Garniefansafia, Olga (2017) Analisis Semiotika Visual Karakter Jin pada Iklan Rokok Djarum 76 “Mawar Kembang Desa” untuk Merepresentasikan Budaya Jawa. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
13.13.0026 Olga Garniefansafia COVER.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
13.13.0026 Olga Garniefansafia BAB I.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
13.13.0026 Olga Garniefansafia BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
||
|
Text (BAB III)
13.13.0026 Olga Garniefansafia BAB III.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
13.13.0026 Olga Garniefansafia BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
13.13.0026 Olga Garniefansafia BAB V.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.13.0026 Olga Garniefansafia DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
13.13.0026 Olga Garniefansafia LAMPIRAN.pdf Download (630kB) | Preview |
Abstract
Iklan rokok dilarang untuk menampilkan kondisi realis kegiatan sedang merokok, sehingga para pekerja kreatif menggunakan bahasa implisit untuk menyampaikan produk rokok mereka kepada masyarakat. Berbagai wujud visual digunakan untuk menarik minat calon konsumen rokok. Iklan rokok Djarum 76 berbeda dengan iklan rokok lain yang lebih mengutamakan visual ke-maskulinitas-an dan futurity. Kebudayaan Jawa Tengah digunakan sebagai media perwakilan untuk mempresentasikan produk rokok. Dilihat dari kostum yang dikenakan oleh tokoh utama yakni Jin, yang mengenakan pakaian adat budaya Jawa. Tak hanya mempresentasikan produk rokok namun jin juga merepresentasikan budaya Jawa kepada masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari makna pakaian adat yang dikenakan oleh jin sebagai wujud representasi budaya Jawa menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Melalui metode penelitian deskripsi kualitatif dan studi literature disimpulkan bahwa kehadiran jin ini merepresentasikan budaya Jawa khususnya daerah Surakarta dimana orang Jawa selalu mengutamakan kekuatan Tuhan dan bertindak bajik dalam kehidupan sehari-hari, namun tidak jauh dari pengaruh atau kepercayaan mereka akan kekuatan ghaib dalam membantu menyelesaikan keinginan mereka.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > Culture |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 07:13 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 04:17 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15466 |
Actions (login required)
View Item |