PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF BAGI DEWASA AWAL UNTUK MENYADARKAN PENTINGNYA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK

GOSDIONO, ANITTA PAULINA (2015) PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF BAGI DEWASA AWAL UNTUK MENYADARKAN PENTINGNYA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual UNIKA Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.13.0089 ANITA PAULINA GOSDIONO cover.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11.13.0089 ANITA PAULINA GOSDIONO bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB II)
11.13.0089 ANITA PAULINA GOSDIONO bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img] Text (BAB III)
11.13.0089 ANITA PAULINA GOSDIONO bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB IV)
11.13.0089 ANITA PAULINA GOSDIONO bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
11.13.0089 ANITA PAULINA GOSDIONO bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.13.0089 ANITA PAULINA GOSDIONO daftar pustaka.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Komunikasi merupakan kegiatan yang selalu dilakukan oleh hampir sebagian besar masyarakat tanpa disadari. Tentunya kegiatan berkomunikasi juga dilakukan dalam sebuah keluarga. Namun di jaman teknologi yang semakin maju kini, semakin banyak masyarakat yang sibuk dengan kegiatan masing – masing. Hasilnya, banyak hubungan orang tua dan anak yang semakin tidak harmonis karena kurangnya komunikasi diantara mereka. Dan dampak negatif yang muncul, lebih mengarah pada tumbuh kembang sang anak. Melihat fakta ini, tentu diperlukan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya komunikasi orang tua dan anak sehingga masyarakat dapat menghindari dampak negatif yang muncul dikemudian hari. Game menjadi media yang dipilih untuk memberikan penyadaran pada masyarakat akan pentingnya sebuah komunikasi orang tua dan anak. Sebagai media hiburan yang dapat diterima oleh sebagian besar masyarakat dengan cukup mudah, diharapkan dapat menyampaikan pesan yang bisa menyadarkan pemainnya dengan lebih baik karena pesan yang ingin disampaikan menggunakan metode yang lebih menyenangkan. Genre game yang dipilih adalah simulation game, dimana pemain akan dihadapkan pada situasi kehidupan sehari – hari dalam dunia rumah tangga. Hasil akhir yang dapat diperoleh oleh pemain berupa nilai dan kesimpulan dari alur permainan yang dipilih sendiri oleh pemain. Sehingga pemain dapat belajar melalui kesimpulan – kesimpulan yang ada, agar seterusnya tidak mengulangi kesalahan yang sama. Game ini terpasang pada playstore yang ada pada android, sehingga memudahkan masyarakat untuk mengakses dan memainkannya. Terlebih, melihat sekarang masyarakat cenderung menggunakan teknologi gadget setiap harinya untuk bermain game dan lupa untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar karena terlalu asyik dengan gadgetnya masing - masing. Tentunya game ini sangat cocok di tempatkan sebagai game android untuk menyadarkan pemainnya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Parenting
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Adolescence
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mrs. Rini Yastuti
Date Deposited: 07 Dec 2015 05:02
Last Modified: 13 Jul 2023 00:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/6583

Actions (login required)

View Item View Item