Suparmi, . (2022) Pelatihan Empati Pada Anak Kelas V SD Antonius 2 Banyumanik Kota Semarang. Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (1). pp. 18-27. ISSN ISSN : 2656-5455 (media online)
|
Text
Revisi _kaji Etik dan Artikel PKM.pdf Download (688kB) | Preview |
Abstract
Empati merupakan kemampuan yang sangat penting bagi relasi sosial yang baik, sehingga latihan empati harus diberikan kepada individu sejak masih kecil. Pengabdian masyarakat berupa pelatihan empati ini dilakukan terhadap kelompok sasaran, yaitu siswa kelas V SD Antonius 2, Banyumanik, Kota Semarang. Adapun tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan empati anak-anak tersebut. Sebanyak enambelas anak berpartisipasi dalam pelatihan, terdiri dari sebelas anak perempuan dan lima anak laki-laki dengan rentang usia 10 tahun 3 bulan – 11 tahun 11 bulan. Pelatihan dilakukan dalam empat sesi, dimana setiap sesi berlangsung selama 90 menit. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah mengajak anak berdiskusi tentang pengertian empati dan macam-macam emosi, menunjukkan video-gambar-foto dan membahasnya bersama anak, membaca cerita dan mendorong anak untuk bertanya atau berkomentar, meminta anak untuk menggambar dan berceritera tentang gambarnya, memberi tugas yang harus dikerjakan anak di rumah. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini berlangsung selama bulan Februari hingga Maret 2020, dan hasilnya menunjukkan bahwa secara kuantitatif tidak ada peningkatan empati pada anak-anak yang mengikuti pelatihan empati. Hal ini nampak dari tidak adanya perbedaan empati yang diukur sebelum dan setelah pelatihan. Meskipun demikian secara kualitatif ada indikasi peningkatan perilaku empatik yang muncul dalam interaksi anak dengan orang lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Children |
Divisions: | Faculty of Psychology |
Depositing User: | Ms Suparmi . |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 00:28 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 00:28 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/34868 |
Actions (login required)
View Item |