Implementasi Pemenuhan Hak Atas Pelayanan Kesehatan bagi Deteni di Rumah Detensi Imigrasi Semarang pada Masa Pandemi Covid-19 dan Post Pandemi Covid-19

Simandjuntak, Marcella Elwina and SARASWATI, RIKA and YUSTINA, ENDANG WAHYATI and SARWO, YOHANES BUDI and RAHMAN, ARIEF (2024) Implementasi Pemenuhan Hak Atas Pelayanan Kesehatan bagi Deteni di Rumah Detensi Imigrasi Semarang pada Masa Pandemi Covid-19 dan Post Pandemi Covid-19. SOEPRA Jurnal Hukum Kesehatan, 10 (1). pp. 66-80. ISSN 2548-818X (media online)

[img]
Preview
Text
Paper Deteni - Rudenim.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Plagscan Paper Deteni - Rudenim.pdf - Other

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://journal.unika.ac.id/index.php/shk/index

Abstract

Deteni adalah penghuni rumah detensi imigrasi (Rudenim) yang sedang menjalani proses pendetensian karena melanggar Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Pelanggaran keimigrasian seperti berada di wilayah Indonesia tanpa memiliki dokumen perjalanan yang sah, ijin tinggal yang sah, atau ijin tinggal mereka yang sudah tidak berlaku lagi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi hak atas pelayanan kesehatan bagi para Deteni di Rumah Detensi Imigrasi Semarang. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan dengan melakukan wawancara dengan petugas di Rudenim Semarang. Data sekunder dikumpulkan dengan melakukan studi kepustakaan atau studi literatur dan studi dokumen peraturan perundang- undangan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa hak atas kesehatan denteni pada masa pandemic COVID-19 dibatasi geraknya untuk menghindari kontak dengan banyak orang, mengingat beberapa petugas Rudenim justru tertular virus ini dari luar. Rudenim Semarang sudah meningkatkan layanan kesehatan melalui berbagai inovasi, yaitu: Inovasi Layanan Rudi Marang Go Green, Inovasi Layanan ACTivity Tenar, Inovasi Layanan Go Doctor,Inovasi Layanan Laras Tenar, Inovasi Layanan Joko Tenar dan Inovasi Inovasi Layangan Den Bagus. Inovasi ini mampu mewujudkan layanan kesehatan yang baik untuk para deteni. Kata Kunci: hak atas pelayanan kesehatan, Deteni, Rudenim

Item Type: Article
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
300 Social Sciences > 340 Law > 348 Laws, regulations & cases
300 Social Sciences > 360 Social problems and social services
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Ms Marcella Elwina Simandjuntak
Date Deposited: 14 Aug 2024 00:34
Last Modified: 14 Aug 2024 00:34
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/36050

Actions (login required)

View Item View Item