ARTIONO, BUKIT SUAR (2023) PERANCANGAN BOARD GAME BERTEMA ALKITAB UNTUK MENINGKATKAN KETERTARIKAN ANAK TERHADAP PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MINGGU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
19.L1.0073 - BUKIT SUAR ARTIONO - COVER.pdf Download (627kB) | Preview |
|
Text
19.L1.0073 - BUKIT SUAR ARTIONO - BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
||
Text
19.L1.0073 - BUKIT SUAR ARTIONO - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
||
Text
19.L1.0073 - BUKIT SUAR ARTIONO - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (889kB) |
||
Text
19.L1.0073 - BUKIT SUAR ARTIONO - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
19.L1.0073 - BUKIT SUAR ARTIONO - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
19.L1.0073 - BUKIT SUAR ARTIONO - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
||
|
Text
19.L1.0073 - BUKIT SUAR ARTIONO - DAFPUS.pdf Download (492kB) | Preview |
|
Text
19.L1.0073 - BUKIT SUAR ARTIONO - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
Abstract
ABSTRAK Sekolah Minggu adalah salah satu kegiatan gereja yang cukup penting dalam bidang Kekristenan. Kegiatan sekolah minggu bertujuan untuk mengedukasi anak-anak mengenai kebenaran firman Tuhan dalam Kekristenan. Anak-anak sekolah minggu biasanya dibagi menjadi beberapa kelas diantaranya ialah kelas kecil, kelas tengah, dan kelas besar. Pembagian kelas ini bertujuan agar guru sekolah minggu yang menyampaikan firman Tuhan dapat fokus ke beberapa anak saja. Dalam kegiatan pembelajaran firman Tuhan di kelas besar, ditemukan beberapa anak yang merasa bosan saat menerima pembelajaran firman Tuhan tersebut, oleh karena itu dibuatlah sebuah permainan Alkitab untuk menarik perhatian anak-anak tersebut agar lebih semangat dalam menerima pembelajaran firman Tuhan. Permainan yang dipilih ialah permainan papan yang berbasis monopoli yang dirombak sedemikian rupa agar dapat digunakan sebagai media penyampaian firman Tuhan. Permainan berbasis monopoli ini dipilih karena cara bermainnya cenderung mudah dan anak-anak juga sudah paham dengan dasar permainan monopoli. Dalam perancangan ini, perancang melakukan beberapa riset dari beberapa jurnal serta melakukan beberapa wawancara pada guru sekolah minggu, dan murid-murid sekolah minggu. Setelah data yang dikumpulkan dirasa cukup, perancang mulai membuat beberapa desain sesuai dengan hasil data yang sudah dikumpulkan. Setelah semua desain digital selesai dibuat, permainan ini dicetak menjadi bentuk fisik agar dapat digunakan saat pembelajaran di sekolah minggu. Pada saat permainan ini dimainkan di sekolah minggu, dapat dilihat bahwa anak-anak sangat antusias dalam memainkan permainan ini. Kesimpulannya ialah, permainan dengan desain yang sesuai dapat membuat anak-anak menjadi antusias pada suatu hal yang awalnya mereka anggap membosankan. Kata kunci : sekolah minggu, board game, permainan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication 700 Arts and Recreation > 790 Sports, games and entertainment |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Ms Dewi Soelistyowati |
Date Deposited: | 13 May 2024 02:22 |
Last Modified: | 13 May 2024 02:22 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35347 |
Actions (login required)
View Item |