STRATEGI PERUSAHAAN PELAYARAN PT. BAHARI HALUAN SAMUDRA CABANG SEMARANG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN

BUDI L., PUTRANTI ADI (1999) STRATEGI PERUSAHAAN PELAYARAN PT. BAHARI HALUAN SAMUDRA CABANG SEMARANG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
94.30.2138 Putranti Adi Budi L. COVER.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
94.30.2138 Putranti Adi Budi L. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2138 Putranti Adi Budi L. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2138 Putranti Adi Budi L. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2138 Putranti Adi Budi L. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text (BAB V)
94.30.2138 Putranti Adi Budi L. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
94.30.2138 Putranti Adi Budi L. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
94.30.2138 Putranti Adi Budi L. LAMPIRAN.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Alat pengangkutan dalam dunla perdagangan sejak jaman dahulu memegang peranan Bansat penting. Alat pengangkutan selain berfungei Bebasa! alat angkutan dan penylmpanan barens, sekarang alat pengangkutan juga berfungsi aebagai slat pemasaran dan dletrlbuei Buatu barang untuk dapat sampat kepada konsumen stau paser eaearan, guns perkembangan dan kemajuan Buatu ussha. Kandle! krls1s ekonoml pada BBst In1 yang mensakibatkan beberapa kegiatan ekonoml mengalami kontraksi yang tajam stau mengalami berbaga! hambatan. rupanya tldak terlalu berpengaruh buruk pada kegiatan pelayaran. Era slobal1aftel dlmana gaungnya semakln terasa dlpenghujung abad 21 In1 . yang dltandal dengan paser bebes. pereaingan yang semakin kompetltlf dan ketat. Membuat PeruBahaan Pelayaran PT. Baharl Haluan Samudra Cabang Semarang yang baru Baja menjadl uaahaan pelayaran f eeder dengan slstem container harus me l apkan strategl, agar dl era globallaaei dan dlten on asi kr 1ei s eruaahaan dapat bersains serta beroperas eecara optimalr. Secara umum. Pjrusahaan Pe.1ayar an PT. aJlar 1 Haluan Samudra Cabang Sema~g yang~S~6k dalam ~D iBniB jasa anskutan laut. harp,!!! menge,t'Mui dan memanta. kekuatankekuatan faktor eli\;ernal ang pokok sun",,- meli peluang maupun ancam tantausan yans berpengaruh erhadap blanisnya. Sela ItUr' ~8a harua getahu dan memantau pemeran- pemeran '\f~tbr nternal.. tuk menget u1 k emahan maupun kekuatan cra ~BlU.. rusahaan. Salah satu ~aya ntuk _ I'llanal\l:a a Buatu , ond usaha adalah dengan t1nembu t SNOT anl).JT8:J.e yP>g II rupakan akron1m dar1 str J?BhtB (kelruatan,. wea.tness,!B (ke~ ahan). opportunity ~peluanB) threat" (anC¥,an/tati angan). Ana11s1s SWOT a a~ 1p ent 1!1kae1 berbaga l faktp s ecara sistematls untuk umU8~in Btr4te g~, peru~ahaan j( angkutl. 1997: 18) . Anal1s1 SWOT e angat· p n t1.'ng / dUaku karena dapat membantu mens ~sa faKto r-fak~Q strates i perusahaan (kekuatan . kelemahan. ~e uang dan tantangan) menetapkan strategl yang cocok bagt perueahaan Masalah yang dlh d rueahaan ~~ In1 adalah Apakah perueahaan menlla1 i ~~::gPan (yang terdlrl dar! produk/J aas. harga . promos l r ~ distribusl). bidana operasi ona l dan bidang keuangan mengandung ke kuatan ataukah kelemahan dalam mendukung daya sains? Apakah perusahaan men11a1 faktor eksternal yang me11putl faktor pol1t1kl pemerlntah. ekonoml. pereaingan. geograf1 dan tekhnologi aebasai peluang ataupun tantangan yang dapat mempengaruhl kemampuan bereaing? Strategl apakah yang cocok baSi perueahaan dalam upaya penlngkatan daya aaing? Tujuan dari penelltlan 1ni adalah untuk mengetahul kekuatan dan kelemahan yang diml11ki perusahaan dengan cara menganaliaie faktor internal perueahaan mellputl b1dang pemaaaran (yang terdlrl dari produk/jaea. h a rsa. promos1 serta dietribuel). bldang opersBional dan bldang keuangan. Untuk mengetahul peluang dan tantangan yang dlhadapi perueahaan dengan cara menganalieie faktor eksternal mellputl faktor polltlk/ pemerintah, ekonoml, pereaingan, geografl dan tekhnolosl. Menetapkan etrategl yang cacok bagi perueahaan guns mendukung days aaing. Melalui penelitian studi kaBuB. Tekhnik pengumpulan data yang dlpergunakan. dengan melakukan wawancara yaltu auatu percakapan yang dlarahkan pada Buatu mesalah tertentu dan pembuatan kueetloner yaltu cara pengumpulan data dengan membaslkan beberapa pertanyaan kepada pihak yang berkepentlngan/reeponden. Tekhnlk anal iss data yang dlgunakan adalah pertama dengen cara melakukan Identlfikssl dan penl1aian terhadap faktor internal perusahaan dlbandlngkan dengan perueahaan peealng dan melakukan identlfikB.el dan penl1aian terhadap faktor eksternal yang mempengaruhi kegiatan peruaahaan. Kemudlan haell dari penilaian faktor lnternal-eksternal akan dihitung dalam tabel Matrik prof~l ompetitif guna mengetahui posisi relatif perusahaan yan rftianaliB1B, dlbandlngkan dengan peruBehean pesain e n~ut y elakukan anallais SWOT yeltu l dentlfikas1 meng~nai keKrratan 7 kelemahan yang terdapat dalam peru ah~an sert~ identlfika~1 peluang dan ancaman/tantangan eng dihada i perusaha kemudlan has11nya d1masukkan'ike da"la,m...Matrili '"SWOT untuk mensetahul alternatif Btrat~g I yang dllpat d1lakukart oleh perueahaan. Guna mengetahul~ ateg1 yang coo IE ba,gi perueahaan, hasil dari nilai total re pembobotan ! alem tabel Mat? rofi1 Kompetltlf dlmae an ke dalsm Matrlk In~rnal- rsternal ~:~:~. tujuan un (: men etahui 8t~atep perus aan Shg Ieblh HaBl1 dar tab~ Matr~~ Profi1 Kom~titi~ Faktor Internaldapat dllili)it. tota:l nila! skore pe bobotan faktor internal dar! ~rUeahaan leb1h tingg sed1k t dar1 perueahaan pesa yartu otal skore perusanaan 3 ;'344 dan pesaing 3,335. He in1 menandak~wa kondiel ~rU6ahaan hampir tidak ja be~beda ~r~~~Bahaan pe~g. Oleh karena ltu perUB aan haru ~ruaaha s lbaik-ba k'hya daism memanfaatkan kekua dan, Juga~erueaha r eminimalkan kelemahan yang ada, a~ dapat mendudUki posie yang lebih tinggl dari peruBahaan p~aai~g. Hael1 dari tabe l a .k--Fr~fi ompetitlf Faktor Eketernal total skore nilal mbo_bOtan faktor ekaternal peruaahaan 3,22 dan dapat dl1ihat bahwa tantangan yang dihadapl oleh peruaahaan seperti pengaruh sltuQei politik yang labil, inflsei deIsm negeri dan kondiai krls1a ekonomi merupakan tantangan dlluar kendali peruaahaan. Oleh karena ltu perueahaan harus dapat menghadapl situael yang tldak menguntungkan tersebut dan mengatasi tantangan faktor ekternal Iainnya dengan lebih hati-hatl dan selektif. gehingga dapat memanfaatkan peluang dengan lebih efekt1f. KKKUATAN - Kualitse pelayanan dari jasa yang dlberikan perueahaan lebih ball,. - Kondie! 8araDa dan prasarana perusahaan agak leblh balk. - Jass purna jual yang dlberikan perusshaan leblh balk. - Harga yang dltetapkan perusshaan agak leblh balk. plekoQ borga yapg dlberlksn perusahaan asak leblh balk. Kesempatan untuk melakukan tawar menawar harga yang dlberlkan perusahaan agak leblh balk. - Frekuensi promos! perusahaan yang agak leblh balk. - Efektlfitas media promosi yang dipakai agak leblh baik. - Kastrategisan lokasi perusahaan yang lebih balk. - Kemampuan untuk mempertahankan paasr yang leblh balk. - Kemampuan perusahaan untuk memperlu8s daerah pemasaran yang agak lebih baik. - Volume penjualan yang agak leblh balk. - Kondis1 aBet operasional yang agak lebih balk. KELEMAHAN - Kemampuan tenaga pemasaran yang agak leblh buruk. - Kemampuan tenasa operasional yen asak leb1h buruk . - Perkembansan aset operas1onal / ~~.'-h::a=a:n: -"a1ga k leb i h buruk. ANG ~ ~ - Pengaruh peraturan merint ah di dalam n'eO~'l yang aaak lebih balk. ~ - Pengaruh flukt~as ate Ua gr rup1ah t~~adap d yang agak l ebih baik. Pe ngaruh kondi pasar yang agek leb~ - Pos1s! perus:- latin a 11svah barat y ~lli. I - Posisl peruse Semaran - oaka a yang lebih bal!t. I - Pensaruh !tond d~ I ndonesia ~i la ah bd t yang lebi h baik. r- - Pengaruh 1ton ~ i geo vatl d4: Ihdonesia wi l 'yah t r yang agal, l eblh bai ~ J - Pengaruh !tondi" eO gr af~e~..,.pan per a iran uBantara yang lebih b a1k. ~..J.......,,--' "" ~ re= ANC~ ( - Pengaruh 51 t tlasl po l !t dl da laml n a geri"y!Il labil a gak leb1h o uruk . ".,.- . _. .1 - Pengaruh kondie1 krls ~mo~~~n~~ ak leb h buruk . Pe ngaruh inflasi dl dal am nege'r1."""~ aga]{ l eblh buruk. - Po sl s l pe rusahaan dl Indonesia wllayah timur yang agak l "blh buruk. - Pos is1 pe rusahaan dl pasar Iuar negeri yang leb1h buruk. Ke mudiar. darl hasil anal1sis Hatrik SWOT dapat d111hat berbaga! alternatlf strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan , dengan c ara memadukan berbagai elemen yang ada Hasil Alternat1f Strategi -Kualltas pelayanan. -Kondiei earana. praaarana. -Jaas puma jual. -Harga. -D1Bkon harga. -Tawar menswar harga. -Frekuenei promosi. -KfektlfltaB medla promoBi . -Kestrategiean lokaal perusahaan. -Kemampuan mempertahankan pangsa pa.sar. -KemampUan rah -Kemampuan tenaga an. -KemampUan tenaga opo,r'LB1-1 anal. -Perkembangan aaet operl.-i sional. ~~ 'I~~~~~~~~~fi:! -Peraturan pemerintah dl dalam negeri. -Fluktu8si mats I«) dan perbaikan Berta guna Rupiah thd dollar Baing. -Pensaruh kondlBi ~,'ar luar negeri . -Poaisi perueshaan Indonesia wllaye.h b~~:. -Posis1 perusahaan j feeder -Pensaruh IndoneBia wllayah -Pensaruh kondlBi fi Indonesia -Pensaruh Indonesia dan perairan nusantara. r,. I J \ I' \1. TAHTAIIGAN SI.'RATl!GIWl -Pengaruh sltudsi di dalam negeri. politlk -Strategi penambahan -Perbaikan kualltas -Pensaruh kondlBl krlB1B ekonomi. -Pensaruh intlaBl dldalam negeri. -Poaisi perueahaan di Indonesia wilayah timur. -Poslsl perusahaan pasar luar neger!. jaaa dan stau bekerja Bama pemasaran dan dengan peruaahaan lain BU- operasional agar pays dapat meraih melayani dan gan lebih banyak, sebingga konsumen Iebih baik meraih posisl yang Ieblb meralb posisi yang baik dl pasar tingg1 dar1 pesaing timur dan pasar luar Indonesla wllayah timLurl negeri. dan paaar luar negeri. Berdaasrkan SWOT Mstr1k teraebut d1atas dapat dieusun empat alternet1f Btratesi yaitu SO. ST. WO. WT. Perueahaan dalsm hal 1n1 d1beri kelelu8eaan untuk memilih strates1 yang Beaus1 dengan kond1si peruaahaan. Maa1ns-maelns atrates1 dalsm 1mplementssi aatu sama la1n. Hae11 Penetapan Strategi IIatrik Internal-I!katernal TOTAL SKORE FAKTOR STRATEGI INTERNAL Rata-Rata ~-- 4.0 Baik 3.0 Soma 2.0 Buruk 1.0 •• BesS!' I I Pertumbuhan II Pertumbuhan III Penciutan TOTAL SKORE FAKTOR STRATEGI EKSTERNAL !> . .l. - - - __ J 3.0f--------l-A-----+-----1 Rata-Rata Soma Dari 1 anafiBls Matr Ppofll Kqmpetiti total BkOl'if fakt~ inter ruBahaan ~. 344 d imana total dlmasukdll1hat skare fak ta ~ ekBt~rnal perusahaan 3 . 22 Be e l ah kan ke di Mat rlk Internal~~sternal dapa bahWd peru san berada pada eel II, - Pade str es1 ~rtu.buhan ya~tu: Strall!lesi y s dldeaa1n untuk _ ..J\capal ~ t umbUhan baik dal\.m penj ualan. asset ~ prof£t. · at au omblnasi ket1ganya. Hal in1 dlcap~ i de aan cara mempertahe an har a l ana b~real~g . ~»tembangkan praduk/Jasa. m~nlnsk~tkan~1 1 s produkrjasa. jass purns jual yang lebih bal li stau men , 'atkan skees pasar yang Ie l,h luse gUns men1ngk ken kekuatan blsnianya. de @tap me alwk pengontrolan pengeluarsn biaya aan ~~ ~ y ngr tIda~ efisien . - Tetap me mpe rtahankan~a yang bersaing stau menurunkan harge sampai batas tertentu. bagi koneumen yang Benaitif terhad8P harga. - Me lihat kandIs1 Internal peruaahaan. kondia1 paaar dan peraaingan. peruaahaan dapst melakukan penambahan jasa yaitu dengan tetap menjedlakan jaas angkutan laut dengan aiatern konvenBlonal. meiayani general cargo, bagged cargo ataupun dry cargo. - Kuslltas jasa dan jasa purna jusl yang yang lebIh balk dar1 pesaing sebalknya tetap dipertahankan/ dltingkatkan gune menciptakan kepuasan dan kepercayaan perusahaan. kon~mmen akan - Me llhat kemampuan perusahaan dar1 perusahaan peaaing. peplpskatan skees pasar yaltu daerah pemasaren ke Indonesia memasukl pasar Iuar negeri. jasa yang dlberlkan yang asak leblh baik dapat dl1akukan densan cara memperlu8.a wl1ayan €imur daR Atan Seh!ngga dapat d1capal pertumbuhan penjualan. pl'oflt dan asset. baik dalam - Koneentraai melalui Integrasl Vertikal: Pertumbuhan melalul konsentrasl untuk dapat meningkatkan kekuatan b1sn1anya dengan menambahl mengurangi fungsi, dengen tetap melaksanakan upaya memlnimalkan biaya dan operas1 yang tldak eflslen untuk mengontrol h~alltas dan d!strlbusl produk. Melihat kondis! aset dan volume penjualan pertlsahaan , perusahaan dslam hal in1 depat melakukan integras 1 vertlkal ke depan yaltu strategi yang digunakan ketlka perusahaa . berseing delam industri y a n g sedang tumbuh d~ken distributor-distr ibutor berkualitas yan~I! . a"'k ~l5M\ terbatas serta mahel. Oleh k rpn u peruS'!'fi~ dapat menambah fungsi dengan,.e C!lrikan usaha ja~a pe ung , sepert1 usaha jasa EKL , FQl't;,d~6~ .J:2ortgk¥ mu yang masih 5attl group I en~n p;rusahaan--F~yaran PT. Behar! Ha luan Sam aetn:g Seorang, na mper lancar operaeion • dist usi pro uk dan m ~gont r kualltaa prodl.llt:. Apa a Pe usahaa P yaran PT. Baha Haluan Samudra ang I Semarao. t'e~ menja i · rusahaan pelayar an ns ~esar. ~mQUny modal b aar an sumber d al'a yan prOfe~10nal sr'~ta ket)ka pem~Ok b"1 baJ..-u yang d nake 3angat -mahal er sahea' dapat me l5.kuka strat gi lntelil'l"'asl vertltl-k ke e lakang d~ n ga n m iri kan.. sat ,n atau l eblh... perna untuk menaikkan keuntungan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 04 May 2016 03:29
Last Modified: 04 May 2016 03:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9092

Actions (login required)

View Item View Item