PURWANINGSIH, IBNU (1997) ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SUPERVISOR TERHADAP PRESTASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. HOTEL PATRA JASA SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
92.30.1227 Ibnu Purwaningsih COVER.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
92.30.1227 Ibnu Purwaningsih BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1227 Ibnu Purwaningsih BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1227 Ibnu Purwaningsih BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1227 Ibnu Purwaningsih BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
||
Text (BAB V)
92.30.1227 Ibnu Purwaningsih BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1227 Ibnu Purwaningsih DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
92.30.1227 Ibnu Purwaningsih LAMPIRAN.pdf Download (713kB) | Preview |
Abstract
Dalam sebuah organisasi terdapat dua pelaku utama kegiatan atau aktivitas dalam organisasi tersebut. Pelaku utama tersebut adalah pemimpin dan anggota. Demikian juga hal dengan perusahaan, didalamnya terdapat atasan (pimpinan) dan bawahan atau karyawan (anggota). Dalam mencapai visi, misi dan tujuan perusahaan diterapkanlah fungsi-fungsi manajemen oleh para pemimpin. Dengan penerapan fungsi-fungsi manajemen yang tepat maka akan te rjalin hubungan yang sehat antara pimpinan dengan menj ad i Ada kerjasama, interna 'r#5' masing motivas i an-peratur tersebu t bentuk atau apa yang dicapai . hubungan Faktor individu peraturfaktor (.. suatu yang tidak menguntungkan atau merugikan satu pihak, tetapi semua pihak dapat memperoleh hasil yang memuaskan. Para ahli umumnya mengakui bahwa kepemimpinan sebagai seni mempengaruhi dan mengarahkan orang dengan cara kepatuhan , kepercayaan, hormat dan kerjasama yang bersemangat dalam mencapai tujuan bersama, seperti menurut Edwin A Fleishman, Kepemimpinan adalah upaya mempengaruhi kegiatan pengikut melalui proses komunikasi untuk menc apai tujuan tertentu (Gibson, 1989; 334). Sedangkan para praktis i biasanya mendefinisikan pemimpin sebagai orang yang menerapkan prinsip dan tehnik yang memastikan motivasi, disiplin dan produktivitas jika bekerjasama dengan orang, tugas dan situasi agar dapat mencapai tujuan organisasi. Hubungan kerjasama yang akhirnya dapat dibentuk antara pimpinan dan anggota akan membuahkan suatu tampilan kerja (performance) yaitu prestasi kerja. Prestasi kerja (performance) karyawan merupakan keberhasilan dari kegiatankegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang berkenaan dengan ketenagakerjaan, yaitu penarikan karyawan, pengembangan karyawan dan pembent karyawan menjadi kelompoktepat ~ merupakan umpan balik g a4-i~uka :'""~--' anajemen perusahaan kelompok kerja yang dari dan antara antara karyawan tersebu t pin anggota sebagai semakin kerja sama kerja pun kerjasama ~~maka akan gay a terhadap emosional mana para puas Dengan melihat diangkat judul "Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Supervisor terhadap Prestasi Kerja dan Kepuasan Kerja Karyawan". Dari penjelasan di atas maka permasalahaannya dapat dirumuskan sebagai berikut : Apakah ada pengaruh yang posit if dan signifikan antara gaya kepemimpian supervisor terhadap prestasi kerja dan kepuasan kerja karyawan. Dengan hipotesis Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan supervisor dengan prestasi kerja dan kepuasan kerja karyawan. Prestasi kerja dan kepuasan kerja karyawan akan diteliti secara terpisah karena kepuasan kerja tidak selalu merupakan dampak langsung dari prestasi kerja. Dalam gaya kepemimpinan terdapat beberapa aspek yang menentukan berhasik tidaknya seseorang menjadi pemimpin. Aspek-aspek tersebut adalah hubungan pimpinan-anggota, struktur tugas, struktur kekuasaan posisi, keefekt if an gaya kepemimpinan dan pengendalian terhadap tuntutan dan tekanan lingkungan kerja. Aspek hubungan pimpinan-anggota merupakan faktor situasi . yang menunjukkan rasa hormat dan kepercayaan yang ada dalam hubungan pimpinan-pengikut. Aspek s truktur tugas me .:.u p~a ~.~k~t~o~r~;,situasi yan g menun- jukkan tingkat d "'a-:ha ko/ mpon~en darI atu peker jaan yang khusus tujuan aspek merupakan kungan kerja dan anal isis korelasi Aspek posisi menentukan yang kepemimay kepemimmencapai _ Sedangkan ngan kerja lingtujuan bebas dengan berganda, sedangkan untung menguji hipotesis digunakan uji F, untuk mengetahui seberapa besar konstribusi variabel bebas pada variabel tidak bebas digunakan koefisien determinasi. Penelitian ini dilakukan terhadap 70 karyawan (pelaksana) dari . PT. Hotel Patra Jasa Semarang dengan menanggapi beberapa pertanyaan berdasarkan perilaku kepemimpian supervisor mereka selama ini. Pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan pada indikator-indikator dari setiap aspek dari gaya kepemimpinan supervisor, dari prestasi kerja karyawan dan kepuasan kerja karyawan. Dari 58 pertanyaan yang mewakili gaya kepemimpinan supervisor, prestasi kerja dan kepuasan kerja karyawn ternyata terdapat 10 item pertanyaan yang gugur dalam uji validitas dan uji reliabilitas. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil berikut ini : sebagai - Secara keseluruhan para supervisor mempunyai kemampuan yang cukup baik dalam memimpin anggota kerjanya. Ini terlihat dari semua aspek yang ada dalam gaya kepemimpinan sudah dapat diterapkan atau Para dengan Dari Y1' = Y2' = 13 , 606 - 0,979 Xd + 0,322 Xe Dimana : Yl' = Prestasi kerja karyawan. Y2' = Kepuasan kerja karyawan. Xa = Aspek hubungan pimpinan-anggota. Xb = Aspek struktur tugas. Xc = Aspek struktur kekuasaan posisi. prestasi kerja i saat ini. kerja bahwa ada kepe( r = Xc + Xd = Aspek keefektifan gaya kepemimpinan supervisor . Xe = Aspek pengendalian tekanan dan tuntutan lingkungan Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan supervisor dengan prestasi kerja karyawan, dimana F hitung (5,36406) > F tabel (2,21) . Dan gaya kepemimpinan supervisor mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan angan kepuasan kerja karyawan, dimana F hi tung (6,50799) > F tabel (2,21). Besarnya konstribusi gaya kepemimpinan supervisor terhadap prestasi kerja karyawan sebesar 24,026 %. Dan besar konstribusi gaya kepemimpinan supervisor terhadap kepuasan kerja karyawan sebes menghar g individ u kan fat Patra Jasa penentuan jenis disesu a ikan dengan untuk memimtu, j uan t-:p.rjs. dhl"! k e - dan memotivasi dan saling a s ing-masing memberidimana bersiketrampilan d an harapan individu tersebut, meninjau kembali kondisi ruangan kerja karyawan apakah masih dapat mendukung efektifitas dan efisien kerja karyawan. Pihak manajemen PT. Hotel Patra Jasa sekiranya dapat menyediakan prasarana dan saran bagi terwujudnya upaya pengembangan dan peningkatan kemampuan dan ketrampilan para supervisor, karena ternyata kemampuan dan ketrampilan para supervisor ikut juga menentukan berhasil tidaknya para karyawan mencapai prestasi kerja dan kepuasan kerja
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics > Job satisfaction 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Leadership |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 12 May 2016 01:30 |
Last Modified: | 12 May 2016 01:30 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9167 |
Actions (login required)
View Item |