0227 Ara Destiana Kunto-COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
00.30.0227 Ara Destiana Kunto-BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
00.30.0227 Ara Destiana Kunto-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
00.30.0227 Ara Destiana Kunto-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
00.30.0227 Ara Destiana Kunto-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text (BAB V)
00.30.0227 Ara Destiana Kunto-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
00.30.0227 Ara Destiana Kunto-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
00.30.0227 Ara Destiana Kunto-LAMPIRAN.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Damri sebagai salah satu angkutan darat milik pemerintah sudah cukup dikenal masyarakarat karena murah meriah, disamping itu trayek jurusannya pun banyak khususnya dalam kota. Namun demikian, transportasi umum di Semarang seperti bis kota mempunyai kondisi yang sangat menyedihkan (www.pintu). Sebenarnya mereka tidak laik jalan. kecuali untuk kendaraan-kendaraan baru. Bis Damri yang beroperasi di Semarang telah mempunyai kadar emisi gas buang yang tidak baik lagi buat kesehatan. Asapnya yang hitam akan merusak lingkungan dan banyak lagi problem yang akan ditimbulkan. Gas-gas berbahaya seperti CO2, NOx, CO, HC, dan partikel-partikel berbahaya lain setiap hari keluar dari knalpot kendaraan. Itu baru dari segi gas buang. belum lagi kondisi kendaraan mereka yang rusak berat dan tidak laik jalan seperti ban yang tidak standar lagi atau pakai vulkanisiran yang tentunya berbahaya, terus lagi peralatan pendukung seperti suspensi yang tidak bekerja lagi yang mengakibatkan tidak nyaman. Hal tersebut terjadi karena kurangnya integritas dalam mencanangkan konsep transportasi di kota Semarang menjadi sorotan beberapa kalangan meski sebenarnya sarana transportasi dan fasilitas-fasilitas pendukungnya sudah mencukupi. Hanya saja, perencanaan yang kurang integritas lah yang menjadi jawaban mengapa konsep transportasi di Semarang terkesan tidak menyatu. Masalah yang muncul dalam penataannya secara konsep belum terpadu dan belum terintegrasi antara yang satu sama lain. misalnya, jika pemerintah bikin halte, mereka akan terkonsentrasi ke halte. Kalau membuat layanan umum, masyarakat akan terkonsentrasi ke layanan umum. Dari uraian di atas, peneliti tertarik untuk mengetahui tentang faktor– faktor apakah yang menjadi pertimbangan mereka dalam memakai jasa angkutan DAMRI AC jurusan Johar - Banyumanik, maka peneliti mengambil judul sebagai berikut, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memakai JAsa Angkutan DAMRI Jurusan Johar - Banyumanik” Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan penelitian adalah faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam memakai jasa angkutan DAMRI AC jurusan Johar - Banyumanik. Dalam tinjauan pustaka dijelaskan tentang konsep yang digunakan dan definisinya. Ada beberapa konsep dalam tinjauan pustaka yaitu transportasi, perilaku konsumen, pengertian perilaku konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan pengambilan keputusan. Selain itu dikemukakan pula kerangka pikir serta definisi operasional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pengukuran validitas, reliabilitas, skala pengukuran, serta teknik analisis data yang menggunakan analisis faktor. Pada pembahasan dikemukakan mengenai gambaran umum responden berdasarkan jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan dan pendapatan serta tanggapan responden terhadap variabel penelitian. Dalam pembahasan, dikemukakan pula hasil penelitian dan inteprestasi hasil penelitian dimana berdasarkan hasil analisis faktor dapat diketahui terdapat empat faktor utama yang menjadi pertimbangan konsumen memilih jasa angkutan Bus Damri AC jurusan Johar - Banyumanik yaitu faktor karakteristik Bus Damri, faktor kenyamanan dan keselamatan dan faktor keamanan dan faktor pribadi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat diberikan adalah Dari 7 variabel pembentuk faktor karakteristik bus Damri AC, variabel fasilitas AC yang dingin memiliki skor yang tertinggi dan variabel tidak ada pengamen memiliki skor tanggapan yang terendah.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa total skor terendah dari tanggapan responden adalah tidak ada pengamen sebesar 351 yang masuk dalam faktor yang kedua yaitu faktor kenyamanan dan keselamatan. Dengan hal ini diharapkan bagi pihak DAMRI untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan faktor kenyamanan dan keselamatan ini dengan jalan meningkatkan standart kenyaman dan keselamatan penumpang. Sedangkan diantara keempat faktor yang terbentuk, faktor pribadi yang memperoleh percent variant terendah dimana faktor pribadi meliputi bus DAMRI baru lebih nyaman dari angkutan lain dan ada larangan merokok sehingga diharapkan pihak manaemen DAMRI lebih meningkatkan kenyaman dalam bus. Dari keempat faktor yang terbentuk dalam penelitian ini mempunyai pengaruh bagi konsumen memilih jasa angkutan bus DAMRI jurusan Johar - Banyumanik sebesar 67,759 %. Sehingga diharapkan bagi pihak DAMRI untuk dijadikan acuan dalam meningkatkannya baik dari faktor-faktor yang terbentuk dalam penelitian ataupun dari faktor-faktor yang lain sebesar 22,241 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 26 Apr 2016 05:28
Last Modified: 26 Apr 2016 05:28
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8725

Actions (login required)

View Item View Item