TAN, MAUREEN MONITAN (2015) PERANCANGAN MEDIA INTERAKTF UNTUK PEMBELAJARAN PENGENALAN ANGKA YANG DITUJUKAN UNTUK ANAK TK. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual UNIKA Soegijapranata.
|
Text (COVER)
11.13.0005 TAN MAUREEN MONITAN ZUNAEDY cover.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11.13.0005 TAN MAUREEN MONITAN ZUNAEDY bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text (BAB II)
11.13.0005 TAN MAUREEN MONITAN ZUNAEDY bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
||
Text (BAB III)
11.13.0005 TAN MAUREEN MONITAN ZUNAEDY bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
||
Text (BAB IV)
11.13.0005 TAN MAUREEN MONITAN ZUNAEDY bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
11.13.0005 TAN MAUREEN MONITAN ZUNAEDY bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.13.0005 TAN MAUREEN MONITAN ZUNAEDY daftar pustaka.pdf Download (136kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan anak usia dini adalah salah satu hal terpenting, karena pendidikan tersebut akan mempengaruhi anak saat mereka beranjak dewasa. Nyatanya adalah anak – anak dipaksa untuk dapat belajar dengan mengesampingkan hak mereka yaitu bermain. Banyak TK yang menggunakan kebutuhan mereka saat masuk SD sebagai tameng untuk memberikan pelajaran yang notabene berat bagi mereka pada usia yang relatif dini. Oleh karena itu, kurikulum 2013 dibuat dan akan diterapkan segera untuk dapat mengembalkan kembali hak anak untuk bermain. Kurikulum 2013 memberikan kesempatan kepada anak untuk dapat lebih berinteraksi dengan sesamanya, daripada sekedar berada di belakang meja dan mendengarkan guru. Dengan ditambah metode sentra, anak – anak diberikan kebebasan untuk dapat melakukan kegiatan – kegiatan yang mereka inginkan, mereka diajarkan untuk dapat mengambil keputusan sendiri dalam beberapa kegiatan. Salah satu pelajaran yang akan didapatkan mereka sampai dewasa nanti adalah Matematika, pada dasarnya anak – anak telah mempelajarinya saat berada di pendidikan dini yaitu mengenal angka. Saat masuk TK anak – anak memang mengenal angka, namun mereka juga diajarkan berhitung, penjumlahan, dan pengurangan. Hal ini tentu saja bertentangan dengan peraturan pemerintah yang melarang “calistung”. Oleh karena itulah, dengan perancangan ini, Game Edukasi “Ayo Main” merupakan salah satu solusi dari permasalahan yang ada saat ini. Melalui permainan ini, anak – anak dapat belajar mengenal angka sesuai dengan tingkatan mereka. Game Edukasi ini disusun berdasarkan kurikulum 2013 dengan menggunakan sistem sentra. Didalamnya, anak – anak akan belajar tentang bagaimana memasak, bereksplorasi, membuat kesenian, mengenal bahan alam, mempersiapkan diri, dan memainkan sebuah peran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education > Kindergarden 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mrs. Rini Yastuti |
Date Deposited: | 30 Nov 2015 03:33 |
Last Modified: | 30 Nov 2015 03:33 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/6427 |
Actions (login required)
View Item |