AGUSTIN, LENNY (2003) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN ATAS PRODUK MINUMAN RINGAN FRESTEA BOTOL. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
99.30.3999 Lenny Agustin COVER.pdf Download (584kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
99.30.3999 Lenny Agustin BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.3999 Lenny Agustin BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.3999 Lenny Agustin BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.3999 Lenny Agustin BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) |
||
Text (BAB V)
99.30.3999 Lenny Agustin BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
99.30.3999 Lenny Agustin DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
99.30.3999 Lenny Agustin LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Nama besar nampaknya belum jaminan menuai sukses, terbukti PT Coca Cola Indonesia (CCI) pemah gaga) memasarkan Teh Hi-C, minuman siap saji bercita rasa teh yang dikemas dalam botol. Mensikapi hal tersebut, dengan menggandeng Nestle awal bulan J uni 2002, CCI kembali meluncurkan produk serupa dengan merek Frestea. Salah satu cara untuk mengetahui pandangan konsumen terhadap minuman Frestea Botol adalah dengan melakukan analisis terhadap atribut produk minuman itu sendiri menurut persepsi mereka. Pengetahuan dan pandangan konsumen ini akan banyak berguna untuk menyusun strategi pemasaran. Sejalan dengan maraknya bisnis rumah makan di Semarang di mana di rumah makan tersebut juga menjual minuman Frestea Boto] sebagai pendamping dari produk-produk yang dijual di TUmah makan tersebut, maka hal ini menarik untuk diamati sebagai salah satu informasi bagi penyusunan strategi pemasaran terseb t, untuk ini dilakukan penelitian pada TUmah makan Semarang. Hasil riset AC Nielsen yang di1reluarkan pada bulan lanuari 2003 menunjukkan bahw 15erdasarkan hasil penelitian peri e bulan Nopember dan Desember 2002 pada seluruh I'f6duk minuman 'ngan teh dan soda menginfonnasika bahwa Frestea Botol sebagai prod uk min ' man ringan menduduki peringkat ke 6 dari sisi ~arket share di bawah Teh Botol Sosro, Fanta, Coca Cola, Sprite, daIYTekila, dan ~ringkat ke 5 ·aaFi sisi distribusi di bawan sprite, Fanta, Coca Cola, dan Ten otol Sosro Untuk ~i(lak-m0ngulang kembaii ke~galan menjadi p r atas produk Hi-C, peluncuran pr duk m"numan ringan Freste harns m mpu memberikan kepuasan kepada kons ~en, s hingga pihalC . erusahaan hams memPfrhatikan apa dan bagaimana Keinginan konsumen, sehingga dati sudut pandang konsumen itu perusahaan da~at menyusun strate~Lpemasarannya dengan te~at. Permasa1ahan diru uskan men enai "Bagaimana h tingkat kepuasan konsulnen atas pros ~ minwnan ringan En~s-tea Botol dili t dari sisi prod~ barga, dan promosi 1'''. Seda ~an, tujuan penelitian ini adalali untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen atas -reduk minuman ringan Fr stea Botol dilihat dari sisi produk, harga, dan promosi. Penelitian ini dilakukan <ii LOKasi makan dan warung makan yang menyediakan minuman khusus produk CocaCola dengan hanya menyediakan minuman teh dalam botol Frestea. Lokasi makan yang dipilih adalah RM Mie Hot Plate yang terletak di Alfa Gudang Rabat, suatu pusat perbelanjaan grosir di kota Semarang, pemilihan lokasi tersebut didasarkan anggapan peneliti bahwa lokasi tersebut cukup representatif digunakan sebagai lokasi penelitian. Populasi penelitian ini · adalah konsumen yang pemah mengkonsumsi produk minuman ringan Frestea Botol. Sedangkan, jumlah populasi ini tidak diketahui secara pasti. lumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan secara "quota~\ mengingat j umlah populasi tidak diketahui. Adapun sampel penelitian ditetapkan sebanyak 100 orang responden Penentuan responden dengan metode purposive yaitu dengan kriteria mereka yang pernah mengkonsumsi Frestea Botol lebih dari satu kali. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan accidental sampling, dimana konsumen yang ditemui pada iokasi makan selepas melairukan pembelian produk minuman ringan Frestea Botol adalah layak diberlakukan sebagai sampel penelitian. Data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data tersebut di atas dicari melalui metode kuesioner dan dokumentasi. Anaiisis data dilakukan dengan metode Irualitatif dan kuantitatif Analisis kualitatif dilakukan untuk rnenginterpretasikan tanggapan responden atas rpertanyaan dari masing-masing variabel. Penilaian terhadap masing-masing indikator maupun variabel didasarkan pada distribusi frekuensi tanggapan serta jumlahl total skor yang diperoleh yang diukur berdasarkan suatu kategori rata-rata skor. Setiap instrumen indikator dari masing-masing variabeI adalah valid (sahih) dan reliabel (dapat dipercaya) karena Alpha lebih besar dari 0,50 sehingga dapat digunakan dan dapat dipercaya un uk digunakan sebagai alat pengumpul data. Pembuatan instrumen indikator dari masin -masing variabel terbukti valid dan reliabel untuk digunakan sebagai alat pengumpul data, selanjutnya data yang diperoleh dapat dianahsls lebih lanjut. Analisis d~ta yang tiipergunalmn dalam peneiitian 'ni adalah analisis Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) untuk mengetahui tingkat kep san konsumen. Analisis ini memerlukan penguji secara matematis da statistik: berdasarkan pendapat responden tfan kerangka pemikiran ke u(iian diambil kesimpulan. Berdasatikan hasil penelitian daRat disimpulR1an kepuasan konsumen atas produk minu n ringan Frestea 8 0tol, ' ang meliputi prod~, harga, dan promosi adalah sebag ' erikut· . • Indeks k p asan pelanggan pada Vanabel produk atas Proquk Minuman Ringan Frestea B tol secara keseluruhan (rata-rata) adalah tidak p. ' (skor IKP= 0,81) • Indeks kep asan pelanggan pada V t:iabel Harga atas ProCluk Minuman Ringan Frestea Botol s cara keseluruhan (t=-Rta-rata) ad lah tidak uas (skor IKP= 0,71) • Indeks kepuasa langgan pa :J anabel Promosiata roduk Minwnan Ringan Frestea Botol seca f-eseluruhan (rata-rata) adalah ti k puas (skor IKP= 0,88). Berdasarkan ke Un ulan dari penelitian . i, aka dapat diajukan saransaran bahwa: 1. Pihak manajemen perlu meluruskan 6ahwa yang diciptakan selama ini adalah aroma, tetapi bahan yang terkandung di dalam produk Frestea Botol tidak mengandung zat pewama. Hal tersebut bisa disampaikan melalui ikla~ selebara~ atau ditulis pada produk tutup botol Frestea Botol itu sendiri ; 2. Diperlukan kebijakan, misalnya minum gratis tiap pengumpulan tutup botol sebanyak tertentu dengan ditujukan untuk konsumen. Sehingga kesan mahal sedikit banyak bisa tertutupi ; 3. Diperlukan keragaman lain untuk promosi misalnya melalui cicip rasa di berbagai pusat konsentrasi massa (misaInya mall, supermarket, pasar), adanya hadiah langsung surprise setiap adanya tutup botol yang bertanda tertentu, atau promosi minum gratis, etc.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics > Job satisfaction |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 20 May 2016 07:54 |
Last Modified: | 20 May 2016 07:54 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9330 |
Actions (login required)
View Item |