RAHMAWATI, THERESIA WIDYA (2014) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PEMANFAATAN TANAMAN KERING ECENG GONDOK SEBAGAI HANDICRAFT YANG RAMAH LINGKUNGAN. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
09.13.0067 Theresia Widya R COVER.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09.13.0067 Theresia Widya R BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0067 Theresia Widya R BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
||
Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0067 Theresia Widya R BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
||
Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0067 Theresia Widya R BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0067 Theresia Widya R BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.13.0067 Theresia Widya R DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (24kB) | Preview |
Abstract
Tanaman Enceng gondok adalah gondok atau dalam bahasa latinnya biasa bernama Eichhornia crassipes, merupakan gulma bagi tanaman di sawah. Selain sebagai gulma dalam jumlah yang besar enceng gondok akan mengakibatkan pendangkalan pada perairan seperti danau atau rawa. Tanaman ini memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan dan dengan mudah menyebar melalui saluran air ke badan air lainnya. Eceng gondok berpotensi menghilangkan air permukaan sampai empat kali lipat jika dibandingkan dengan permukaan terbuka . Melihat permasalahan yang terjadi mengenai gaya hidup masyarakat yang tinggi, kurang adanya kesadaran masyarakat untuk mengenal dan mengetahui keunggulan enceng gondok sebagai handycraft yang ramah lingkungan, serta tanaman enceng gondok jarang di temukan di masyarakat kota, dengan berdasarkan tanggapan masyarakat 500 responden di dapatkan prosentase 70 % lebih tertarik produk import dan 60% tidak mengetahui keuntungan tanaman eceng gondok Oleh karena itu konsep kampanye sosial ini menjadi pendekatan visual yang akan diterapkan dalam Perancangan Komunikasi Visual Pemanfaatan Tanaman Kering Eceng Gondok Sebagai Handycraft Yang Ramah Lingkungan guna memberi informasi klarifikasi tanaman eceng gondok yang di pandang sebelah mata bukan hanya sekedar tanaman pengganggu atau gulma yang merusak ekosistem di rawa atau danau pada masyarakat kota kalangan menengah ke atas khususnya dewasa awal umur 22-40 tahun sehingga dengan menggunakan produk dalam negri mempunyai rasa bangga yang besar akan kayanya sumber daya alam indonesia yang kita punya sendiri. Kata Kunci : Eceng Gondok, Media Promosi, Metode kuantitatif, kampanye sosial
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mrs Ratnasasi Wijayanti |
Date Deposited: | 01 Sep 2015 14:19 |
Last Modified: | 01 Sep 2015 14:19 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1201 |
Actions (login required)
View Item |