DANRY, NATASYA ELIONORA (2024) PERAN PANTI ASUHAN DALAM PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN PADA ANAK ASUH BERDASARKAN UU PERLINDUNGAN ANAK (STUDI KASUS DI PANTI ASUHAN KRISTEN EUNIKE SEMARANG). S1 thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
20.C1.0033-NATASYA ELIONORA DANRY-COVER_a.pdf Download (767kB) | Preview |
|
Text
20.C1.0033-NATASYA ELIONORA DANRY-BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
||
Text
20.C1.0033-NATASYA ELIONORA DANRY-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
||
Text
20.C1.0033-NATASYA ELIONORA DANRY-BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.C1.0033-NATASYA ELIONORA DANRY-BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
||
|
Text
20.C1.0033-NATASYA ELIONORA DANRY-DAPUS_a.pdf Download (492kB) | Preview |
|
Text
20.C1.0033-NATASYA ELIONORA DANRY-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) |
Abstract
Pemenuhan hak pendidikan bagi anak-anak di panti asuhan merupakan bagian dari Hak Asasi Manusia. Namun, keterbatasan pembimbing dan tidak lengkapnya dokumen seperti akta kelahiran menyebabkan kesulitan dalam pemenuhan hak tersebut. Akibatnya, hanya sekolah tertentu yang mau menerima anak-anak tanpa akta kelahiran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran Panti Asuhan Kristen Eunike dalam pemenuhan hak pendidikan pada anak berdasarkan undang-undang perlindungan anak? (2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat Panti Asuhan Kristen Eunike dalam pemenuhan hak pendidikan pada anak berdasarkan perlindungan anak?. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup hasil wawancara dengan Pengurus Panti Asuhan Kristen Eunike Semarang serta anak-anak, perundang-undangan, dan kajian teori yang relevan. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran Panti Asuhan Kristen Eunike Semarang dalam memenuhi hak pendidikan pada anak asuh sesuai dengan UndangUndang Perlindungan Anak. PAK Eunike berperan sebagai pengelola lingkungan aman untuk anak-anak, fasilitator pendidikan informal anak, fasilitator bimbingan belajar, penghubung orang tua dan anak, salah satu sumber dana, perlindungan dari pengaruh buruk, serta sebagai membantu anak-anak tanpa dokumen indentitas kelahiran. Dalam pemenuhan hak pendidikan pada anak asuh terdapat beberapa faktor pendukung pemenuhan hak pendidikan anak PAK Eunike meliputi adanya bantuan dan kerjasama dari pihak lain, seperti GKI Karangsari, kemitraan dengan sekolah-sekolah antara lain SD Bina Putra, SMP Masehi Poncol, serta SMK Tarsisius, dan instansi tertentu. Sementara faktor penghambat pemenuhan hak pendidikan anak PAK Eunike antara lain akta kelahiran dan jumlah pembimbing yang terbatas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 340 Law |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Law |
Depositing User: | mr. Jodi Armanto |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 06:23 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 06:23 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/36190 |
Actions (login required)
View Item |