FERNANDA, DHIKA RAMA (2023) PENERAPAN POLA KOMUNIKASI ORGANISASI PADA KEGIATAN PERUSAHAAN DI PT.TIRTASARI ABADI SEJAHTERA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
19.M1.0015-DHIKA RAMA FERNANDA-COVER_a.pdf Download (476kB) | Preview |
|
Text
19.M1.0015-DHIKA RAMA FERNANDA-BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
Text
19.M1.0015-DHIKA RAMA FERNANDA-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
Text
19.M1.0015-DHIKA RAMA FERNANDA-BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text
19.M1.0015-DHIKA RAMA FERNANDA-BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
||
Text
19.M1.0015-DHIKA RAMA FERNANDA-BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
|
Text
19.M1.0015-DHIKA RAMA FERNANDA-DAPUS_a.pdf Download (238kB) | Preview |
|
Text
19.M1.0015-DHIKA RAMA FERNANDA-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
Abstract
PT.Tirtasari Abadi Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang ekspedisi muatan kapal laut. PT.Tirtasari Abadi Sejahtera merupakan perusahaan yang mempunyai 13 karyawan. Bentuk komunikasi pimpinan dan karyawan hanya melewati media whatsapp dan pimpinan tidak pernah mengunjungi langsung perusahaannya yaitu PT.Tirtasari Abadi Sejahtera. Dari objek tersebut muncul pertanyaan penelitian bagaimana pola komunikasi organisasi dalam kegiatan perusahaan di PT.Tirtasari Abadi Sejahtera? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi organisasi yang digunakan oleh PT.Tirtasari Abadi Sejahtera Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data primer yang digunakan pada penelitian ini merupakan data yang dikumpulkan oleh peneliti dari subjek penelitian melalui wawancara. Sedangkan data sekunder pada penelitian ini merupakan data yang berupa informasi yang dikumpulkan peneliti melalui pihak lain yang didapatkan dari jurnal-jurnal yang sesuai dengan topik penelitian ini. Teknik-teknik yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data adalah wawancara dengan manajer, kepala staf dan staf dari PT.Tirtasari Abadi Sejahtera. Dokumentasi yang berbentuk transkrip wawancara. Observasi dilakukan dengan cara mengamati kegiatan komunikasi pada pekerjaan dalam PT.Tirtasari Abadi Sejahtera. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data Miles dan Huberman yang melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi organisasi yang digunakan oleh PT.Tirtasari Abadi Sejahtera adalah Pola Y karena pimpinan dalam mengirimkan informasi kepada anggota perusahaan melewati seorang manajer dan informasi dari anggota perusahaan yang akan disampaikan kepada pimpinan harus melewati seorang manajer terlebih dahulu. Ditemukan juga pola Semua Saluran atau Bintang karena semua bagian atau divisi pada PT.Tirtasari Abadi Sejahtera Semarang bisa bertukar informasi satu sama lain. Pola Bintang atau semua saluran dinilai pola yang paling efektif. Sedangkan Pola Y kurang efektif karena ada masalah yang muncul dari hasil wawancara saat karyawan perusahaan kurang jelas dengan arahan pimpinan dan ingin bertanya harus melewati seorang manajer terlebih dahulu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Mr Yosua Norman Rumondor |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 01:56 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 01:56 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33833 |
Actions (login required)
View Item |