GIONNO, MICHAEL CHANDRA HALIM (2023) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DENGAN SELF-ESTEEM PADA REMAJA PEREMPUAN. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
19.E1.0023-Michael Chandra Halim Gionno-COVER_a.pdf Download (965kB) | Preview |
|
Text
19.E1.0023-Michael Chandra Halim Gionno-BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
||
Text
19.E1.0023-Michael Chandra Halim Gionno-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) |
||
Text
19.E1.0023-Michael Chandra Halim Gionno-BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
||
Text
19.E1.0023-Michael Chandra Halim Gionno-BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
||
Text
19.E1.0023-Michael Chandra Halim Gionno-BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text
19.E1.0023-Michael Chandra Halim Gionno-BAB VI_a.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
|
Text
19.E1.0023-Michael Chandra Halim Gionno-DAPUS_a.pdf Download (462kB) | Preview |
|
Text
19.E1.0023-Michael Chandra Halim Gionno-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Setiap individu ingin merasa dirinya diterima pada lingkungan sekitarnya sehingga dalam hal ini self-esteem sangat berperan penting terutama dimasa remaja perempuan dimana mereka dalam masa mencari jati dirinya. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain variabel bebas intensitas penggunaan media sosial tiktok dan variabel tergantung self-esteem. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan media sosial tiktok dengan self-esteem pada remaja perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian adalah remaja perempuan di Kota Semarang berjumlah 80 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan Incidental sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Skala Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Skala Self-Esteem. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Korelasi Pearson Product Moment. Didapatkan kategorisasi self-esteem dimana sebanyak 54 orang memiliki tingkat self-esteem sedang dengan persentase 67,5%. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan Teknik Analisis Korelasi. Data yang diperoleh 0,008 (p<0,05) dengan r = -0,295. Berdasarkan Teknik Analisis Korelasi tersebut menunjukan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial tiktok dengan self-esteem pada remaja perempuan. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial tiktok maka semakin rendah self-esteem. Sebaliknya, semakin rendah intensitas penggunaan media sosial tiktok maka semakin tinggi self-esteem. Penelitian ini berguna sebagai wawasan bahwa terdapat dampak negatif dari penggunaan media sosial tiktok, sehingga remaja perempuan sendiri disarankan lebih bijak dalam menggunakan media sosial tiktok.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Life Style |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Mr Yosua Norman Rumondor |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 03:54 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 03:54 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33638 |
Actions (login required)
View Item |