PRATAMA, ARFIAN (2017) IDENTIFIKASI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN BAPAK AGUNG PEMILIK USAHA SOTO SELAN DI SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
12.30.0218 Arfian Pratama COVER.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
12.30.0218 Arfian Pratama BAB I.pdf Download (256kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
12.30.0218 Arfian Pratama BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
||
|
Text (BAB III)
12.30.0218 Arfian Pratama BAB III.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
12.30.0218 Arfian Pratama BAB IV.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
12.30.0218 Arfian Pratama BAB V.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.30.0218 Arfian Pratama DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
12.30.0218 Arfian Pratama LAMPIRAN.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penerapan orientasi kewirausahaan pemilik usaha Soto Selan Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara secara langsung kepada pemilik, adik pemilik, dan juga salah satu karyawan Soto Selan Semarang. Penelitian ini menggunakan teori Orientasi Kewirausahaan dari Lumpkin dan Dess (1996) dimana terdapat 5 dimensi yaitu inovasi, pengambilan risiko, proaktif, agresivitas kompetitif, dan otonomi. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan kelima dimensi orientasi kewirausahaan dari pemilik usaha Soto Selan yaitu melakukan inovasi dalam penambahan lauk dan juga penambahan lauk baru. Selain itu pemilik juga tetap mempertahankan resep soto sampai saat ini. Namun pemilik tidak melibatkan karyawan dalam proses inovasi di usahanya. Dalam pengambilan risiko pemilik cukup berani dalam mengatasi kerugian yang dialami dalam penjualan dengan menatur porsi makanan yang disediakan untuk meminimalisir kerugian penjualan. Pemilik juga berani memutuskan untuk hanya memberikan hari libur selama dua hari saja selama satu bulan untuk meningkatkan pendapatan. Dalam menghadapi pesaing pemilik juga cukup proaktif dengan lebih responsive dalam pengenalan produk baru, dan juga memiliki perencanaan yang terarah ketika mengahadapi masalah. Pemilik juga agresive dalam menghadapi pesaing dengan mennetukan harga yang siap bersaing dengan pesaing dan juga memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Dalam mengatur dan memimpin jalannya usaha pemilik mampu bekerja sama dengan karyawannya dengan ikut terjun langsung dalam melayani pembeli. Sehingga jika ada kritik dari pelanggan pemilik bisa langsung menerima kritik yang diberikan oleh pelanggan. Dan juga pemilik bisa langsung memantau kinerja dari karyawannya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 07:35 |
Last Modified: | 13 May 2022 05:29 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14800 |
Actions (login required)
View Item |