NARSO, DONATOES DWI (1999) ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PAA PENERBIT PERCETAKAN KANISIUS YOGYAKARTA. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
92.30.1345 Donatoes Dwi Narso COVER.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
92.30.1345 Donatoes Dwi Narso BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1345 Donatoes Dwi Narso BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1345 Donatoes Dwi Narso BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1345 Donatoes Dwi Narso BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
||
Text (BAB V)
92.30.1345 Donatoes Dwi Narso BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1345 Donatoes Dwi Narso DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
92.30.1345 Donatoes Dwi Narso LAMPIRAN.pdf Download (174kB) | Preview |
Abstract
Kemajuan dunia ilmu pengetahuan saat ini terjadi pada berbagai disiplin ilmu. Adanya perkembaogan di berbagai disiplin ilmu menyebabkan peran buku sebagai media untuk menyampaikan informasi mengenai suatu perkembangan ilmu sangat penting. Banyaknya jumlah penerbit dan percetakan buku yang semakin bertambah akhir-akhir ioi semakin melengkapi dan mendukung kemajuan tersebut. Selain itu kuaJitas buku baik isi maupun penampilannya juga mengalami peningkatan yang berarti. Di Daerah lstirnewa Yogyakarta, terdapat cukup banyak pen.rbit dan percetakan buku antara lain Kanisius, di Offset, BPFE-UGM dan lain-lain. Setiap pcrusahaan tentu berusaha untu a at meningkatkan penjualannya guna memperoleh laba, untuk III ena an k n8~d'upn ya. Dengon demikian setiap perusahaan di ~ untuk ~m,buat perencan strategi dan penganggaran yang tepat yang d at'1nengarahkan pada tujuan perusaruran alam usaha meneapai tujuan perusaha ~erusahaa~banfS rna aruk.., us8ha perilp,aran bagi produk yang dihasilkannya. -ampai san IOj kegiatan p~masar . yang 'Po iog senng dilakukan oleh suatu p. ahaanfjl3h melalui tu formula y g di!'.ie(j ~gan formula 4-P. Formula 4 Ittl terdiri ri fJroducl (pro uk). Price (har,f-a). dan 1. amelll (tempaU lokasi), da Eromoli II (promosi). etilpi p~d, 'khi', taliun U 97 telah terjadi perubahan 5 ra Tad' al pads' ngan .onomi Ind~nesia ;seear8 makro yang rnernbawa d~ipak I~Ung ~ iklfrn usah, Hal itu d tandai a gan rnelernahnya leurs Rupi~ secara radiP.I terfiadap ..... US Dollar, aog ke dian membawa Indonesia k ' alam s tu situlSi- luisi •. Untuk itu; bagi sebu~ perusal,.an atau sebuah organi si unit ~5aha perlu merencanakan dan me muska" kegiatannya secara lebih h t. ati. Bagl'an dal"l"Ta~lijjersah"'n yang m;A}rirna akibat seeara langsung adan. rubahan l~gkiing~e~JI /dalah bagifn pernesaran, karen, pada baglan 1m terCl_l ' t fungsl urimk""men-gl{omurukaslk~ an mengena1kan produk yang dihasilkan kepa konsurnen. ~ara yang b!f')'i!t dilakukan oleh perusahaan untuk memperken'l~d!li!."'l!'engkOrnu~ · II dukuya ad.lah dengan mclakukan promosi. egiatan1h~i.!}iB njadi semakin vital terutama dalarn siluasi krisis ini, karena banyak konsumen yang harns kembali diingatkan tentang kebutuhannya akan informasi lewst buku - buku selain berbagai hal pokok tainnya. Berdasarkan hal-hal tersebut diatas dapat dikatakan bahwa promosi merupakan faktor yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran perusahaan. Jadi promosi merupakan salah satu aspek penting daJam manajemen pemasaran dan dapat dikatakan juga sebagai proses berlanjut. karena promosi dapat menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan. Bentuk-bentuk kegiatan promosi yang dilakukan penerbit Kanisius adalal. perikJanan di rnajalah, spanduk. poster, pameran, sponsorship, penyelenggaraan diskusi buku dan reser:si buiru, pemberian brosur dan kunjungan persona] seller. Kegiatan promosi yang dilakukan tersebut tidak lain bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Di dalam promosi terdapat beberapa variabel yang dikenal dengan istilah Promotional Mix. Definisi Promotional Mix adalah sebagai berikut (Radiosunu, 1986 ~ 204) v p,.omotioual Mix adalah kombinasi alat-alat yang dapat digunakan dalam komunikasi persuasif. Promotional Mix tcrdiri dari empat komponen yaitu periklanan, personal selling. publisitas, dan sales promotion. Dari uraian di ntas dapat kita ketahui bahwa diperiukan penelitian untuk dapat menganalisis pengaruh variabel periklanan, promosi penjuaJan dan personal selling terhadap volume penjualan. Untuk itu peneliti merumuskan rnasalah sebagai berikut : I. Apakah kegiatan periklanan mcmpunyai pengaruh yang signilikan tcrhadap volume penjualan. 2. Apakah kegiatan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan. 3, Apakah kegiatan personal selling mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan. 4 Apakab kegiatan perikl~nan, JJ9 JOS enj~alan dan perso"al se1li11? secara bersama-sama mem~yau[~ ruh yan Sl ruf1E!n~ erhadap volume penJualan. Kegiatan p~om $ g akan diteliti adalah perTraa promosi penjualan, dan pcnjllalan personal , pe sonal selling) yan variabel-varia'oetn terdiri dari : I . Kegiat an peri ¥1an 7m liPUt' : a. Iklan di maJ'!.kh ~ b. spa~'h poste .- ") Kegiat3 ~mosi T~ua,an tpelipu . ,.. a. Pamer b. sponst ip- '. '?' c. Disku Ian rese~i buku J. Keglata njualan ertsonal f11efipuli . a. Brosu ) b. KUnjUn~en~ga p-enjucilan Rersonal ersona! seIlerr 4. Data untu enelitian .i\eliputi au e ~~ualo/~iaya per' an, biaya promosi penjualan d $ia ,a~ pers nal selhng-""Se-Car#'1ahUnan. ~ahun 1993 sampai densan tahuo 1 . t.. Sebagai hi pot i\ ~enelitian ini I'd.pat ?uli.s... yatakan bahwa variabel periklanan, promosi pen ua n,. 'Sonal selliJl ersebilt berpengaruh terhadap volume penjualan. Dengan menggunakan alat analisis regresi berganda dengan batuan program komputer Statistical Pakages for Sosial Science (SPSS) dengan rasio : y ~ -3171146,526'" 117,448603 XI ... 98,484295 X2'" 43,641661 X3 1. DaTi sini dapat dilihat nilai t 1li1llr15 variabel periktanan adalah 13,604 sehingga Ho (b=O) atau hipotesis yang menyatakan tidak ada pengaruh variabel periklanan terhadap volume penjualan gugur, sehingga Ha (b;t:O) yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara variabel periklanan terhadap volume penjualan dapat diterima. 2. Nilai t h,lun& variabel promosi penjualan adalah 18,870 sehlngga Ho (b=O) atau hipolesis yang menyatakan tidak ada pengaruh variabel promosi penjualan terhadap volume penjualan gugur, serongga Ha (b:;e() yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara variabel promosi penjualan terhadap volume penjualan dapat diterima. 3. Nilai t hilUng variabel promosipersoflal selling adalah,.5l,.91TSehingga Ho (b=O) alau hipotesis yang menyatakan tidak ada pengaruh variabel personal selling terhadap volume penjualan gugur. serungga Ha (b:;t;O) yang menyatakan ada pengaruh yang signitikan antara variabel personal selling terhadap volume penjualan dapat diterima. 4. Variabel periktanan, promosi penjualan dan personal selling seeara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini dapat dilihat dari Fhitung sebesar 432,35007 sehingga Ho (Fhitung ~ 0) yang menyatakan tidak ada pengaruh anlara periklanan, promosi penjualan dan personal selling seeara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap volume pcnjualan gugur. Dengan demikian rnaka Ha yang menyatakan ada pengaruh secara bersarna-sama antara variabel perikianan, promosi dan persollal selling terhadap volume penjualan diterima. Berdasarkan menarik kesimpulan yang dapat be,,~un a'b1 1. Perusahaan perhatian 2. Untuk baik , prioritas promosi terhadap berup. (majalah) promosi lokasi dapat dan setelah bab sebelumnya, dall setelah . memberikan beberapa saran dan unruk semakin sernakin menarik dengan . hendaknya variabel jni Prior:tas yang pada iklan di dapat berupa media untuk mengenai biaya lebih kecil penjualan. 3. Dalam sebaiknya dilakukan seeara bersama-sama dengan pel~ u alan, karena setelah diuji seeara parsial. personal selling berpengaruh lebih keeil dibandingkan dengan promosi penjualan terhadap volume penjualan. KuaJitas tenaga penjualan personal dan penampilan brosur dapat ditingkatkan. peningkatan yang diperlukan adalah pemberian bekal pelatihan dan penerapannya dalam tugas. Perusahaan dapat mengopcimalkan fungsi tenaga penjualan dengan diberi tugas untuk mengadakan riset pemasaran. Riset ini bertujuan untuk menampung baik minat dan kebutuhan konsumen atas produk yang disampaikan kepada tenaga personal selling.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Budgetting |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 12 May 2016 01:15 |
Last Modified: | 12 May 2016 01:15 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9209 |
Actions (login required)
View Item |