STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS BURSTACO.ID DI SEMARANG BERDASARKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

SABATINI, KRISSANTI SEPTIAN (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS BURSTACO.ID DI SEMARANG BERDASARKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
18.D1.0326-KRISSANTI SEPTIAN SABATINI-COVER_a.pdf

Download (981kB) | Preview
[img] Text
18.D1.0326-KRISSANTI SEPTIAN SABATINI-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
18.D1.0326-KRISSANTI SEPTIAN SABATINI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18.D1.0326-KRISSANTI SEPTIAN SABATINI-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text
18.D1.0326-KRISSANTI SEPTIAN SABATINI-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18.D1.0326-KRISSANTI SEPTIAN SABATINI-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img]
Preview
Text
18.D1.0326-KRISSANTI SEPTIAN SABATINI-DAPUS_a.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
18.D1.0326-KRISSANTI SEPTIAN SABATINI-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bisnis bukan lagi dipandang sebagai bidang pekerjaan yang hanya dilakukan oleh masyarakat kelas tertentu, tetapi di era digital saat ini menunjukkan bahwa bisnis memiliki jangkauan yang luas. Perubahan mindset masyarakat akan perkembangan bisnis membuka gairah baru bagi setiap orang untuk dapat memanfaatkan peluang yang ada. Pada dasarnya setiap manusia memiliki potensi diri yang merupakan akumulasi dari keterampilan-keterampilan yang dimiliki. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik, karyawan dan pelanggan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 1 pemilik, 1 karyawan dan 10 pelanggan. Adapun teknik sampel dalam pebelitian ini adalah purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT dan Analisis BMC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Burstaco.id dalam 9 aspek BMC meliputi customer segments, customer relationship, value proposition, channels, revenue streams, key activities, key resources, key partners dan cost structure telah menggambarkan model bisnis dan menggambarkan dasar pemikiran tentang bagaimana Burstaco.id menciptakan dan memberika nilai dalam bisnisnya. Dengan kondisi tersebut Burstaco.id masih perlu dikembangkan untuk menunjang perkambangan Burstaco.id. Berdasarkan analisis SWOT pada penilaian IFAS dan EFAS Burstaco.id menunjukkan posisi bisnis berada pada kuadran 1 yang menandakan situasi bisnis Burstaco.id berada dalam situasi bisnis yang progresif. Dalam hal ini berarti Burstaco.id sangat berada pada posisi yang menguntungkan karena memiliki peluang dan kekuatan yang baik sehingga dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Berdasarkan hasil matrik SWOT ada beberapa usulan strategi yang dapat diterapkan pada Burstaco.id yang telah dikelompokkan menjadi strategi S-O, strategi W-O, strategi S-T dan strategi W-T. Hal ini dapat menjadikan opsi pilihan bagi Burstaco.id untuk memilih dan memilah strategi mana yang dapat diterapkan dan sesuai dengan tujuan bisnis Burstaco.id.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > Business Performance
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:19
Last Modified: 05 Nov 2024 06:50
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31939

Actions (login required)

View Item View Item