ADIWINOTO, R. DAMAR ARYO (2003) ANALISIS ASOSIASI HANDPHONE MEREK NOKIA (STUDI KASUS PADA PEMBELI HANDPHONE NOKIA DI TOKO ANAMELY JALAN PANDARAN SEMARANG). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
97.30.3351 R. Damar Aryo A COVER.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
97.30.3351 R. Damar Aryo A BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3351 R. Damar Aryo A BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3351 R. Damar Aryo A BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3351 R. Damar Aryo A BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
||
Text (BAB V)
97.30.3351 R. Damar Aryo A BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
97.30.3351 R. Damar Aryo A DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
97.30.3351 R. Damar Aryo A LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pada saat ini han yak sekali merk telepon selular yang heredar dipasar antara meliputi Nokia, Ericsson, Siemens. Sagem, Motorola, Samsung, Sony, Philips, Panasonic, LG, Alcatel,Sewon, Sendo, Trium, Bosch, dan FunaJ. Pada awalnya mulanya telepon selular lehih mengutamakan fungsi, sehingga hanyak manllfaktur telepon se1l1lar ( vendor) yang mengahaikan hentuk dan wama. Setelah itu era fashion melanda, mengimplementasikan ide peraneang telepon selular akibatnya dalam lima tahun terakhir, hanya teleponjushion yang laku. Nokia sebagai prodllsen telepon selular mampu memadukan fllngsi dan fashion , sehingga telepon selular selalu terkesan imut-imut dan menarik semua golongan dan segmen. Golongan muda men'adi caran Ntusahaan Nokia karena golongan tersehut memeliki pote s' untuk mempengaruhi kelomnok yang telah mapan. Karenanya sasaran k kawula muda nunya efek domino terhadap kelompokkelompok usia lain. Berdasarkan latar belakang tersebut diatas maka ~neliti tertarik untuk melakukan penelifian lebih lanjut denga Juaul: "A }\LISIS ASQSIASI MEREK HANDPHONE N KIA ( Studi Kasus 'aoo Pemheli Handpholile Nokia di Toko Anamely di Jalan Pandana an Semaran .)'. Permasala n dalam penelifian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: "Bagaimana asosiasi merek handphone 0 ia:di Semarang?". Tujuan y~rlg ingin diea a1 dao peneli-tian in1 adalfl untuk engetahui asosiasi merek handphonC'merk NOKia di Semarang. Objek pene itian adalab di Tolrn hl=an0l?hone Anamely i Jalan Pandanaran Semarang. Populas) dalam penefitian ini (1a~an seluruh konsumen handphone Nokia yang herada di Semara g .Iumlah populasi pada penelifa tidak diketahui secara pasti . Adapun teknik yang 19unakan dalah t k-mi< (ftciden((J/ sompling, yaitu responden yang berhasil ditemui (secara:semnarang) pad a saat penelitian dilakukan di Toko Handphone Anamely .Ialan Pandanaran Semarang Semarang. Sam pel dalam penelitian ini ditetapkan sehesar 50 responden. Dalam penelitian ini data primemya adalah data yang diperoleh secara langsung dari respond en meliputi identitas responden dan tanggapannya atas asosiasi merek Berdasarkan hasil penelitian dan analisis terhadap item-item kuesioner dari asosiasi ( (J,fi.WJcia(ion hrond ) handphone merk Nokia di Kota Semarang maka dapat diamhil kesimpulan sehagai herikut : 1. Rerdasarkan uji signifikasi pada tahap IX (semhilan ) darat diketahui hahwa terdapat lima helas item kuesioner yang yang menjadi hrand image dari hand phone merk Nokia di Kota Semarang, hal ini dikarenakan pada pengujian tahap IX ( sembilan ) tersebut diketahui nilai Q < x2 ,uhcl ( 13 ,35 < 22,4 ). 2. Item-item kucsioner yang menjadi brand image handphone mcrk Nokia di Kola Semarang an tara lain meliputi tersedia dalam banyak model, prod uk sangat terkenal, menggunakan leknologi linggi, kualilas sangal le~jamin, nyaman bila digunakan untuk berkomunikasi, mudah dalam pengoperasian, dilengkapi dengan fitur-fitur yang menarik, banyak menyediakan game-game yang menarik, digunakan oleh berbagai kalangan usia, hanyak digunakan oleh lapisan masyarakat, digunakan oleh selebritis, memakai teknologi yang selangkah lebih maju, desain lebih menarik dibandingkan merk lain, mempunyai kemampuan kuat dalam menangkap sinyal di daerah Semarang dan ban yak digunakan diberbagai daerah Semarang 3. Item-item kuesioner yang tidak menjadi brand image handphone merk Nokia di Kota Semarang an tara lain meliput' hat:ga teIjangkau seluruh lapisan masyarakat, harga .i ual kembali teta tinggl, digunaka oleh public .figure, berkesan profesional, berkesan JOUp moijern, herkesan mewah dan berkesan eksklusif Berdasarakan esimpulan aari Hasil penelitian diatas, maka untuk meningkatkan asosi . merk handphone Noki dapat diajuK n saran-saran sebagai berikut: I. Perusahaan dal!3t menurunkan harga bandphone N kia dengan eara memberikan discount ( P,9tongao hClrga ). Pember a pqtongan h rga terseeu ' dapat diberikan pada saat e gikuti pameran-pam,cr-&.n. engan ~mberia potongan harga tersebut di rapka semua ~n ggun andphone dapat menjangkau harga handphone Nokia, 'arena sela a in,L-Dandphone Nokia m· mang relatif lebih mahal diba ngkan d ngan handphone merK- lain. 2. Menjaga kuahtas han phone Nokia sehingga apa ila dijua mbali handphone tersebut tetap memiliki hama jual yang,J~nggi pula. 3. Oalam melaku an promosi diHara~Kan menggunakan figur-figur yang sudah dikenal di masyarakat luas ( orang yang menjadi anuta asyarakat), sehingga dengan dipakainya figur-figul' tersebut dapat memberikan kesan bahwa handphone merk Nol<iia 'uga digunakan 0 eli para {!.uhlic figur yang mana perilaku mereka cenderung anutan m.as~arakat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 25 May 2016 10:07 |
Last Modified: | 25 May 2016 10:07 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9519 |
Actions (login required)
View Item |