ANALISIS PENGARUH JUMLAH PEMAKAI JASA , JARAK TEMPUH DAN JUMLAH TUKANG OJEK TERHADAP PENDAPATAN TUKANG OJEK DI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL

RIPRASENSIASTUTI, BERNADETA TUTUT (1998) ANALISIS PENGARUH JUMLAH PEMAKAI JASA , JARAK TEMPUH DAN JUMLAH TUKANG OJEK TERHADAP PENDAPATAN TUKANG OJEK DI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
92.30.1427 Bernadeta Tutut Riprasensiastuti COVER.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
92.30.1427 Bernadeta Tutut Riprasensiastuti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1427 Bernadeta Tutut Riprasensiastuti BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1427 Bernadeta Tutut Riprasensiastuti BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1427 Bernadeta Tutut Riprasensiastuti BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB V)
92.30.1427 Bernadeta Tutut Riprasensiastuti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1427 Bernadeta Tutut Riprasensiastuti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
92.30.1427 Bernadeta Tutut Riprasensiastuti LAMPIRAN.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Perkembangan pembangunan yang pesat bersamaan dengan Iajunya pertumbuhan penduduk menyebabkan scmalcin komplelcnya pennasalahan yang barus di hadapi elch Pemerintah Daerah. Masyarakat yang semakin maju mcnghendaki pelayanan yang semakin berkualitas, seperti halnya pelayanan jasa transportasi. Kemajuan alaI transportasi adalah salah satn faktor meningkatnya skillketrampilani keahlian, sumber daya manosia. Kemajuan di bidang transportasi merupakan contah usaha untuk mengatasi kurangnya sumber daya manusia melalui teknologi modern. Di desa-desa tertentu sarana angkutan umum seperti (minibus) jumlabnya masib sangal sedikil, sehiogga jarak waktu antara angkulan yang saru dengan yang selanjutnya sangat lama, lagi pula jam kerjanya banya sampai sore hari. Angkutan tersebut banya dapat di jumpai di jalur-jalur yang dilalui o)eb angkutan umum tersebut. Padahal masyarakat terutama yang tidak me.mpunyai kendaraan pribadi, baik yang akao bepergian maupun pulang (sampaiftIUt malam), rnasill mernerlukan aogkulan lagi yang dapal mengantarkanny_a~pa ide I rujuan dengan cepat. Unruk keperluan irulah tnkang e -ban~ berperan-dal .. ngka mernenubi kebuluhan masyarakal akan jasa--ttansportasi. Perlu peneJili jelaskan, ~w: yang d- aRSud dengan ojck adalah ~ gkutan yaog berupa kcndaraan bennot r roda d ,yang bonya dapafunruk me~ngkul penurnpang satn orang, da dak menu/Up kemungldnall tukan~jek ilU\Iilengangkul barang. . " Banyak faktor yan mpen aruhi ~~;1!1!ttan iukang ojek, se ertLkopd1si motor, hari besar/bari Iibur J rak tempuh, - -u~ llIkaog oje dan j~ah pernakai jasa. Berdasarka asil su~ey pOudaJ\uluan dl o\lyelc pene~i an, fall9orfaklor lersebul merupak suaru f klor Y&Dg dapal ,mcmpengaruhl endap~t l n rukang ojek seliap bari. gan me ibat faklor-faktor tersebut, da I dikala n babwa pendapatan tnkang lC lersebut~ak menentn. 11 Masalab yang dike kakan dalalIl,pe lilia~. adal. "bagaima kah hubungan dan seberapa besar ~ngaruh J um lah.:pemaka:-ll~sa , Jarak tegt u , dan jumlah lukang ojek terbadap pen~ rukang oJelr.'lUjuan !?"neliliarlJ . adalah untuk : J 1. Mengetahui hubungan antara ju lah emakai jasa, jarak te tukang ojek seeara bersama-samVdenga~..p~~ng oje Keeamatan Boja Kabupalen Kendal. an jumlah i wilayah 2. Mengetahui seberapa besar pengaruh jumlah pemakai jasa, jarak tempuh, dan jurnlah tukang ojek seeara bersama-sama terhadap pendapatan tukang ojek di wilayah Keeamatan Boja Kabupalen Kendal. 3. Mengetabui hubungan antar3 jumlah pemakai jasa dengan pendapatan tukang ojck di wilayah Keeamatan Boja Kabupaten Kendal, jika variabel jarak lempuh dan jurnlah rukang ojek konstan. 4. Meng.tahui hubuogan antara jarak tempuh, lerhadap pendapatan tnkang ojek di wilayah Kecamatan Boja Kabupalen Kendal, jika variabel jumlah peffiakai jasa dan tnkang ojek konstan. 5. Mengelabui hubungan antara jumlah rukang ojek dengan pendapatan rukang ojek di wilayah Keeamatan Boja Kabupalen Kendal, jika variabel jarak lempuh jumlah pemakai· jasa konstan. Jarak tempuh (X2) adalah jarak yang memisahkan suatu tempat antara tempat yang satu dengan tempat yang (ainnya. Maksudnya, mulai dari pangkalan ojek desa tersebut sampai ke tempat tujuan yang dHnginkan olch penumpang. Jarak tempuh diukur dalam satuan kilometer. Pemakai jasa (Xl) adalah seseorang yang mempergunakan jasa angkutan tersebut dalam usaha memenubi kebutubannya. Pemakai jasa diulrur dengan satuan orang yang diantar. Thkang ojek (X3) adalab orang yang memberikao jasa angkutan ojek kepada konsumenlpenumpang unruk diantar sampai ke tempat tujuan dengan imbalan jasa uang. Thkang ojek diukur dalam satuan orang. Pendapatan (Y) adalah sejumlah uang yang diterima perhari, maksudnya pendapatan bersih perhari yang diterima oleb tukang ojek. Pendapatan diulrur dalarn saruan rupiah. Hipotesis yang diajukan dalam penelilian ini adaJah sebagai berikut : 1. Ada hubungan antara jumlah pernakai jasa, jarak tempuh. dan jumlab tukang ojek seeara bersama·sama dengan pendapatan tukang ojek di wilayah Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. 2. Ada pengaruh antara jumlab pemakai jasa dengan pendapatan tukang ojek di wilayah Kecamatan Baja Kabupaten Kendal, jika variabel jarak tempuh dan jumlah tukang ojek konstan. 3. Ada hubungan pasitip antara jarak tempuh denga~;.pendapatan rukang ojek di wilayah Kecamatan Boja Kabupaten Kendal, jil< \",iabel jumlah pemakai jasa dan jumlah tukang ojek konstan. 4. Ada hubungan aotara jum]ah tuk :.pje~e gan penC!apat!.n. aog ojek di wilayah Kecamatan Boja Kabu ten endal, Jika varia\>Ol jumlah ~i jasa dan jarak tempuh konstan. 5. lumlah pemak.i jasa, jarak t puh, jumlah-tnKang oJele cara bersam -sarna memberikan pengaruh terha p penaap'al!il tukang' ojek di i yahJ(ec atan Boja, Kabupaten KendY , /' Lokasi penelitian Y\I diPilihfpeneliti aclalall beberapa !Ukaog ojek H berlokasi di witayah Kecariljl\iln Boja Kabupaten J endal, Peneliti melnilib lo~ .. i tersebut. karena di desa tCqiebul be1um ada Ingkutan \lcny.mpang secara umlim yang menuju ke rumah pendu\luk d ... tersebut. Anglrutan \lOIIr (mini s, colls&tion) bonya bisa ditemui di~*an yang melJ&bu!>wrgkan.-Ke<:amatan Boj - Can ' an • Gunungpati, Boja - C"R~iran - ga\.iyaD. Satu-sarunya alII a'ng tan pen ~yangada~~ "~~ J. ~ Populasi dalam penell.\Jap ini ad~hll selu~g, ojel5> ang b~r ota resmi argaoisasi ojek, yang ad i wilayah Kecamatan13oja.y§:ng berj~rn . 245 orang. reknik sampling yang digu~an yai!U me Ilde ptltposive sampli . Dalam hal ini sampel dipilih berdasarkan s· l-sifat umuDl, popuUsi. Pada~ewlitian ini syarat-syarat responden yang dipilih a alah~g ojek yang swj di anggo· ta resmi ojek, dengan cara menunjukk ggota ,oje . I:Jkiiran Siinpel yang akan diarnbil sejumlah 60 orang (61 ,25 dibulatkan un1iik-inempermudah perhitung· an) tukang ojek yang mangkal di pos-posnya yang ada di wilayah Kecaroatan Soja Kabupaten Kendal. Sampel diambil secara praparsional yang terdiri dari sub sampel yang pertimbangannya mengilruti populasi. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala interval, yaitu pemakaian angka-angka dalam pengukuran yang mempunyai jarak yang sam a antara jarak-jarak yang berdekatanlmemilild satuan ukuran yang tetap. Analisis yang dilakukan dengan menggambarkan dan menerangkan hasil penelitian dari berbagai gejala yang diteliti ke dalam bentuk angka-angka . Untuk rnenganalisis data dalam penelitian ini digunakan tehnik analisis sebagai berikut; 1. Korelasi Berganda: analisis ini digunakao untuk mengetahui hubungan antara jumlab pemakai jasa (X,), jarak lempuh (X,), dan jumlah lukang ojek (X,) secara bersama-sama dengan pendapatan tulCang ojek di wilayah Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. 2. Korelasi ParsiaI: Koefisien korelasi parsiai dalam penelitian ini menggunakan rumus "second order partial", karena ada 2 variabeI bebas yang dipertahankao konstan. 3. Rcgresi Berganda: Analisis ini digunakan untuk mengetahui besamya pengaruh antara xl, x2, x3 dengan y. 4. Koefisien Determinasi: Koefisien determinasi diguoakan untuk mengetahui seherapa besar prosenlasi (%) perubahan variabel terikal yang disebabkan oleh variabel bebas. Nilai ukurannya disebut koefisien penentu . 5. Uji nonnalilaS dan homogenitas. Setelah diuji dengan menggunakan uji normalitas temyata jumlab pemakai jasa (XI) = 0,1732, jarak tempuh (X2) = 0,1747, jumlah tukang ojek (X3) = 0,2696, pendapalan tukang ojek (y) = 0,1639, maka XI, X2, X3 dan Y menunjukkan data berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji homogenitas menunjukkan (XI) = 1,2597, (X2) = 0,6015, (X3) = 1,9984 yang berarti data terscbut homogen. Adapun koefisien korelasi ganda (tYl2.»"s. .b esa 62:iJl hal ini menunjukkan keeratan hubungan antara JUJptan-Pemafai lasa, ja-r-a-IC;tem uh. jumlab tukang ojek seeara bersama-sama-;tef1J"dap pendapata~tukang oje oefisien korelasi parsial ry1 .23 sebesar rtJ833 hal ini mefinju.kkarr J<ceratan huJ.>ungan antara lumlah Pemakai Jasa deI;tgan peodapaym-tu ng oje ikontrol 01 jarak tempuh dan jumlah tukang ojl:ll.(diangg~p"konstan) . KoefiSl n kOreJas' rsial ry2 .13 sebesar 0,6740, hal 'ni' menuqjukkan keeraWl hubung>n antara,; rak lempuh dengan pendapalan kang oj'!" dikontral o!eh-lumlah Pemakaf Jas> iranjumlah tukang ojek diang~p kOMlan. KoefisieiD tote 8i parsial ryll2 sebeStr -0,8916 hal ini menunjuklGin eeralan hubungan lIJt1ira}"",lah tukang ltiek deq, ~ pendapatan tukang ojek di trol 'l/eh Jumlah P~akalJ dan jal'!'k' teml h (dianggap konstan). Den~n melibjlt pad. ualiSlS korelHl landa d n kore i parsial maka dapat diSimp~~ tidak\terjadi multikolinieritas. Adapun hasil perhi . gan re "I'i bergand. pad> kompulel1di .roleh ni i bO = 603,421567, bl = 10 8561;18, b2~ 452,363431, b3 - -318,777390 qua dimasukkan ke dalam persa ian regre$) bergan9.aJ!l1')ljadi: Y = 603'42~56 + 7?l,856128X1 +452,36343 - 318,717390 ,.lBe~s~Jsan Ile=aan tor but dl atas, dapat dllnterpretaslKa~ebagal benRut: Apabl1a.1umlah Perna lisa meningkal satu satuan, sedangka . ~ tempuh dan jumlan tukang oj~l(.dJanggap konstan, maka pendapatan tukan 11ek meningka.t sebe;sar 701J 85<;1~8 satuan (rupiah); apabila jarak tempuh meni~t-sa satuan sedanW!QWill,j) Pemakai Iasa dan jumlah tukang ojek diangga n n.Jllaka penpapataiilm<ang ojek meningkat sebesar 452,363431 satuan (rupiah); apabll. jumlah tukang ojek menurun satu satuan sedangkan Jumlah Pemakai lasa danjarak tempuh dianggap konstan, maka pendapatan tukang ojek meningkat sebesar -318.777390 satuan (rupiah). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa F-test > F·label, yaitu 234,20861 > 2.76 maka HO ditolak dan Ha diterirna. Ini berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara jumlah pemakai jasa, jarak tempuh, jumlah tukang ojek secara hersama-sarna terhadap pendapalan tukang ojek. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa I hitung > t tabel yaitu = 11,881 > 1,671, maka HO ditolak dan Ha diterima yang herarti ada hubuDgan yang signifikan antara lumlah Pemakai Jasa terhadap pendapatan tukang ojek dikontrol oleh jarak tempuh dan jumlah tukang ojek. Hasil perhitungan dari ry2.13 menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu = 6,229 > 1,671, maka HO ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signiflkan antara jarak tempuh dan pendapatan tukang ojek dikontrol oleh Jumlah Pemakai Jasa dan jumlah tukang ojek. Hasil perhitungan dati ry3 ,12 menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu = 29,011 > 1,671, maka HO ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan antara jumlah tukang ojek dan pendapatan tukang ojek dikontrol oleh Jumlah Pemakai Jasa dan jarak tempuh. HasH perhitungan menunjukkan bahwa F-test > F-tabel, yaitu 234,20861 > 2,76, maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. lni berarti babwa ada pengaruh yang signiftkan antara jumlab pemakai jasa, jarak tempuh, juml'ab tukang ojek seeara bersama-sama terhadap pendaparan tukang ojek. Koefisien determinasi (ryI23) sebesar 0,85780 hal ini berarti bahwa besaroya sumbangan variabel jumlab pemakai jasa, jarak tempuh, jumlah tukang ojek terhadap pendapatan tukang ojek ada lab sebesar 85,78 %. Sedangkan sisimya dipengaruhi oleh variabellain. Koefisicn determinasi ry1.23 = 0,6135 berarbath~w'a besamy. sumbangan variabel aoWa Jumlah Pemakai Jasa dengan peoda g ojek dikontrol oleh jarak tempuh dan jumlah tukang ojek ~l, 5% ''''IDY~~hi oleh variabellainnya. .".rf.... Koefisien determinasi ry2tl.3 = 0,1542 heriuti bahwa besarnya!U bangan antara jarak tempuh dengan pendnpatan tukang ojek • ntrol oleb jwopah enumpang dan jumlab tukang ojek dalah .ebesar 45,42% sisany. dipeljga 'oleb vanabellainnya. ') :;....; Kocfisien determi . ry3,12 ~ 0,7949 wa besamy. sumban,gan antara jumlah tukang ojek epgan pendapatan tubi!g o~ dikonrrol bleb Jurjllih Pemakai Jasa dan jarak tc~ h adalah sebe 'l9~9%Ji ya dipengaruhi b h variabellainnya. II I Apabil. dilihat has ari perllitung8n egresi bec~d& ~ka dari mas gmasing variabel yang ad 81am I?ebelitian ini, .yaitu Juml~h-pemakai j3Stt· i merupakan faktor yang meI1\~unyal ,pi!iigaruh p~j>es~r dl~ntara ofaklor ~ ak tempub dan Jumlah tukang oJe rerhadap'~endapat ..r. (tukaJlg oJek, ya1tu!ll. ngmasing sebesar 701,856128;;r,; ~3431 ~ -318777390. Dengan demiki;i1i.,tu'kang ojck sebagai pihak pemberi jas e~aiknH m~gk>!t an mutu pe/oyenannya lerhadap para pemakai jasa secara , rps meDeros, agar mereka meras#'puas alas pelayanaD terse~ut, yang akhir.nya 'bo.~i~ · ~n dapat meI?ap1b~~qing~atka~ pendapatan bagl para tukaog oJek. Oemikra"'l!lllaJak!Ql>JIlDI1iiiltii .ng oJok dl mempunyai pengarub yang negatif dati pada jarat<cterhpuh-dan jumlah pemakai jasa terhadap pendapataD tukang ojek. Tetapi jumlah tukang ojek yang mempunyai pengaruh/hasil yang negatif tersebut perlu dipertahankan. Sebab semakin banyak jumlah tukang ojek maka pendapatan akan menurun. Tetapi sebaliknya apabila jumlah tukang ojek sedOOr, maka pendapatan ntkang ojek akao meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics
300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Income
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 17 May 2016 07:26
Last Modified: 17 May 2016 07:26
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9301

Actions (login required)

View Item View Item