ASTUTI, CHRISTIANA TRI (1999) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN STUDI KASUS PADA PT. SANDRATEX SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
94.30.2017 Christiana Tri Astuti COVER.pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
94.30.2017 Christiana Tri Astuti BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2017 Christiana Tri Astuti BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2017 Christiana Tri Astuti BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2017 Christiana Tri Astuti BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) |
||
Text (BAB V)
94.30.2017 Christiana Tri Astuti BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
94.30.2017 Christiana Tri Astuti DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
94.30.2017 Christiana Tri Astuti LAMPIRAN.pdf Download (75kB) | Preview |
Abstract
Pada man. sebrang im.. pe:rtlaingan dalam segala 8egi kehidupan sudall dirasakan cul.up bent, demilrian pula d.engan penaingan dalam duma usaha. Olcll karena 1m tUltuk mengataBi perslingan daltm. duma unu, perusaha4.D huus dapat memaufaatkan teknolDgi yang te1ab berlcembang derlgan pelld pula. Dahm hal:ini setiap pernsahalD juga hartIB memperl<tut po_ya d.ahm IndUBbi yang dlma8tlklDya sehingga alan terns mampu benaing. Da1am man b:isis ekonomi yang sedmg berlaDgrmng eli Indonesia .eltarang lDl. pern .. h.ID diliuttut untuk dapat bertahau hidup agar pemsahaan dapat letap me:njalankan kep .L eraw:ionahrya. Demjklan pula den " dr.. emarlllg, dalam hal ini pero.sahaan marih mengbaa..pi bem_gAl peDIluahhan dalam ke~ neahanya. Pr. Sandratex yang bergerak ~ilsbi tekst!l lDi m.,in, menghaaapi eunasalahan :khUSUBDya dahm bidang peJil.i,UIUl. S~J pema .. ran ybJ diterapka.n oleh perw;ahaan selama iDi dlra.. lIum oe':1'l11 dengan"londlsi tulia usah~ IDg.e1alu berubah. Peanasalahan y , nCliufmuncu1 ... ke.giatan uaba PT. Sandralex adaJah: I l 1. Strategi pemasuan y 8elamal~ ditaa~ oleh Pr. Sa.ndra~x .p maBih .esua! dengon kondlsi p ~'ekuaug !nl. .~ r 2. Altem.til .lrateg! P'i\"'Sar&Il .pakah Y;aD.. bogi P aha untuk menlnghtkan daya . alW;l>ya Indutl! yang-djm • .uJr:Iayo, Dengan ~.al.l\.n Ji1D8 dihadapi peru .. h .... tersebut Ilia " malta tujuan penelitian In! adalali . J _ .J /1 1. Untuk mengetahui apakah strategi. emasa:r~YU1~erapk4D o1eh PT] ;andratex .e1ama iDimaolh .esua! d 1l$lDkondi.} ... tlliL_ ~> 2. Untuk mengetahui alteJ:D.I.~tralegi pema ~apa~ efektif ba - . Sandratex untuk menlngkatkan daya.aIn dalam'indUBbi yangdima8tlklDya Dilim pelaksana I peDe1:Uian ini,. ada beberapa data aIlg diperlukan untuk menganallsiB kondlsi perusah. ....' OUtI ~ t til .Ir.teg{ yang mungkin di1aksanaklD olel> PT. SlDdr.tel< Ana1iSio diila-Wi .elanjutny. d;gunakan untuk memilih strategf ymg sesuai bagt Pr. Sandratex Se:mu.tIIg. Data dan :lnformni yang ahn dikumpuIkan dapat dikek>mpokkan .ebaga! berikut: I. Data Prlmer Data primer adalah data ylDg diperoleh Ltng011llg darl 61lDlbernya. De1am penelilian IDi data primer dJperoleb dengau wawancara Ltngrmng dengan pihak-plhak yang bedailau, :khususnya pihak pema.aran dan personalia. Adapun data primer yang dikumpulkaa antan Wn : - Budaya PerusalJaan - Sumbet Daya Perusahu.D - I<omposisi PemeDUhm Kebutuha..n Kompone.u Bahan Baku - Data PenjuaJan Perusah.1D - Kebijaka.n pemasarau ylllg ada selama ini Perusahaan pesalng lordekal - Infoxmasi gambaran huga produk yang clihasilkan b. Vata Sekunder Dota .ekunder .dalah data yang diperoleh .ec .. o tidalt hngoung dui 81Imber peoelilian yang bergnna .eb.gu pelengbp dala ptlmer. Dala sekunder Ini dlperoleh dui sludi puslaka yllDg diIokuka.n peoelili, artikel sural kabat, majalah , data 'tatisUk darl peruaahaan dan Jam.laln. Data .ekunder In! d.pal dlperoleh juga dati lite:roture.literatme yang berlrnbnngan dengan obyek peoeli1tao. Adapun dat. dala yang dlkumpulkan anlara Wn: - ~ tajuan dan 5lrategi pemasaran -Jamhh peruaah.an dalam Induabi - Kcmdisi kODBUmCll - Ungkungan maho ; Ekonoml dan Polilik/ Kebijakan pemerinlah - Slruklur Org.,,;,.ri - B;.ya Operasi peruaahaan - Pangsa Pasar dalam Indu.stIi - Kekaatan tawar-.menawar pemaso r ,'--.. - Produk Suh,lilusi yang mun .. da \' \.. I. '-..;;: - Tlngkal Inf1ari dalom negerl. 1. r- Data yang telob lerkumpul ~but k"",udian alwa dio)ah Ieblll-hDjut da dlaajlkan dalam benluk tabel dan ~ h.ali1.atif. Anallris aata yiDg .1an dlgun aIaa penelitian ,.uwr. allris ku.lil.tif. Analirio ku.litalli Ini~ ""tal IDl!I!g1IIBJ,angkan , ern.~ai:tern,tiI slrateg! pemaoaran yang gkln diterapkm o1ehl·PT:' Sandntex semUln~<ij,akup.n dati anallris kuali1,tiI ini alW.ah aiuliau. ~an ..,Llralepk deng"" men~akan anallris SWOT dan an .lruktJr Indutn. Untukm ... gmhul il>s1s1 P"I'!!'ahaan digunakan analirio SAP J ( SbiIegi<: Adv_p I'rofiIe ) da1f it OP ( Environmental Threa! and ortaniIy Itfoflle ). S<:d~$k.u! untuk rnetlentukap ernatil ,lrateg! yODg .ernai bag; PT. and .. ! •• a'lWah ¥-g~~kan alai ba' analiris Decision Theory yang berdasaihn'Rad. ExpeCteaVi!ne. , Berd •• a.r:kan M. SAP dan ETOP, pat diketalmllPoriai PT. Sandra! .. Seroarang dlbandingkan \'" III pe,alngnya allom lDd ... tII. -tekotll adalah sedlllg. Analiais intemal dan eks mem:akuy - dustti mutlak. dlIakukan, ,ehlngga .lraleg! yang cliPeroleh ~ .e61Ul deng .. kondIsi PT. Sandrate)( Semarang. 1. KEKUATAN (STRENGTIlS) - Knali1.a. produk yang clihasilkan balk - Manajemen Peru6ahaan telah dJlakakan Becan opHmal - Konsep pema&aran 80Erialmendukang pedembangan perUBallaan - Pro ... produkai cukup efisieD - Peruaahaan mampn memberi kesejahteraan yang cnkup baik bag; karyawannya. 2. I<ELEMAHAN (WEAKNESSES ) - Ketergsnlungan terhadap pema.ok cnkup Iioggi - Sistero penjualan untuk ka!n bermotil be1um mengunlungkan - Kegiatan pem.a8U'.n maBih temataa pada variasi produk dan promosi - Tingginya huge jual produk yang clihasllkan 3. PELUANG ( OPPORrUNlT'l ) - Ada pangea puu J.am seLtin untnk batik - Prodak substllusi tidal: be'l'ouguuh besar - Pemrint .. n akan prodak .andsDg tidal: akan habiB - Po!u.ang p .. ar ekopor ylllg nukIn In.s - KeingiDan m.oyarwt akan 5andsDg cakup Hnggi 4. ANCAMAN ( TIlREAT ) - Kondisi po1i.tik dm ekoDomi dalam Degen yang tidak mene:ntu - Ancaman produk berbarga murah - Pemaingm dalam tndustri semakin ketat . Naiknya n1lai mata uang Luar Negri. daD lDflaBi dahm negen - Kenaikan larif listrik, telepon dan BBM Berdasa.:tkan altemalif diaus, dapat Qo'is11Jnm b eberapa altematit strategi dengan menggunakan Matrll<o SWOT daxI Freddy : 31) dan Porter (1993 : 10~ Altematif strategi pemual'&Jl yang wpat . ad,":'" .... _ ... 1. Str.teg! SO, merupakan .trateg! iiil!iiiliilcnng Sfntegl-a differensiasi dengan sirategi p angan pasu. 2. Straleg! ST, merupakan .tr.te yang men"aakuns-.tral!;gi diversl1!ka diu ,traleg! focus differentiation dna stra pNiclle. /. 3. Strateg! wo, merupal:an s leg! Y"lr: mendnkmls .tralgel st.blIIUs y aku;s;si dengan pemasoJo4.ngan strateg! peng~ produk. 4. Strateg! WT, merup.a.i strategi rg mendalr.1iiiig _leg! defenilf dengan ateg! fOC1lS differeIltia tUm. Dart beb apa altematlf.1ra gi terseba.t lis, eIl<.tr yang .e""u bag; PT. S&Ddr'~4 'kondJsl., ...1 1;m, yaitu d'l"P'l Tab<;l H ..l l ,fiecisiDD Theory dengan tolok persenlase ,paass' pasu yang dlI:usli PT. Srldratex terhad.p pangsa pas .. in I hi seear ke ........... dari petldhmsu! .liJ.i EV r E!.pmed Value) m.mg-m.oing altem!tif strateg! terse t dap.l diketalJuVbahw. ~ teg! SO sebesu 45. Stratest WO 6eb- i'ar 51,25, Strategi p-se~ SO d.a:D Strategi sebesal' 42,50. Hal iDi berarti bahwa ~tif stra Osl)raug:;. ." "al baSi PT. s.;w: ex .dal.ah strategi we, karena strateg! emlh1d miiir'Ev r.!h.g besar.~ teg; we lui merupakan strateg! yaDg mendaktm~ .trategi st.blilla. ylitu den~an..s eg! melakakan akuiBiBi dengaD pemasok diikuti t.1n ateg; yengemb - duk. Dengan altematif str.teg! wei lui, perasahaan dibarap _.t gkatkan daya saingnya terlJadap peBaingnya. Walaupun teJ.ah teIp!lih .trategi we .ebagalstrategi yang sesu.ai bag! PT. Smdratex, tidal: ber_ bahw. kinerja perusahaan akan dapat langBUDg menmgkat DiBamping itu keberhasllan strateg! WO tergantuDg pula daxI pelakalllalD program dID kegialaD yaug telab diBusun .erta kemampu.an manajemen dalam meng.IIRi kendalakend. la pelakaanaaD1\ya. Program daD kegiatan yang telab diBusun haru.a .elalu dise!111aikan dengou perubahlD Jingkungan youg mungkin terjacll, blcik lingkungan lntemal maupun lIngktmgan eketemal pemoahaan. Setela.h menetapbn strategi WO sebagai suateg! yang sewn bagi Pr. Sandratex Semarang, maka dapd dfiakabn strategt a.ku:isisi te.thadap pemar;okuya untuk menciptal:aD JDaDajemen yaDg lobib efiBien, sebingga akan mengb.silkan kinerja perusahaan yang .emalciD balk. Hal ini penting. karena pada .. at kondiB! perekODomiBn yang sel.alu beruball, e£isiensi memegang peranan yang penttng. naD dengan strategi pengembangan produk, dalam hal ini pada variaoi produk sehingga dlhuapkan akan dapat menmgkatkan day. saing dahm hal keanekuagaman produk, yang .elama ini merupakan salah. satu kelem.ahan pe:msahaan. Dengan peDerapan strategl iD1 mw diharapkan pula daya saing yang dimiliki oleh PI'. Sandralex Semarang dapat me.mngkat dalam lndu.trl yang dimasukinya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Production Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 04 May 2016 03:18 |
Last Modified: | 04 May 2016 03:18 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9061 |
Actions (login required)
View Item |