Margareta L, Lussy (2005) ANALISIS PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA,SISTEM PENGHARGAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur berskala besar di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
01.60.0055 Lussy Margareta L. COVER.pdf Download (100kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
01.60.0055 Lussy Margareta L. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (BAB II)
01.60.0055 Lussy Margareta L. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
||
Text (BAB III)
01.60.0055 Lussy Margareta L. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
||
Text (BAB IV)
01.60.0055 Lussy Margareta L. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
||
Text (BAB V)
01.60.0055 Lussy Margareta L. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0055 Lussy Margareta L. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
01.60.0055 Lussy Margareta L. LAMPIRAN.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
Total Quality Management (TQM) merupakan suatu teknik yang sering digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya. Meskipun ada beberapa perusahaan yang telah menerapkan teknik ini ada yang berhasil meningkatkan kinerjanya dan ada juga yang tidak mampu meningkatkan kinerjanya. Namun demikian, masih sedikit sekali penelitian yang menguji alasan/faktor-faktor penyebab keefektifan penerapan teknik Total Quality Management (TQM). Baberapa peneliti bidang akuntansi menyatakan bahwa kinerja perusahaan yang rendah disebabkan oleh ketergantungannya terhadap Sistem Akuntansi Manajemen perusahaan tersebut gagal dalam penentuan sasaran-sasaran yang tepat. Penelitian ini memfokuskan pada Total Quality Management (TQM) dan komponen sistem akuntansi, yang meliputi sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan, kepuasan kerja dan kinerja manajerial. Responden yang digunakan adalah manajer-manajer dari seluruh level/tingkatan manajemen. Penelitian ini menggunakan data 18 perusahaan manufaktur berskala besar di Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner yang disebar secara tidak acak kepada 25 perusahaan manufaktur berskala besar di Semarang yang telah menerapkan teknik pemanufakturan Total Quality Management (TQM). Dari 25 perusahaan tersebut hanya 18 perusahaan yang mengembalikan kuesioner. Kuesioner yang dikirim ke perusahaan yang diteliti sebanyak 170 kuesioner, tetapi yang kembali hanya 105 kuesioner (respon rate sebesar 61.76%),. Dari 105 kuesioner tersebut hanya 101 kuesioner yang dapat diolah, karena 4 kuesioner yang kembali datanya tidak lengkap. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk menguji pengaruhnya Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja manajerial dan regresi linier berganda untuk menguji interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan dan kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial. Hasilnya ditemukan bahwa Total Quality Management (TQM) serta interaksinya dengan sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, yang disebabkan karena nilai signifikansi t kurang dari 0.05. Sedangkan interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan kepuasan kerja tidak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial, disebabkan karena nilai signifikansi t yang lebih dari 0.05.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Job Satisfaction |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Accounting |
Depositing User: | Mr Andika Margahadi |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 06:59 |
Last Modified: | 30 Mar 2017 06:59 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13197 |
Actions (login required)
View Item |