WIDOWATI, DIAH (2002) ANALISIS SIKAP PELANGGAN TERHADAP TOPIK SURAT KABAR HARIAN SUARA MERDEKA (STUDI KASUS KELURAHAN PLOMBOKAN, KECAMATAN SEMARANG UTARA). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
97.30.3296 Diah Widowati COVER.pdf Download (209kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
97.30.3296 Diah Widowati BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
|
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3296 Diah Widowati BAB II.pdf Download (501kB) | Preview |
|
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3296 Diah Widowati BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3296 Diah Widowati BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
||
Text (BAB V)
97.30.3296 Diah Widowati BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
97.30.3296 Diah Widowati DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
97.30.3296 Diah Widowati LAMPIRAN.pdf Download (479kB) | Preview |
Abstract
Surat kabar sebagai salah satu media massa cetak yang berisi lcntang berbagai macam berita, sangat penting artinya bagi manusia. Tidak mengherankan, jika sural kabar menjadi salah satu sumber informasi bagi manusia untuk mengetahui perkembangan lingkungan dan masyarakatnya. Banyaknya media sebagai sumber informasi, maka akan memudahkan masyarakat unLuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan seearn cepat. Hal ini akan memberikan kepuasan pada masyarakat akan berita-berita yang aklual . Unluk Icbm memfokuskan dengan masalah yang telah disebut sebelumnya, maka penelitian ini dibatasi pada konsumen atall pelanggan sural kabar harlan "Suara Merdekan yang berada pada lingkup kola Semarang. Masalah yang akan diteliti adalah sikap pelanggan terhadap topik surat kabar harian "Suara Merdeka" atas atribut topik berita politik, topik ber..ila ekonomi. Adapun tujuan dari pen_71itian~J& lah ingin rncngetahui sikap konsumen atau pelanggan terhadap to~bar.J!8r · .. ara Merdcka"'. serta ingin mengetahui atri~ut tOD~~a yang 1iin~~~ ol.e~ . ~gan Wltuk mernenuhi kebutuhan seharl-hatl~' mformasl. Penehtlall Inl diharap 'an akan bermanfaat bagi pihak lain: gi perilsabaan_ - kabar barian "s a Merdeka", bagi penulis sendiri, s a bergu~agr pibak lain. r" \ Dalam p ""Iftian iniiiiletapkan sejJagai 10kas~nelilia}'I2alah kelurahan yang ada ' :,wilayah Semarang, te aya pada Ke amatan ~g Utara yaitu kel~ PlomJ!bkarL Ad~ dasar dari penetapan 10 ' i ini adalah meskipun da 1 man. lingkup han,Y.a pad. Kelurahan ~Io m~JJm Kecamatan Semarang U~ suddh banyak ya ' me ~adi Ironsumet alau langgan sural kabar bar-~uara M~rdekaft ; seRingga,dapal dijadikan 10klenelitian. Sed n yang 'inen.(adi populasinya Jldalah lariggan s ' kabar barian "Suara Mer .. $a ~_ tidalL diketahui populiisinya past~ yang berlangganan I ada agen surat ?ooy' Se~ Tekni piing yang digunakan ada lib on rand0""1:':ml!J~tak-"""k),.d".man. "% populasi tidak diberi pcluang at~ esempatan yan~ntuk dipilih meqj (Ii anggota sample. Selain itu, jenis pene uan sample dilakpJ<ar secara kebl dian (teknik insidental sampling). Dari pop~\ yan~rjurillah 1894 eptIr~uarga diambil sample sebesar 100 orang resp,-ncJcrr.;-s.~=~ 100 res nden dianggap dapat mewakili scluruh populasi yang a . Semua data yang terkumpul diuji dahulu validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas menggunakan . koefisien korelasi product moment, sedangkan uji reliabi1itas menggunakan pendekatan koefisien alpha. Hasil uji vaJiditas dan reliabilitas untuk masing-masing pertanyaan ideal (barapan), belief (kenyataan) dan derajat kepentingan adalah valid dan reliable. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multiatribute Attitude Model (MAM) dengan rnenggunakan rumus Model Angka Ideal, yang digunakan untuk mengetahui sikap konsumen terhadap atribut topik surat kabar. Dalam perhilungan dengan menggunakan rumus model angka ideal dibutuhkan teknik skala beda semantic yang ditunjukkan oleh 7 titik skala dan responden menunjukkan sikap mereka terhadap obyek penelitian. Untuk mengetahui keadaan atau karakteristik responden yang memberikan tanggapan slkapnya terhadap atribut topik surat kabar harian "Suara Merdeka"; dalam tabel frekuensi dapat dilihat hahwa sebagian besar responden adalab lalcilaki sebesar 58%. Responden sebanyak 34% berusia antara 31-40 tahWl. Rata-rata sebagian besar responden berprofesi sebagai wiraswasta scbesar 36%, dan range pendapatan berkisar antara lebih besar dari 750.000 sebesar 40%. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan alat analisis Multiatribute Attitude Model dengan menggunakan model angka ideal, maka diperoleh hasil untuk masing-masing atribut adalab sehagai berikut : keadaan politik pemerintahan yang teIjadi saat ini = 5.42, luasljangkauan berita politilc. = 7.56, personaVproftJ yang ada pada kegiatan politik = 6.71, segala pemberitaan politik yang terjadi = 7.94. kebijakan ekonomi negara yang berlaku = 5.59, pemberitaan ekonomi mengenai usaha manusia pada kehidupannya = 3.45. kegiatan usaha negara maupun swasta = 2.02, berbaga~ nnasi bisnis yang diberitakan disegala lingkup = 4.94, berita ~I ~~ er a . . ure "pertentangan" = 1.83, eakupan benta olabraga = . 2;-berita mengenat-bintari oJahraga = 3.38, puneak berita olahraga pada ....a olahraga dari berbagai lijj!lk!Jp olahraga = 2.08. Sikap konsumen untd'~ masif1g-m~in~~i'ng~masjng a, "but adaJah positif karena ang~le. t mende 11 no~ '!'1.mya sika:l: kollS~ lerhadap atnbut topik swat ka g-A" arkan "Sbara Merdeka" sesuat gan keinginan konsumen r " Sikap ns3dap atribut serda politik, be 'ta Ck$ dan berita olahraga ditunJ pada skala s~. secano keseluruluin ¥ai Sebesar 54,53. Dari perhiluD I Multi tribute Altitu<%!' Mollel tersebut haSiI yan d'iperoleh yaitu sebesar 54,53 rada pada IllIlF ~rtama. yaJ; . bemrti srp ko en terhadap keseluruhan bUI adallh positi!: ... . ' Meogin I kriteria daJam ~ bahwa semakin. J<ecil (re ~j/i) skor yang diperoleh maka sfap ko.nswnen semakinbailL,atau positif, dan se lfiknya semakin besar. atau tin Slcor yang i~~onsuroen #a relatiE akan negatif // . . Dilihat dari basi isa model aogka I eal dalam pe~e1itian ini, maka dapa! disimpulkan hahwa atri -atribut topili surat \lahar hariiui uara Merdeka" pad. umunmya mcndapat penitalan ~~wn -,.. aJ~mi dapat diketahui dari selisih Ideal dan Beliefy:;;g terle~~.. .i I31 terendah yaitu 0,36 pada atribut topik berita olahraga yang didalamnya lerdapat unsur "pertenlaogan", dan yang lertinggi adalah 1,50 pada atribut topik segala berita politik yang terjadi. Selisih ini menunjukkan kesenjangan antara yang diharapkan konsumen tidak berbeda jauh dengan yang diyakini. Sikap konsurnen dapat dikatakan positifyang artinya topik sural kabar barian "Suara Merdeka" dapat diterima baik olch konsumen. Adapun saran·saran yang dapat diberikan adalah agar perusahaan meningkatkan keakuratan dan keaktualan berita yang disajikan, serta melakukan riset kepada pelanggan atau konsumen akan keinginan dan kebutuhan konsumen; sehingga dapat diambil kebijakan akan berita-berita yang ditampilkan agar sesuai dan memuaskan terhadap keinginan dan kebutuhan peJanggan atau konsumen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 25 May 2016 10:00 |
Last Modified: | 25 May 2016 10:00 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9503 |
Actions (login required)
View Item |