Dwiyando, Zafnat Paneah El (2020) PERANCANGAN HARDWARE KENDALI MOTOR BLDC UNTUK PENGEREMAN REGENERATIF. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
|
Text (Zafnat Paneah El Dwiyando - COVER)
15.F1.0005 - Zafnat Paneah El Dwiyando - COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Zafnat Paneah El Dwiyando - BQB I)
15.F1.0005 - Zafnat Paneah El Dwiyando - BAB I.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text (Zafnat Paneah El Dwiyando - BAB II)
15.F1.0005 - Zafnat Paneah El Dwiyando - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
||
|
Text (Zafnat Paneah El Dwiyando - BAB III)
15.F1.0005 - Zafnat Paneah El Dwiyando - BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Zafnat Paneah El Dwiyando - BAB IV)
15.F1.0005 - Zafnat Paneah El Dwiyando - BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Zafnat Paneah El Dwiyando - BAB V)
15.F1.0005 - Zafnat Paneah El Dwiyando - BAB V.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (Zafnat Paneah El Dwiyando - DAFTAR PUSTAKA)
15.F1.0005 - Zafnat Paneah El Dwiyando - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (Zafnat Paneah El Dwiyando - LAMPIRAN)
15.F1.0005 - Zafnat Paneah El Dwiyando - LAMPIRAN.pdf Download (700kB) | Preview |
Abstract
Kendaraan listrik semakin dibutuhkan di bidang transportasi terbarukan. Kendaraan listrik merupakan transportasi yang ramah lingkungan dan hemat dalam penggunaanya. Kendaraan listrik memiliki jarak tempuh yang jauh dibandingkan kendaraan berbahan bakar fosil dengan pengereman regeneratif. Pengereman regeneratif diterapkan pada kendaraan listrik untuk meningkatkan efektifitas dari kendaraan listrik. Sehingga kendaraan listrik memiliki jarak tempuh yang semakin jauh dan hemat dalam penggunaan dan perawatannya. [1], [2]. Kendaraan listrik dalam menerapkan pengereman regeneratif membutuhkan hardware yang dapat mengendalikannya, sehingga kendaraan listrik menjadi lebih efisien pada saat melakukan pengereman regeneratif. Hardware yang diperlukan untuk mengontrol pengereman regeneratif pada kendaraan listrik antara lain inverter tiga fasa yang berfungsi untuk konverter mengendalikaan motor dari kendaraan listrik, driver mosfet, mikrokontroler dan perangkat pendukung lainnya. Motor modern yang digunakan adalah motor Brushless Direct Current (BLDC). Motor BLDC memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah kecepatan yang tinggi, torka yang tinggi saat kecepatan rendah, tidak ada lilitan pada stator sehingga menyebabkan pembuangan panas yang optimal, tidak memakai sikat sehingga memiliki umur yang panjang, efisiensi yang tinggi, dapat digunakan di ruangan vakum [3]–[5]. . Pada Tugas Akhir ini Penulis merancang hardware dengan komponen elektronika sederhana, antara lain Inverter tiga fasa yang berfungsi sebagai konverter pengendali motor BLDC. Inverter tiga fasa yang digunakan yaitu IGBT. Dalam menjalankan IGBT diperlukan driver TLP 250 dan Buffer IC 74HC541N. IGBT dijalankan sesuai perintah mikrokontroler dsPic30F4012, sehingga motor BLDC dapat melakukan pengereman regeneratif. Pengereman regeneratif diatur dengan pengaturan siklus kerja. Sensor arus LEM HX-10P terpasang pada perangkat keras ini untuk mengukur arus yang dapat masuk ke batere.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 621 Electrical engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering |
Depositing User: | ms F. Dewi Retnowati |
Date Deposited: | 28 May 2021 02:53 |
Last Modified: | 28 May 2021 02:53 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25343 |
Actions (login required)
View Item |