LUKIANTO, JIMMY TRISNAJAYA (2015) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL BAGI ANAK USIA 6-11 TAHUN AGAR BERANI BERKONSULTASI DENGAN DOKTER GIGI. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual UNIKA Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
11.13.0011 JIMMY TRISNAJAYA LUKIANTO cover.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11.13.0011 JIMMY TRISNAJAYA LUKIANTO bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
||
Text (BAB II)
11.13.0011 JIMMY TRISNAJAYA LUKIANTO bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
||
Text (BAB III)
11.13.0011 JIMMY TRISNAJAYA LUKIANTO bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
||
Text (BAB IV)
11.13.0011 JIMMY TRISNAJAYA LUKIANTO bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text (BAB V)
11.13.0011 JIMMY TRISNAJAYA LUKIANTO bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.13.0011 JIMMY TRISNAJAYA LUKIANTO daftar pustaka.pdf Download (59kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data kesehatan yang telah dirilis oleh Riskesdas, terjadi peningkatan penyakit karies gigi dari tahun 2003- 2013. Hal ini menandakan bahwa pendidikan mengenai kesehatan gigi itu kurang, sehingga diperlukan pendidikan mengenai kesehatan gigi sedini mungkin. Pendidikan kesehatan gigi sedini mungkin perlu diberikan kepada anak usia SD dikarenakan anak usia SD sudah dapat membedakan hal- hal yang baik dan buruk, sehingga mereka dapat dibiasakan untuk merawat kesehatan gigi mereka agar menjadi kebiasaan saat mereka dewasa nanti dan terbebas dari penyakit gigi. Gigi dan mulut merupakan hal yang vital dikarenakan segala vitamin, nutrisi yang dikonsumsi tubuh berawal dari gigi dan mulut. Maka kesehatan gigi dan mulut merupakan sesuatu yang penting dan harus dijaga dengan baik. Berdasarkan metode penelitian kuisioner kepada anak serta hasil wawancara kepada dokter gigi dan ahli kepribadian anak, serta hasil analisis data dan tinjauan pustaka, didapatkan sebuah fakta bahwa kesehatan gigi itu dapat dipelihara dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter gigi. Dengan berkonsultasi ke dokter gigi, segala permasalahan dapat diatasi secara profesional, serta hal ini juga merupakan program pemerintah agar berkonsultasi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Namun permasalahan yang muncul adalah ketakutan anak terhadap sosok dokter gigi. Hal ini diakibatkan sosok dokter gigi merupakan sosok yang asing bagi anak serta peralatan dan ruangan yang asing bagi anak membuat sebagian besar anak tidak nyaman dan tidak mau untuk berkonsultasi ke dokter gigi akibat persepsi mereka mengai dokter gigi yang salah. Namun sosialisasi mengenai himbauan untuk berkonsultasi ke dokter gigi masih kurang, sehingga anak- anak masih memandang dokter gigi itu sebagai sosok yang menyeramkan. Maka dari itu, dibuatlah sebuah perancangan kampanye sosial yang memperkenalkan sosok dokter gigi yang sebenarnya ramah dan merupakan sebuah pahlawan yang membantu merawat gigi kepada anak, sehingga anak dapat merubah mindset mereka dari dokter gigi yang menyeramkan menjadi dokter gigi sebagai pahlawan. Kegiatan kampanye ini dilakukan dengan mengunjungi sekolah- sekolah sehingga anak akan langsung dipertemukan dengan sosok dokter gigi dan memberikan pengalaman menyenangkan bagi anak sehingga anak tidak takut kepada sosok dokter gigi lagi. Diharapkan apabila kampanye sosial ini direalisasikan, dapat merubah persepsi anak sehingga anak sudah terbiasa untuk berkonsultasi ke dokter gigi sejak dini dan menjadi kebiasaan mereka saat dewasa nanti sehingga penyakit kesehatan gigi dapat berkurang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Children 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mrs. Rini Yastuti |
Date Deposited: | 03 Dec 2015 01:38 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 01:17 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/6450 |
Actions (login required)
View Item |