ARSANTHI, V. DWI (2003) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA DITINJAU DARI PERSEPSI GURU (STUDI KASUS PADA GURU YANG MENGAJAR DI SD NEGERI KECAMATAN KARANG ANYAR , KABUPATEN PEKALONGAN). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
97.30.3042 V. Dwi A COVER.pdf Download (382kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
97.30.3042 V. Dwi A BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3042 V. Dwi A BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3042 V. Dwi A BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3042 V. Dwi A BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
||
Text (BAB V)
97.30.3042 V. Dwi A BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
97.30.3042 V. Dwi A DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
97.30.3042 V. Dwi A LAMPIRAN.pdf Download (877kB) | Preview |
Abstract
Guru sebagai pendidik tidak lepas dari prestasi kerja, guru diharapkan mempunyai keahlian, ketrampilan, kerjasama yang baik an tar rekan sekerja maupun pimpinan dan motivasi kerja yang baik pula, sehingga apa yang akan diberikan pada mOOd-murid dapat tersampaikan dengan baik dan jelas. Guru dalam bekeIja tidak lepas dari motivasi keIjadan kepemimpinan. Motivasi kerja yang terdiri dari kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri, sedangkan kepemimpinan terdiri dari hubungan pemimpin dengan karyawan, dan kemampuan pemimpin dalam membimbing karyawan. Oalam hal ini yang menjadi objek adalah guru - guru yang mengajar di SO Negeri di Kecamatan KarangAnyar Kabupaten Pekalongan ang di pimpin oleh kepala sekolah perempuan. Dari uraian diatas rna neliti mengambil judul : PENGARUB MOT IV ASI KERJA D PEMIMPINAN PE VAN TERHADAP PRESTASI KERJA D INJAU DARI eQSEPSI GURU (Studi Kasus Pad a Guru Yang Mengaj r Di SD Negeri Kecamatan Karang nyar Kabupaten Pekalongan ). Masalah i:falam pc;; elitian ini Se€3 a ·nci dirumuskan . Apakah ada pengaruh positif dan sigtJifikan antara motivasi prestasi keIja ditiJiljau da . persepsi ~uru ang menga·ar di Kecamatan Karan ' yar K bupaten Pe alongan1? Apakah ada pen a h posltif dan signiftkan aniara kepe impina perempuan terhadap prestasi ~ rja ditinjau ~ri perseps.i guru yang mengajar di SO Negeri di Kecamatan Karan~~ar Kabupaten Pekalongan? Apakah ada peng~ruh positif dap si-gt!ffikan antaramofv.asi keIja dan kepemimpinan perempua terhadap'-~restasi ega ditinjau dari persepsi guru yang mengajar di SO Negeri dl ecamatan KarangAnyar Kabupat .n Pekalongan? Dalam penulisa sk ·g· ini peneliti"melakukan nelitian pada guruguru yang mengajar di SD Negel:i ~i Keca atan a ngAnyar Kabupaten Pekalongan. lumlah responden sebanyak g2 sellingga dimungkinkan untuk setiap anggota populasi dijadikan responden, jenis data yang digunakan adalah data primer, metode pengumpulan data dengan metode kuesioner, skala pengukuran data dengan skala likert, uji validitas menggunakan product moment, uji reliabilitas menggunakan rumus alpha, teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan regresi berganda, uji T dan uji F. Tanggapan guru-guru yang mengajar di SO Negeri Kecamatan KarangANyar Kabupaten Pekalongan yang dipimpin oleh kepala sekolah perempuan tentang motivasi kerja ( 3,38 ), kepemimpinan ( 3,35 ) dan prestasi kerja (3,20 ). Masuk dalam kategori penilaran sedang. Hasil pengujian hipotesis secara parsial terhadap motivasi kerja menunjukkan bahwa motivasi kerja mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi kctja ( T hitung ( 3,703 ) > T tabel ( 1,995 ). Hal ini berarti bahwa apabila faktor motivasi ketja meningkat maka prestasi ketja juga akan meningkat, tetapi sebaliknya apabila motivasi ketja menurun maka prestasi ketja juga menurun. Hasil pengujian hipotesis secara parsial terhadap kepemimpinan perempuan menunjukkan bahwa kepemimpinan perempuan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi ketja ( T hitung (2,797 ) > T tabel ( 1,995 ). Hal ini berarti bahwa apabila faktor kepemimpinan meningkat maka prestasi ketja juga meningkat tetapi jika faktor kepemimpinan menurun maka prestasi ketja juga akan menurun. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dan kepemimpinan terhadap prestasi ketja. Oimana setelah diuji dengan uji F terbukti bahwa faktor motivasi kerja mempengaruhi prestasi ketja secara positif dan signifikan dengan perhitungan sebesar ( F hitung ( 15,771 ) > F tabel ( 3,13 ). Hal tersebut menunju ka'n semakin baik motivasi ketja dan kepemimpinan maka prestasi keBa guru - gt!rn ang mengajar akan meningkat. Sebaliknya jika motivasi keFja -dan epemimpinan tiCla baik maka prestasi kerja guru - gurujuiga akan enurun. Variabel motivasi kerja dan epemimpinan yang mempengaruhi prestas ketja gu - guru s~besar 31,4% sedangkan 68,6% dipengaruhi oleh variat>ellain. Berdasaf pem·tungan regr si linier betganda yang mengatakan variabel motivaSt iCerja m~mpunyai pen~tuh positif lilab signiIi ' an terhadap prestasi kerja gu guru yang mengajar,..,di. SO Negeri Kecamat n KarangAnyar Kabupaten Pekalo gan ya g dipimRin Ie kepala sekdlah perempuan, maka untuk meningkatkan prestasi ketja hendaknya sekolah atau D~nas Pendidikan Kecamatan Miarangarw.ar Kabupaten Pekalongan juga rus memperhatikan faktor lain selain moti ' si kerja dan kepemimpinan se~~i keseja teraan gunJ.. guru xang pekeJjaannya sebagai pendidik atau guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Leadership 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Job motivation |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 25 May 2016 02:03 |
Last Modified: | 25 May 2016 02:03 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9384 |
Actions (login required)
View Item |