T. SESUCI ES, - (2002) ANALISIS POSISI PERSAINGAN PADA RUMAH SAKIT PANTI WILASA DR. CIPTO. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
97.30.3167 T. Sesuci ES COVER.pdf Download (305kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
97.30.3167 T. Sesuci ES BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3167 T. Sesuci ES BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3167 T. Sesuci ES BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3167 T. Sesuci ES BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
||
Text (BAB V)
97.30.3167 T. Sesuci ES BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
97.30.3167 T. Sesuci ES DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
97.30.3167 T. Sesuci ES LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rumah Sakit adalah salah saru industri jasa dalam sektor pemerinlah. Rumah sakit di Indonesia tcrbagi menjadi Rumah Saki, SW3sla dan Rumah sakil Negeri. Keduanya dihadapkan pada tantangan bera! yang berkaitan dengan era globalisasi yang diwamai kompetisi pasar bebas, krisis ekonomi, persaingan mutu, den tanggung jawab antar Rumab Sakit yang ketal dan besamya biaya operasional. Meski begitu R\uuah Sakit lelap dituntut melaksanakan fungsi sosisl. Perubahan di lingkungan internal dan eksternal Rwnah sakit menyebabkan penge\oJa Rumah Sakit berusaha secara sosio-ekonomi dalam mengelola Rumah Sakitnya. Upaya yang diiakukan Rurnah Sakit untuk bertahan dan berkembanc adalah meningkatkan pendapatan melalui pasien. Pasien merupakan sumber ulmna pendapalan Rumah Sakit seeara langsung. Hal ini yang mendorong Rumah Sakil melakukan pemasaran, agar pelayanan yang dimiliki Rumah Sakil hist! dikclllIl masyarakar dan agar masyatakat dapal tertarik ulltu~mcllggunnkal\ pclllyanan yang ada. Upaya pemasaran lebih ditekankan pada ~ pemberian pelaYlllian yang bennuru ttntuk membangun kepuasa~-en. Rwnah Saldt yang dijadikan Obr~p1meli mn adala 1 Rmnal""s. 'it .lJn1l1Lll Swasta kelas C, yaitu Rumahii't:ranti WilasfDr. CiP10" dcngaLl met ' UkllLl pembandingan dengan dua R sakit lain seb~es~aitu Rllmah it Panti Wilasa"Citarum" dan R Sakit Isiau;SUltan Agung. Keberhasilan Rumah ~t dalam -eflarik minal pasien rn,wat in8p _ t diui",r prosentase diant~a yaitu dengan BOR !!;In LOS. Paranleter BO Rumah Sakit Panli Wi a"Or. Cip~" tahun 2001 mpsuk da\fm nilai' . parameter ideal. Kenoikan aI B\DR disebab arena bqtambahny.\ jumial~1 pasien setiap talmn. Nam .men!:f.'gat beb_ tabll\l torakhir angli1' 'SO berada di bowab. nilai parfICter ideO!, maka ~ kemllD ' juga anlll!> BOR tahWi mendatang akan m . Rumab Saki! panti Wil",. "bh Cipto" hlius bisa mengambil peluang yang aa untuk , CIlgaMsipast ancaJllil!L d.ri l'''lalbg yang dapa! menurunkan jumlali P'II'ienr Angka p!lI1ll!teter LOS Rmnali ~a&it Pan r Wilasa"Dr. Cipto" menunj~an angk,jo.~pat. f.<tinya raja-rala yasien han~ dirawat selama empat han. P ababoya adalah selain~k~en;t sudati sembuhJ aalf juga pasien yang lebih memJ i pengobatan fawat Jalan.-rafau menghoCn 'kan pengobatan dengan alason sudab Iiylbuh. Pe~ambal1an i.wnlah temqa tidm dimak~udkan unruk meme~uhi kebll:~>~.ien Rumah. saltt kbususn asie~ rawal map akan tempat ndur. Pen • • tmfi-J lah p.QSlen RUD'f mil Pant! Wilasa "Dr. Cipto". tidak tettutup kemungkin d ' engan penurunan jwnlah pasien. Mengmgat tingginya persaingan yang timbul dan Rmnah Sakit Umum lain, juga persaingan dan klinik. prakler dokter dan bid an, serta pengobatan tradisional, maka Rumah Sakjl Penti Wilasa "Dr. Cipto" harus selalu mengembangkan sD'ategi korporasi dalam upaya meningkatkan jumlah pasien. Sebelum menetapkan strategi korporasi yang akan diternpkM. Rumah Sakit Panti Wilasa "Dr. Ciplo" hams mengidentifikasi faklor internal dan faktor ekslemal Rumah sakil. Setelah itu baru kemudian merumlLskan sirntcgi korpornsi Dpa yang tepat untuk diterapkan. I'encliti Lelah mcnyc:harkan 38 kucsiollcr rra -surv(,!i tlengan pc rincian 30 uc~ iolleT pra ~s urvc i \1I11uk pasiell rawal iml\> dan S kut:sioncr pri1 ~s urvci Ulll llk ihak manajemcn Rumah S(lki{ Panti Wilasa ·'Or. (ipIO" . Kuc:s ioncr pm-stlrvci nLuk 30 pasien rawal inap Rumnh Saki I Panti Wilasa -'Dr. Cipto" menyungklll on<.li si internal RUllmh Sal-ie P.;nunyaan yang diajukan adalah harapan p<1sicn knn jasa layanan Runmh sakit. Dari 30 pasicn di kclahui h"I1\' .. ";;1 merck(l lengharapkan pelayanan personal , kuul ilas jasa, (arip dan mJlIl ini slrasi yang leringankan. lukas!, 1'n5ili((,s. mukanan Jan menu. Sedangkan kuesioncr unllik S l11anajl.!men Rurnuh Sakit Pailli Wila:-,l " Dr. :iplo" menyangkuL kondi si eksternal Rumah SakiL :::>ikctahui bahwn kondisi kslcrnal yang bi sa menjadi peluang maupun lantangan aLau ancamall usaha dalah pesaing dan persaingan. kondisi pt:rekonomian yang kllrany baik, budaya jdup sehat, kebijakan pemcrintah, kerjasama dengan pihak lain, lingkat ,endidikan ma5yarakat, keitdaan alam, kondisi keamanan. Mdihal pcnlil1gnya posisi sc~ lLlin meru musk<l 11 51 'anti Wilasa "Dr. CiplO" lllaka penel i[i t~ . n(t! - ;!Illang arml isis posisi persaingan pada Rum Pembalasan masalah pend ilinn .. uu. ynitu I l~ ll1b a \:t sa n datil :nya - nedis Rumah S"kil P'lI1li Wd:tsn ··0 e:'"ipUl" dmi ~un ~1-S~!Jlill 100 I, ( Icndilian hanY'1 dilakllkan P<tOil fakt~'nL~ rnOI ( fayanan ~rsollar,k uaht'b.jus . arip dan adminis trasi , lakasi. I'asi!" - . makanan dan n~u dan la\...\or cksterna ~ lIlllah Saki! ( r>::saing dan ~r~..!J:lg, n, kondfsi perekonom·" )11ng kUfilng !>ni k, llidaya hic.Jup sehal. k~hi.iilk'lfl I l~r i nlHh kt:rj il s<lmn dcn~ pi.,,,k lam, Li gkit( ,c ndidikalllll<lsynmkai. keildmll1 I m ,jiu ondisi kCa l'M I)8I1 ~ Tuj uan p ~ nl! litian ini u - mc gcla hui JX I. -in tl: a dan ckst rnnl tUlllah Sakil PallIi Wilu:\i.\"Or. iplo" i alllara ~ ai llg ~\l iIi. d"ln 11 luk nCllgC:1ahui slrmcgi <lpa yang se a knyu oil rankan Rumah Sakit Pal1li Wllas 'Dr. ~iplO" iJerdasnrk(\Il posisinya. J l ' K\!gunaan penelilian ini ba J Rumah 'akit P'lIll~"Dr. C i p~ o" Y'lilU lapal IllcmbanlU memberikan Slim gall penH "~ Il ~I tr~un}u~"h Sak i )anli Wilasa"Or. Cipto" oa lum n f~ta kan, stmleg Pl-"ii;ts~ll'<tn )'aJ1g leptl (egllllau ll bag; pcmbaca adalah da p~ 11emb.I1I1I memberi ~a ll ;1111"J" Jt:lllikiran bagi pcmbaca bila hcndak 11l~ lil !~ili 'H1 scrll p.~. Sislclnaliki"l penulisan scbagai be ri ' ~8 ~l lI:.r!.:!Ulil dl,btflUt_ men lili alar belakang penulisan skripsi, perumusan masalah, 1bllb1taSiin---~a5a l ah , tujuan >ene li tian. manraaL penclitian, dan sisLematika pt:nulisan. Bab kedua dibahas en lang tilljauan pustaka yang be ri sikan (cori-h::ori yallg mcndnsari pcn.:iitian , ;erangka pikir penclilian y<l llg merupak an SlIiUU kOllscp yang mchllluasi )'!ll1ikiran penulis dahlin Illdakukan pe ncli lian, c.Jelinisi llpcrasiunal lCll lilllg lariabel atau istilah lain dalalll penelilian ini yang dipandallg [Xnting. 13.,b kdigfl Jibahas len Lang obyek penelitian. jcnis dala, populasi, sampel, rcsponcien )cmel ilian, metode pengllmpulan dala, metode analisis data dan IIml Ti!.: S\VOT. 3ab kccmpal dillra iknn t~ ntnn g gambaran 1I1ll1ll11 l~lI111ah Sak il, gilmhar~1Il -espondc:n. dan anal isis SWOT y.)ng tcrdiri di"lTi pemhahasan kckll:lt4'ln. i:clcillahan, pos isi RUlllah SakiL P31lti Wilasa"Dr. Cipto" Ixroasarkan Inalrik I-E I,m herbagui allernalif stra legi bcroasarkan Illatrik I-I-: dan ma!rik SWOT. nah kelima diuraikan ten tang kesimpulan dari anal isis yang telah dilaksanakan dan saran-saran yang bermanfaat bagi pimpinan Rumah Saki! Pan Ii Wilasa"Dr. CiPIO", DalaI1\ linjauan pustaka dikemukakan teori-leon yang relevan dan mendukung penelitian ini terulama ten tang anaJisis stratcgi korpoasi. Antara lain diungkapkan bahwa persaingan yang meningkat dalam dunia bisnis menyebabkan pengusaha barns rnampu mempertahankan produknya dalam persaingan bahkan memenangkan persaingan. Agar dapat bertahan dalam kondisi persaingan yang semakin meningkat. perusahaan harns dapat menerapkan strategi korpoasi yang tepal bagi produknya. Hal ini perlu dilakukan perusahaan agar produk perusahaarmya tidak tertinggal dalam persaingan. Obyek peneiitian ini adalah pasien Rumah Sakit Panti Wilasa ·<Dr. Cipto". Rnmah Saki! Panti Wilasa "Citarum", dan Rwnah Sakit lslam SlIltan Aglll1g, dimana populasi pasien ketiga Rumah Sakit lersebUl tidak dapat dikclalml jwnlahnya seeata pasti, dan juga dan pihak manajem 1 masing-masing Rumnh Sakit. Lokasi penelilian Rumah Sakit Pruiti Wilasa" , ito" di jalnn Dr, Cipto no: ~O. Rumah Sakil Panti ~il,asa "CiLn:p;;'gd~4111~ It lIUl::no' ( UUIl RlII~ml~ Saklt lslam Sultan Agung dl Ja1an ra", Jeali e m 4. Kt: lokasl til kOla Semarang, Jwnlah sampe~y ~ifu~bil untuk Rurnnh Sakit PitHti Witifs "I)r, Cipto" 70 pasien, Rumah Saki anti Wilasa'·Ci.lDwm" ~paSicn. dan Ru illi Sakit Islam Sultan Agung 40 P i , Katena keteroatasan w~ 'aya dan Ie 'a maka peoeliti berharap sam l yang jeDumlah 190 pasten da t mc;w . keseluruhan populasi y",:~ . . _ _ JenJs data yang .gunakan alah data pnmllJ ~lIla data 1m Iperoleh Jangsung dari R~ah S ~ Panti Wilasa"Dr. CfpIO . ]tumah Sak Pant; Wilasa"Citarum", dan Ru 31>- Sal, Islam Sui Agung, Data ini d eroleh dengan car. w.wancara dp mIberikan dlllar pen5ny_ dlli.m bentuk kuesioner yang dlisi respo~Cn . ,- Teknik sampling ~ipg di an lCIalah sampling tidlk .o (non random sampling) dimana ggota populasi tidal< diben peluong yang ,am. ata dap'! dihi!ung dan IDltuk diP~menjadr ~ggO!' ~J>Gl..-" Jenis pencntuan samp tidak aeak. menggU:naka!~cari.p~sive..'samplin yaitu sampling dimana peng il~ sampel ~emcrruhi syarat at tertentu yaitu pasicn rawat inap g telah dirawat minimal 2 han Lkan tennasuk pasien dcngan penyakit g'Wl'l~.lam koltdili krilis,- pMi yang dap'! berkomunikasi dengan bail< d~i n a1arn..!Jangguan J~ sert. bersedia dan memungkinkan untuk meogt' 00«. dan memiliki pertimbangan sendiri dalam memilih Rumah Sakit. Metode pengwnpulan data yang digunakan adalah melode wawancara dan metode kuesioner. Dalam kuesioner terdapat dua pertanyaan pokok. yaiLli varial>el faktor internal Rumah Sakit yang bisa menjadi kekuatan atall kelemahnll. dan variabel faktor ekstemal Rumnh Sakil yang bisa mcnjadi I>cluang utau lanlal1gall atau ancaman. Melode anaJisis data adalah SWOT fungsiona1 dimana data alau ilironnnsi yang dianalisis berasal dari satu bidang kegiatan lertentu atau lUli! kcrja lertcntu. Dalam penelitian ini bidang kegialan yang diteliti adaJah bidang pcmaSf\ran. ('<Ira untuk menggambarkan anal isis SWOT adalah dengan menggambarkan identifikasi SWOT dalam suatu matrik IFE ( Internal Fac/or Evalllation) dan EFE ( E"t/emoi Fae/or i!''IIoiUQlion ). sehingga manajemen dapal mcmpcrolch gambanm yang lebih jelas untuk merumuskan langkah·\angkah pengembaogan. Setelah rnenentukan (FE dan EFE, rangkuman posisi yang dibuat dapat disajikan dalarn sllatu matrik Intemal·Ekstemal ( I·E) Wlruk menggambarkan altemalif kcbijaksanaan perusahaan. Dan analisa diperoleh hasil sebagai beriklH : I. Dilihat dan kebiasaan pasien Rumah sakit dapat dikt:tahui bahwa pasicn ynng dirawal berjenis kelamin wWlila berusia di bawah 25 tahUIl ( 18.58 % ), pasicn menanggwlg biaya pcrawatan dengan penghasilan sendiri ( 39,48 % ). pasien yang dirawat beragama islam ( 39,48 % ), pasien mcmiliki Jatar beJakang pendidikan SMA ( 42,63 % ), pasien dengan peke1jaan lain·lain (bunlll, petani, pendeta, gUnI) dan berpenghasilan di bawah Rp. 249.000,- (25,08 %). 2. Faktor internal dan eksternal Rumah Sakit Panti "Dr. CiplO" : Kekuatan (Strellg'" pemberesan penerimaan pasien Paoli Wilasa "Or. """~,, "Dr, Ci~p~to:", ~;;~~::~~~~.;~~;.~tUP~~::~~~~j~~ Cipto", Wilasa "Dr. :p mkeesmunegrigkusbaa pna spieetnu,: ,~as~~?f.~R~U~mrahs eluruh staff dJUl karyawan Panti Wilasa IIDr. . - makanan Rumah Sakit Panti "Dr. Kelem.ha. ( Weakness)_ Kelemahan pertama dalam variabel fasi1itas. yaitu : fasilitas medis Rumah Sakit Panti Wilasa "Dr. Cipto", fasilitas non-medis Rumah Sakit Pami Wilasa "Dr. Cipto" Skor penyediaan darah trnnsfusi di Rumah Sakit Panti Wilasa "Dr. Cipto". Kelemahan kedua dalam variabel fasilitas. yailu : kesempatan pasien ulltuk berkonsultasi dengan tenaga medis Rumah Sakit Panti Wilasa "Dr. CipIO", respon perawat Rumab Sakit Panli Wilasa "'"Dr. Cipto" keramahan pelayanan Rumah Sakit Panri Wilasa "Dr. Cipto" respon doh.1cr Rumah Saki! Paoli Wilasa "Dr. Ciplo". Kelemahan keriga dalam variabel fasilitas, yailu : variasi menu makanan Rumah Sakit Panli Wilasa '''Dr. Cipto". jadual penYbjian makanan Rumah Sakil Panli Wilas8 "Dr. Cipto". Peluang ( Op{Wriunity). antara lain :pengaruh jumlah pesaing terhadap persaingan pengaruh inflasi dalam negri terhadap mioat masyarakat jumlah tenaga mOOis asing terhadap persaingan antar Rumah sakit. pengamh tingkat pendidikan masynrakal terhadap kesadaran akan kesehatnn pengamh kcsdaran masyarokat "knn hidup sehat terhadap ketergantlmgan pada Rumah Sakit. pengaruh kondisi keamanan rerhadap jwnlah penduduk sakit yang berobal ke Rumah Sakil pengaruh hublmgan kerja S8ma dengan pihak lain Ancaman (Threat). aotara lain : pengaruh tl uktuasi mata liang asinl;lo tcrhauap ntlliilh. pcngarllh pajak pemerintah terhadap besamya pengeIU.ilr~ih Rwnnh Saldl pcngnruh perubahan cuaea yang tidal<. eneQlu..;{erhada . 'si kcschntan masyarai<at, pengaruh perubaha "llClrt~ap per]telllbang." nyakit 2. Posisi Rumah Sakit p~. Jlasa "Dr. Cipto" berd,asark peQilaian responde~ .ter~~d~p f~or l,temal dan -ckstemal dalam ~~t~k ,1-E"'tC etak pada paSISI dlVISI V yalt\~ I Hold" da .. ainlain ". Dan :J.lka d,bandl an dengan Rumah Sakit PaP!~'WiJasa" itarum" dan Rwnah Sal< 1'lOm L~ Agung, Rumah S . .anti Wila a "Dr. Ci I t.erlet3j\ di (ara .Rum"" .... Sakit Pan" Wilasa '~arum" dan Rurnah Sait :£18m Sultan Agu~g. Hal iti" kondisi yang agak nguntu.lj&kan bagi R ah 1 PanLi wi asa "0 Cipto". . - . l ' 3. Slrateg; korporasi YI'!'g seh~ya eliSU!'ii~ ~ eh ah S it Panli Wilas. "Dr. Cipto" dasark penilaiaD t esponden terhadap fakt internall dan ekstemal 'OS"~ engan os ' ya eli matrik I-I;.'yaibj "ljo/d" d'")' "Maintain" yaitu disini berarti ~ahan dart menjaga dimana strat1··n 4. Saran yang dianjurkan a1ah: ..# =-' dilakukan dengan lehili engoPtirrt~fakl~1:aJ. a) Rwnah Sakit Panli Wi. "Dr. Cip 0" bams-fiisa mcngantisipasi I I mi dengan berusaha untuk m eogkapi dan memperb~i fesilitas QC 1 njang medis dan non-medis yang da ·salnya dengan mengadakan ."~asama dengan perusahaan swast engad fa_~i1i ·ab sakit. mengadakan koordinasi dengan PMI Indonesia) untuk pengadaan darah. b) R\unah Sakit Panti Wilasa "Dr. Cipto" hams bisa rnemperbaiki kondisi ini dengan lebih sering mengajak pasien lIlItuk berkonsui(RSi dua «mil mengenai kebutuhannya, dan bersikap lebih rnmah lagi. c) Rumah Sakit Panti Wilasa "Dr. Cipto" hanls bisa memperbaiki komlisi ini der1gan selahl mengganti menu setiap saat dan pada saal pemberian makanan, petugas sebaikn)'a memperhitungkan waklu agar mnkanan bisa sampai ke nlang perawatan masing-masing pasicn secara tepat waktll.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 25 May 2016 02:20 |
Last Modified: | 25 May 2016 02:20 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9458 |
Actions (login required)
View Item |