ANALISIS PENGARUH HARGA, PRODUK, DAN PELA Y ANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBELI MAKANAN "(STUDI KASUS PADA "RUMAH MAKAN PANTES'" KENDALl"

Rianto, Staniklaus (2002) ANALISIS PENGARUH HARGA, PRODUK, DAN PELA Y ANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBELI MAKANAN "(STUDI KASUS PADA "RUMAH MAKAN PANTES'" KENDALl". Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
98.30.3590 stainklaus rw.COVER.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
98.30.3590 stainklaus rw.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3590 stainklaus rw.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3590 stainklaus rw.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3590 stainklaus rw.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text (BAB V)
98.30.3590 stainklaus rw.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
98.30.3590 stainklaus rw.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
98.30.3590 stainklaus rw.LAMPIRAN.pdf

Download (860kB) | Preview

Abstract

Makanan adalah merupakan kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Saat ini harga - harga kebutuhab pokok semakin naik ini menyebabkan daya beli masyarakat akan kebutuhan pokok tersebut menjadi menurun. Selain itu sekarang ini banyak rumah makan yang berdiri, karena itu persaingan di dalam bisnis rumah makan semakin ketat. Pola berpikir masyarakat saat ini juga semakin berkembang, masyarakat semakin teliti di dalam memilih suatu prod uk apalagi produk tersebut adalah makanan yang mereka beli, mereka akan membandingkan prod uk makanan, harga makanan, dan juga pelayanan yang diberikan. Pengusaha rumah makan harus mengetahui apa yang menjadi keinginan konsumen dan faktor apa yang berhubungan dengan pemikiran konsumen yang menyebabkan terjadinya kepuasan konsumen. Dengan menganalisa perilaku konsumen ini pengusaha rumah makan dapat mengembangkan produk, menentukan harga, dan memberikan peayanan secara lebih baik. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan masalah penelitian sebagai berikut: 1. Apakah ada pengaruh variable produk, harga , dan pelayanan baik secara bersama maupun parsial terhadap kepuasan konsumen ? 2. Variabel manakah yang memiliki pengaruh yang paling kuat dengan kepuasan konsumen? Hipotesis yang penulis ajukan adalah 1. Harga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam melakukan penbelian makanan di rumah makan Pantes. 2. Produk mcmpunyai pcngaruh yang positi f dan signi fikan tcrhadap kepuasan konsumen dalam melakukan pembelian makanan di rumah makan Pantes 3. Pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam melakukan pembelian makanan di rumah makan Pantes 4. Harga, Produk, Pelayanan secara bersama - sarna mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam melakukan pembelian makanan di rumah makan Pantes. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah orang yang membeli makanan di rumah makan pantes. Pengambilan sampe sebesar 88 reponden dengan tehnik ssampel menggunakan tehnik Acidental sampling, yaitu siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti yang dijumpai di tempat tertentu, bila dipandang konsumen yang ditemui cocok sebagai sumber data. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari sumbernya, metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Tehnik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda serta uji hipotesis menggunakan uji t dan . uji f untuk mengetahlli besamya sumbangan variabel harga,produk, dan peayanan terhadap kcpuasan konsumen dalam membeli makanan di rumah makan Pantes, menggunakan koefisien detenninasi ( R2 ). Besarnya pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen yang ditunjukkan oleh koefisien regresi 0,323501 terbllkti signifikan. Dalam pengujian hipotesis dengan uji t, hit ( 2,943 ) > t tabel ( 1,664 ) maka harga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam membeli makanan dirumah makan pantes. Besarnya pengaruh produk terhadap kepuasan konsumen yang ditunjukkan oleh koefisien regresi 0,323501 terbukti signifikan. Oalam pengujian hipotesis dengan uji t , t hit ( 3,318 ) > t tabel ( 1,664 ) maka prod uk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam membeli makanan dirumah makan pantes. Besarnya pengaruh pelayanan terhadap kepuasan konsumen yang ditunjukkan oleh koefisien regresi 0,299477 terbukti signifikan. Oalam pengujian hipotesis dengan uji t , t hit ( 2,633 ) > t tabel ( 1,664 ) maka harga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam membeli makanan dirumah makan pantes. Sumbangan variabel harga, produk, dan pelayanan secara bersama - sarna ditunjukkan dengan besarnya R2 yaitu sebesar 0,39867 atau sebesar 39.86 % sedangkan 60,14 % dipengaruhi oleh variabellain di luar penelitian, pengujian hipotesis dengan uji f menunjukkan bahwa f hit ( 20, 22620 ) > f tabel ( 2.60 ) maka harga prod uk dan pelayanan secara bersama - sarna mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam membeli makan di rumah makan pantes. Saran yang diajukan penulis : 1. harga makanan sudah sesuai dengan rasa atau citaranya dan harga makanan sudah sesui dengan kualitas yang diharapkan. sudah baik dan pelu dipertahankan Sebaiknya harga makanan yang dijual jangan terlalu tinggi, agar dapat dijangkau oleh konsumen, karena sebagian besar konsumen yang membeli di rumah makan ini adalah yang berpenghasilan di bawah Rp. 1.000.000 2. Menu makanan yang ditawarkan kepada konsumen sudah bervariasi dan rasa makanan harus dapat memenuhi selera konsumen. Produk yang diberikan kepada konsumcn scbaiknya pcrlu dipcrhatikan agar Ichih dijaga hygienisnya dengan cara tempat penyimpanan makanan agar diberi penutup sehingga tidak dihinggapi lalat. 3. Keeepatan dalam memberikan pelayanan harus diperhatikan, jumlah petugas dirumah makan Pantes sudah memadahi. Pelayanan yang diberikan kepada konsumen agar lebih ramah dan sopan dengan eara memberikan jawaban dengan baik setiap ada konsumen yang menanyakan tentang jenis - makanan agar konsumen merasa sudah dilayani dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 04 May 2016 04:03
Last Modified: 04 May 2016 04:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9034

Actions (login required)

View Item View Item