NOVIANTO, ANTONIUS (2017) KEMAMPUAN EMPATI SISWA SMA KOLESE LOYOLA. Masters thesis, Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.
|
Text
10.92.0003 Antonius Novianto cover.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
10.92.0003 Antonius Novianto BAB I.pdf Download (403kB) | Preview |
|
Text
10.92.0003 Antonius Novianto BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
||
|
Text
10.92.0003 Antonius Novianto BAB III.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
10.92.0003 Antonius Novianto BAB IV.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
10.92.0003 Antonius Novianto BAB V.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
10.92.0003 Antonius Novianto BAB VI.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
10.92.0003 Antonius Novianto DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
10.92.0003 Antonius Novianto Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan empati merupakan hal mendasar yang harus dimiliki siswa dan menjadi salah satu ciri identitas sekolah jesuit yaitu memiliki kompetensi, berbelarasa dan peduli kepada sesama serta mampu bertindak atas dasar suara hati yang benar. Menurut Davis, terdapat empat aspek kemampuan empati yaitu perspective taking, fantasy, empathic concern dan personal distress. Kepribadian, pengasuhan dan lingkungan individu berpengaruh terhadap ke-empat aspek tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan, memahami dan menganalisis kemampuan empati siswa SMA Kolese Loyola. Subyek dalam penelitian ini adalah tiga siswa yang sudah mengalami kegiatan pembentukan karakter. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan empati pada ketiga subjek mencapai kedalaman aspek yang berbeda-beda. Subjek 1 dan 2 memiliki kemampuan empati pada aspek perspective taking, fantasy, empathic concern dan memiliki personal distress yang rendah.Subjek 1 dan 2 menonjol dalam perilaku menolong orang lain. Subjek 3 belum optimal di empat aspek kemampuan empati serta memiliki personal distress yang tinggi. Namun ada kesamaan dari subjek 1,2,3 memiliki kemampuan pada aspek perspective taking dan fantasy (kognitif empati), subjek 3 belum mendalam pada aspek empathic concern (afeksi empati) dan tindakan menolong orang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 02 Mar 2018 03:17 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 07:44 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15645 |
Actions (login required)
View Item |