SANTOSO, AMANDA CELINE RAISSA (2022) ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN COMMUNITY ENGAGEMENT (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS GOOD SIDE). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text
17.M1.0102-AMANDA CELINE RAISSA SANTOSO-COVER_a.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
17.M1.0102-AMANDA CELINE RAISSA SANTOSO-BAB I_a.pdf Download (513kB) | Preview |
|
Text
17.M1.0102-AMANDA CELINE RAISSA SANTOSO-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
||
|
Text
17.M1.0102-AMANDA CELINE RAISSA SANTOSO-BAB III_a.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
17.M1.0102-AMANDA CELINE RAISSA SANTOSO-BAB IV_a.pdf Download (908kB) | Preview |
|
|
Text
17.M1.0102-AMANDA CELINE RAISSA SANTOSO-BAB V_a.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
17.M1.0102-AMANDA CELINE RAISSA SANTOSO-DAPUS_a.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
17.M1.0102-AMANDA CELINE RAISSA SANTOSO-LAMP_a.pdf Download (768kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan era New Media saat ini telah memberikan kemudahan akses komunikasi untuk berbagai kalangan. Hal ini menginisiasi terciptanya diskusi publik antar audiens yang disebut ruang publik. Di satu sisi, kemudahan tersebut berdampak pada beredarnya berita hoaks yang berpotensi menjadi penyebab memudarnya semangat nasionalisme, khususnya di kalangan anak muda sebagai penerus bangsa. Pada titik inilah mulai bermunculan berbagai media alternatif yang hadir dalam rangka memperkuat kembali nilai-nilai persatuan. Salah satunya dilakukan oleh Good News From Indonesia dengan mendirikan Komunitas Good Side. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan strategi public relations dalam membangun pelibatan masyarakat yang dilakukan oleh Komunitas Good Side. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Sedangkan pada tahap pengolahan dan analisis data menggunakan metode analisis kualitatif interaktif. Hasil penelitian menemukan implementasi dari strategi public relations Komunitas Good Side yang meliputi publikasi, acara, memberitahukan atau meraih citar, berita, kepedulian pada komunitas, serta lobi dan negosiasi. Keberhasilan dari penerapan strategi tercermin dalam pemenuhan tiga indikator utama pelibatan masyarakat yaitu pembentukan hubungan dengan publik sasaran, terciptanya kepercayaan publik, dan pembentukan isu kolektif dari publik sasaran. Kata Kunci: Community Engagement, Public Relations, Strategi Public Relations
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Ms Cristina Mayasari |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:14 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:14 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30594 |
Actions (login required)
View Item |