Hanna, Irene Putri (2015) Persepsi Anggota Komunitas Mobil Tentang Brand Community: Kesadaran Bersama, Ritual dan Tradisi, Tanggung Jawab Moral (Studi Pada Komunitas Sirion Indonesia Club, Toyota Yaris Club Indonesia dan Swift Club Indonesia Semarang). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
10.30.0139 Irene Putri Hanna COVER.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10.30.0139 Irene Putri Hanna BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
||
Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0139 Irene Putri Hanna BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0139 Irene Putri Hanna BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0139 Irene Putri Hanna BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) |
||
Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0139 Irene Putri Hanna BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.30.0139 Irene Putri Hanna DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
10.30.0139 Irene Putri Hanna LAMPIRAN.pdf Download (743kB) | Preview |
Abstract
Komunitas yaitu sekumpulan orang yang saling peduli dan terjadi hubungan yang erat sesama anggota komunitas karena adanya ketertarikan hal yang sama. (Kartajaya, 2008). Komunitas merupakan cara yang efektif dan efisien untuk memperoleh pelanggan karena kekuatan/ power yang dimiliki oleh konsumen. Salah satu strategi untuk memperoleh konsumen salah satunya dengan membangun komunitas merek (brand community). Komunitas merek adalah hubungan sosial di antara pengagum merek yang terstruktur dan terikat komunitas khusus. (Muniz dan O’Guinn, 2001:412). Informasi yang terpercaya dalam komunitas merek karena bersumber dari pengalaman pemakainya. Penelitian ini akan meneliti persepsi anggota komunitas mobil tentang brand community: kesadaran bersama, ritual dan tradisi, tanggung jawab moral kepada beberapa komunitas mobil yang berada di kota Semarang seperti Sirion Indonesia Club (SIC), Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) dan Swift Club Indonesia (SCI). Obyek dalam penelitian ini adalah anggota komunitas Sirion Indonesia Club, Toyota Yaris Club Indonesia dan Swift Club Indonesia Semarang. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah anggota komunitas Sirion Indonesia Club, Toyota Yaris Club Indonesia dan Swift Club Indonesia Semarang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sepuluh orang dari masing-masing anggota komunitas Sirion Indonesia Club, Toyota Yaris Club Indonesia dan Swift Club Indonesia Semarang. Data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah persepsi ketiga komunitas merek mobil yaitu Sirion Indonesia Club, Toyota Yaris Club Indonesia dan Swift Club Indonesia Semarang tentang brand community: kesadaran bersama, ritual dan tradisi, serta tanggung jawab moral dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Ratnasasi Wijayanti |
Date Deposited: | 26 Aug 2015 01:14 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 00:43 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/188 |
Actions (login required)
View Item |