NUGROHO, HARYO (2006) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERPINDAHAN MEREK MIE INSTAN (STUDI KASUS MAHASISWA KONSUMEN MIE INSTAN UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
99.30.4194 Haryo Nugroho COVER.pdf Download (136kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
99.30.4194 Haryo Nugroho BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.4194 Haryo Nugroho BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.4194 Haryo Nugroho BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.4194 Haryo Nugroho BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
Text (BAB V)
99.30.4194 Haryo Nugroho BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
99.30.4194 Haryo Nugroho DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
99.30.4194 Haryo Nugroho LAMPIRAN.pdf Download (75kB) | Preview |
Abstract
Mempelajari perilaku konsumen yang senantiasa berubah bertujuan untuk mengetahui dan memahami berbagai aspek yang ada pada konsumen yang kemudian akan digunakan sebagai langkah-langkah menyusun strategi pemasaran yang berhasil. Perubahan perilaku konsumen tersebut antara lain semakin meningkatnya kebutuhan konsumen. Keadaan ini merupakan penunjang bagi perusahaan untuk mengembangkan usahanya dan mendorong para pengusaha untuk berlomba menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Perilaku konsumen, menurut Peter dan Olson (2000:112), adalah “Interaksi dinamis antara pengaruh dan kognisi, perilaku dan kejadian di sekitar kita di mana manusia melakukan aspek pertukaran dalam hidup mereka. Sedangkan menurut James F. Engel, perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusul tindakan ini. Perilaku perpindahan merek pada konsumen merupakan suatu fenomena yang kompleks yang dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah keperilakuan, persaingan dan waktu. Menurut Van Trijp dan Inman (1996:281), perpindahan merek yang dilakukan konsumen disebabkan oleh pencarian variasi. Sedangkan menurut Assael (1995:36), perpindahan merek terjadi pada produk-produk dengan karakteristik keterlibatan rendah. Tipe perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian yang cenderung melakukan perpindahan merek adalah pengambilan keputusan terbatas dan inersia. Beragamnya produk baik barang dan jasa yang ditawarkan dalam berbagai merek oleh perusahaan saat ini telah meningkatkan keinginan konsumen untuk mencoba produk tersebut. Mie instan sebagai salah satu makanan yang disukai masyarakat telah menjadi produk penting khususnya bagi mereka yang membutuhkan makanan yang cepat saji. Banyaknya merek mie instan yang beredar di pasar, menjadikan konsumen mempunyai banyak pilihan sesuai dengan selera keinginannya. . Beberapa merek yang ada masing-masing memiliki rasa tersendiri yang tentunya telah disesuaikan dengan kebiasan atau maskaan khas Indonesia. Adapun alasan konsumen untuk berpindah merek mie instan adalah 1. Rasa lebih enak 2. Merek lebih terkenal 3. Iklan bagus 4. Kadaluarsa jelas 5. Ada di toko dekat rumah 6. Harga lebih murah 7. Sering dibeli temen kos 8. Sering diiklankan 9. Promo berhadiah 10. Pengalaman teman dengan merek lain 11. Ikut-ikutan 12. Rasanya lebih komplit Dengan melihat alasan konsumen untuk berpindah merek mie instan, maka penulis berharap dapat membuktikan bahwa dalam melakukan pembelian, konsumen banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut. Oleh karena hal ini maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perpindahan Merek Mie Instan” (Studi Kasus Mahasiswa Konsumen Mie Instan Unika Soegijapranata Semarang). Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan penelitian adalah faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam berpindah merek mie instan dengan batasan masalah pada : 1. Responden adalah mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang yang mengkonsumsi mie instan dalam bulan Desember 2005. 2. Faktor-faktor yang diteliti didasrkan pada hasil prasurvey alsan berpindah merek mie instan Dalam tinjauan pustaka dijelaskan tentang konsep yang digunakan dan definisinya. Ada beberapa konsep dalam tinjauan pustaka yaitu pengertian perilaku konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, produk, harga, promosi, saluran distribusi, merek, peranan dan kegunaan merek serta perpindahan merek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif menggunakan Skala Likert dan rentang skala untuk mengukur tanggapan responden. Sedangkan metode kuantitatif dengan menggunakan pengukuran validitas, reliabilitas berdasarkan korelasi product moment serta Analisis Faktor. Pada pembahasan dikemukakan mengenai pengelompokan responden berdasarkan jenis kelamin, pengelompokan responden sebelum berpindah merek mie instan, pengelompokan responden sesudah berpindah merek mie instan dan pengelompokan responden setelah perpindahan merek serta tanggapan responden terhadap variabel pembentuk faktor. Selain itu dikemukakan pula hasil perhitungan analisis faktor dimana berdasarkan hasil analisis faktor diketahui : 1. Keduabelas variabel mempunyai nilai Measures of Sampling Adequacy ( MSA ) diatas 0,5 dengan nilai loading diatas 0,40. 2. Hasil penelitian ini mempunyai nilai Total Variance Explained mencapai 68,6%. 3. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perpindahan merek mie instan dapat diidentifikasi kedalam tiga faktor yaitu faktor pribadi, produk dan pengalaman. Dari ketiga faktor tersebut, 100 responden menyatakan bahwa faktor pribadi atau konsumen sendiri menjadi alasan utama konsumen berpindah merek mie instan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 20 May 2016 07:59 |
Last Modified: | 20 May 2016 07:59 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9358 |
Actions (login required)
View Item |