Seputro, Wahyu Priyo (2015) PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI OBYEK WISATA UNTUK MINAT BACA ANAK KELAS 2 SAMPAI KELAS 4 SD. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual UNIKA Soegijapranata.
|
Text (COVER)
10.13.0121 wahyu priyo seputro COVER.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10.13.0121 wahyu priyo seputro BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
||
Text (BAB II)
10.13.0121 wahyu priyo seputro BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
||
Text (BAB III)
10.13.0121 wahyu priyo seputro BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
Text (BAB IV)
10.13.0121 wahyu priyo seputro BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
||
Text (BAB V)
10.13.0121 wahyu priyo seputro BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.13.0121 wahyu priyo seputro DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Anak pada dewasa ini lebih banyak menonton tv dibandingkan membaca, ketika membaca pun hanya lah buku komik atau buku buku cerita yang secara garis besar banyak mengandung unsur dari Negara lain. Buku komik telah menarik dan tidak dapat lepas dari anak-anak, dikarenakan konten isi cerita yang menarik dan menyelipkan unsur dari Negara asal komik tersebut, menurut hasil dari Laporan bank Dunia no.16369-IND menyebutkan bahwa kalangan membaca usia kelas 6 Sekolah Dasar di Indonesia hanya mampu meraih nilai 51,7 di bawah Negara Filipina nilai (52,6), Negara Thailand dengan nilai (65,1) dan Negara Singapura dengan nilai (74,0). Dan menurut hasil penelitian data dari Badan Pusat Statistik tahun 2006 menyebutkan bahwa jumlah masyarakat Indonesia yang menjadikan baca sebagai narasumber informasi baru berkisar 23,5%, sedangkan yang mendapatkan informasi dari menonton televisi 85,9% dan yang mendapatkan informasi dari mendengarkan radio berkisar 40,3%. Anak di Indonesia pada dewasa ini sudah lebih banyak mengenal dan mengerti akan berbagai informasi Negara lain dari komik, dan anime, yang dikemas secara demikian rupa yang secara sengaja selalu memunculkan ikon ikon yang menjadi ciri khas Negara tersebut. Sehingga anak secara tidak langsung mengerti dan mengenal berbagai informasi yang menjadi ciri khas Negara asal dari komik atau anime. perlu diketahui perkembangan anak dapat berasal dari lingkungan atau sekitar, dan Anak pada dewasa ini lebih banyak menonton tv dibandingkan membaca, ketika membaca pun hanya lah buku komik atau buku buku cerita yang secara garis besar banyak mengandung unsur dari Negara lain. Sedangkan di Indonesia banyak ciri khas atau ikon yang belum banyak di ketahui anak-anak, sehingga anak diIndonesia lebih mengenal Negara lain dari komik, dan tidak tahu akan Negara Indonesia, karena kurangnya bahasan lokal yang mengangkat budaya lokal atau ciri khas Indonesia. Dengan mengangkat bahasan objek wisata yang ada di Indonesia menjadi sebuah buku ilustrasi merupakan solusi yang tepat untuk membantu anak dalam memperkenalkan ikon dan ciri yang ada di Indonesia, dan juga meningkatkan minat baca anak terhadap buku lokal, Dengan tujuan tersebut maka untuk kedepannya dampak terhadap anak adalah mampu mengenali secara tidak langsung melalui buku ilustrasi yang memberi informasi objek wisata yang ada di Indonesia, dengan mengenali salah satu ikon dan maka diharapkan anak memiliki rasa ingin tahu lebih banyak mengenai objek tersebut, sehingga mencari dan membaca lebih banyak hal yang mendetail mengenai informasi objek tersebut melalui media lain, sehingga secara tidak langsung anak menjadi lebih mempunyai minat baca dan berusaha mencari, dan diharapkan tidak hanya tahu saja, tetapi juga menjadi bangga akan kekayaan yang ada di Indonesia, dan secara tidak langsung mengubah anak menjadi pribadi yang mencintai tanah air, dan peduli akan lingkungan Negara Indonesia.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education > 372 Elementary education 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mrs. Rini Yastuti |
Date Deposited: | 27 Nov 2015 04:56 |
Last Modified: | 27 Nov 2015 04:56 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/6351 |
Actions (login required)
View Item |