SOEJANTO, - (1998) HUBUNGAN FAKTOR HARGA, KUALITAS, DAN PROMOSI DENGAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SIKAT GIGI (STUDI KASUS DI KELURAHAN KEMBANG SARI, KECAMATAN SEMARANG TENGAH). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
92.30.1287 Soejanto COVER.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
92.30.1287 Soejanto BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
||
Text (BAB II)
92.30.1287 Soejanto BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
Text (BAB III)
92.30.1287 Soejanto BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (BAB IV)
92.30.1287 Soejanto BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
||
Text (BAB V)
92.30.1287 Soejanto BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1287 Soejanto DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
92.30.1287 Soejanto LAMPIRAN.pdf Download (288kB) | Preview |
Abstract
Konsep p.masarnn adalab sualu fal,afab bisnis yang m.nyatskan babwa pemuas kebutuhan konswnen merupakan syarat ekonomi dnn sosia! bagi kelangsungan hidup suatu pCJUlIahaan. Persaiogan yang sangal ketal juga dirasa oloh industri sikat SiSi, hal ini t.rlihat s. makin banyaknya produk.ik &iSi b.redar di pasaran s.lain itu masiog-masing perusahaan sikat gj . JlD kOglatao osi yang geDear, baik ~.Ialui media mas •• , radi .Ie Ca.i bahkan m.lalui iklllO Y' 8 t llSang di Jalan-Jalan raya. Untuk 'Ill p nndnslIl h8lll8 I1erusaba m.rangsang I1lJnat beh konsum.n terbadop produk.. gigi y m.rekaj .... agar pro~a d' I . oleh konswnen dan kepuasan / en dopat terpeDubi diI pombolian roduk sika yang dopat menimbulk au m.n oro~B pof!imbahg8h"liol1llllllOll dal pem~ produk dalam hal ini ad 8h produk Iiik gig;- _ J {t Deogan meng.tabu 'ikop dan p.ril~~~ sikat Is; di 01 mska perusahaan dapat menentukan ~~ pene~~8Q liargs,p r.omosl, l"Ualitas, pasar serta saJuran distribuainya se ~ lebih baik. ' Adap,,!, permasalaban yang u,';dapl)"'1JS ~~. ,~ deogw' k.putusan konsumen dahlIn pembelian produk sikat gigi ? 2. Seberapa besar hubw18an keeratan antam faktor kuaJitas dengBD keputusan konsumen daJam pembelian sikat gigi ? 3. Seberopa besar hubungM keern1an ardara faktor promosi deng:lll keputusan konstunen dalam pembelian sikat gigi? Manfaal Penelitian 1. Bagi perusahaan Memberi masukao dan babao pertimbangao bag; perusabaan faktor-faktoT yang mempengaruhi dengan keputuean konswnen daJam pembelian produk VI sikat gigi. sehiogga dapat membantu perusahaan dalam menjalankan strategi pemasarannya dalnm memasarkan produk aika! gigi. 2, Bagi penulis. Penelitian ini diharapkan dupat menambah wawasan pengetDhuan dan cakrawala paodangan penulis dalam menerapkan ilmo pengetahuan yang didopal dari bangku kuliah 3. Bagi konBumen sikat gigi. .A. Penelitian ini diherapkan dap~~ peitimban dalam melakukan pembe·l1D mbaJi sikalgigi. DaJam penelitian ini hipo !s YIlIl8 di.yukliii.d:ia"h'- s-e-bagai berikut : 1. Ada bubungan eral dan oBitif anlanl fiokIor harga dengan ke konsumen d~ pe~beli sikat gigi 2. Ada hubullgan Y fuktor kualitas de an kep ~an konswnen daJ pembelian sikarH . , -,.- 3. Adahubungan eral dan ~i>SiIif'antilr.lfektoc Rr lDoIi de."an kepu . an kODsumen dalam beli .. . ikal gigi. .~ Definisi OperdSional d Peneliti~inj ~ /' ~ .IJ .. Fektor Hnrga - ( Hargayang dimaksud p.nu ·s~1IIIl. enelitian ini adaJaIr-ml.. barang yang ditentukan alan di beli dari .ikal gigi tcrsebut pada saat penelitian. b. Fektor KuaJitas Kualialas yang dimaksud oleh peDuli. dalam peDelitian ini adaJah mutu alan keawetan dari sualtu produk yang bersangkutan ( sikal gigi ). c. Faktor Promosi Promosi yllflg dimaksud oleh penulis dalam penelitian ini adalnh usuha Wltuk: memperkenalkan dan memasarkan produk sikat gigi melalui suatu iklan Sehingga konsumen dapa! memberikan penilaian apakah promosi promosi tersebut tidak menarik, menarik dan sangat menarik. d. Kepulusan pembelian KepubJ.san pembelian adalllh merupakWl suatu kegialan individu yang s.cara langsUl1g t.rlibat dalam m.ndapatkan dan mempcrgunakan banmg Y""8 ditawa.-kan dalam hal 1m adalah kepulu.an dalam melakukanpembelian sikat gigi. Tcknik sampling yang digunaksn dalarn pe'i'itiae digunakan teknik simple random sampling dan proporsional B rp(,..\edangkan alat analisisnya menggunakWl Chi knadrat dan Koefi" n~Kontig.iiSi ( C ):- .... Dan uraian dan basil iSiVt.rhadap 130 respondeD dan li'ntang hubungan fuldor barga, kwalitas dan omosi dengM-r.;,umsan ~eD dalam produk ,ikat gigi dapa! di ik kesimpul' sebagai " 1. Identitas respon ( P.nggolonsan kelo pok lIT konsWDOn mb~ produk .ik adalah kelompo 5 - 29 blINn (2~ %) serta kelompo ur antara kelompo berumur 5 19 tabun (20%). Jeis ~Iamin ita yan'g,Paling banyak meDl~r produl0oika! gi~ (72.3 %). Status marital s~en yang terbo . 3!ah~g.lUdah kawiD J ,3%). TingkAl pendidiknn yllll e besaT ~ talliiif' SLTA bcr~1fnil (47%). Seb!l8inn besar jenis p.kerj kon.umen a<lalah kary",:!* m::;ta AlOll buruh (31,5%). Pendidikan konsumen y sac adalah SLTA (47,7%). Sebagian beaar konsum.n pembeli produk sikal gigi m.miliki pendapalan antaraRp 250.001- 500.000 (43,8%). 2. Keputusan pembelian Produk ,ikal gigi Y""8 paling be, ... adalah pepsodcnt (43,1%), k.mudian disusul Jordan (35,4%) dan Y""8 terakhir adalah Oral-B (21,5%). Kooswnen paliog banyak melakukan pembelian di Supermarket (73,9"10) dan iklao yang memponsaruhi keputusao kooswneo dalam pembelian produk sika! gig; adalah koran (34,6%) scrta televisi (28,5%), hal ini dimungkiokan sobogiao besar konstuncn senang membaca infonnasi media c~tak serta sering menonton tolevisi. ) , HubWlgan antara faktor Marga, Kualitas dan Promosi dengan keputusan konswnen dalam pembelinn produk sikat gigi. 3.1. Hubungan faldor !mrga dengan keputusan kOllSUlllen dalarn pembelian produk sikal gigi terbukti signiflken dengao tingkal keeralan yang cukup kuat. Terbukti dan basil perhitungan dengan menggunakan analisis Cbi Square (X') dan koefisien kontingensi (C), dengan hasil X' bitung 14,55 > X' tabel 9,49 dan nilai kO"koJ>~ngeD'i ( C ) ~ 0,32 yang berarti mempunyai hull¢!'8an-ysn?cukup kU9t!:l an keputusan konsurn.n daJam pe 601ft: produk sikat gigi. 3.2. Hubungan faktor ~jllitas dengan kePutusBll k onsumen dalam embelian produk ,ikat . tlrbakti ~ tingkat keeralan"y ukup kuat. Terbukti an basi perhitunglll"JlIID menggun nnali,is ~i Square (X') Han koe sieD kontiua~o i (<!: ), dengan h il 'X' !u.g 16,58 > X' t 9,49 an nilai kOefisieD konti...,i ( C -r:-- yai h ungan yang cUkup I;\en ] ep an konswnen dalam embelian proCluk ~ 3.3. Hubungan fakt~ omosi deogan k. uwsan 7n dalam elian berarti me produk sika! gigi te i .igniflknn Hengall'1illgkal kcernt ang cukup kuat. Tcrbukti dari has Square ( X' ) dan koe ISlOn kon X' hitung 13,38 > X' tab.1 4,49 dan nil.i koefi,ien konlingensi ( C ) ~ 0,30 yang berruti mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan keputusan konswnen daJam pembelian sikat gigi. Dari" anaJisis dan kesimpulan di atas, dapat diajukan saran yang mungkin dapat bersun. sebagai masukan atau sumbangan pikiran bagi perusahaan I produsen penjuai produk sikat gigi. a perusahaan bondakny. telap barns memperbatikan harg. juai produk ,ikat gigi terhndap konsumeo, .upayabarsajual produk dapa! terjangkau oleb konsum'D golongan ekonomi kebawahl lemah sehingga segmen pasar berpendapalan kurang dari Rp 250.000 juga dapat tercover. Hal ini dapat dilnkukan dcngan sokali waktu mengadakan kampanye penjua1an "Bulan Promosi" yang memberikan diskon cukup menarik, sekaJigus untuk menjaga harga dan citra produk. b. Perusahaan 1.lep menj aga mutu / kualitas produknya dan seharusnya sekarang rnenyempurnakan produknya atau memperbaiki kualitas I mutu melalui inovasi terhadap model, agar lebib dapat menarik minat konswnen dalam pembelian produk sikat gigi. c. Perusahaan henduknya dalam Jj.~ ~rS:"i'! ~~~~lakukWl inovasi terhadap faktor promosi, agar lebih dapat menarik konsumen dalam pembelian produk sikat gigi misalnya dengan mengadakan undian berhadiah, ataupun pemberian diskon untuk pembelian satu dosin
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Executive management > Total Quality Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 12 May 2016 01:22 |
Last Modified: | 12 May 2016 01:22 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9184 |
Actions (login required)
View Item |