SANTOSO, GREGORIUS ALVIN RADITYA (2019) PERANCANGAN GAME PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA BERBASIS KINECT. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.
|
Text (COVER)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf COVER.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf BAB I.pdf Download (82kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
|
Text (BAB III)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf BAB III.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf BAB V.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf DAPUS.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf LAMP.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
Pada era globalisasi ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat turut mempengaruhi beberapa bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pendidikan sendiri merupakan suatu upaya untuk menyiapkan siswa melalui beragam kegiatan agar mampu memiliki peranan di masa depan. Aktivitas utama dalam proses pendidikan adalah pembelajaran. Pada hakikatnya pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dengan lingkungannya, sehingga muncul perubahan perilaku menjadi lebih baik [1]. Salah satu materi pembelajaran yang harus dipelajari oleh siswa adalah ilmu pengetahuan alam atau sains. Namun literasi sains siswa di Indonesia masih rendah [2]. Selain itu siswa cenderung menganggap mata pelajaran IPA itu sulit. Strategi pembelajaran yang diterapkan guru juga masih monoton dan kurang inovasi untuk melibatkan siswa [3]. Salah satu materi IPA yang dianggap sulit ada sistem pencernaan manusia, banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM pada materi ini [4]. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang mampu membuat siswa merasa tertarik dan mudah dalam memahami materi sistem pencernaan. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah menggunakan game berbasis Kinect. Dengan menggunakan game siswa akan merasa senang dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan survei yang telah dilakukan kepada 30 responden siswa SMP di Kota Semarang, ternyata penggunaan game sebagai media pembelajaran sistem pencernaan manusia mampu memberikan dampak positif. Melalui game ini siswa mampu memahami materi sistem pencernaan dan merasa antusias dalam belajar. Kata kunci: Game, Media Pembelajaran, Kinect, Sistem Pencernaan Manusia
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 790 Sports, games and entertainment |
Divisions: | Faculty of Computer Science > Department of Information Systems |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 08:45 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 05:49 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20554 |
Actions (login required)
View Item |