HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMP

Indrayani, Firda Amalia (2022) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMP. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
17.E1.0125-Firda Amalia Indrayani-COVER_a.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.E1.0125-Firda Amalia Indrayani-BAB I_a.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
17.E1.0125-Firda Amalia Indrayani-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img]
Preview
Text
17.E1.0125-Firda Amalia Indrayani-BAB III_a.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.E1.0125-Firda Amalia Indrayani-BAB IV_a.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.E1.0125-Firda Amalia Indrayani-BAB V_a.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.E1.0125-Firda Amalia Indrayani-BAB VI_a.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.E1.0125-Firda Amalia Indrayani-DAPUS_a.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.E1.0125-Firda Amalia Indrayani-LAMP_a.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial pada siswa SMP. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial pada siswa SMP. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Semarang. Jumlah keseluruhan subjek dalam penelitian ini adalah 82 orang siswa. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Kecerdasan Emosional dan Skala Perilaku Prososial. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial pada siswa SMP dengan nilai rxy = 0,587 (p < 0,01). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial pada siswa SMP. Semakin tinggi kecerdasan emosional, semakin tinggi perilaku prososial yang dimiliki siswa SMP. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif terhadap perilaku prososial pada siswa SMP sebesar 34,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Emotional Intellegience
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 06 Dec 2022 05:04
Last Modified: 06 Dec 2022 05:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30348

Actions (login required)

View Item View Item