LESTARI, MAYA (1998) PENENTUAN JUMLAH TEMPAT PEMBAYARAN YANG OPTIMAL PADA SUPERMARKET SRI RATU PEMUDA SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
94.30.1965 Maya Lestari COVER.pdf Download (157kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
94.30.1965 Maya Lestari BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.1965 Maya Lestari BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.1965 Maya Lestari BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.1965 Maya Lestari BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
||
Text (BAB V)
94.30.1965 Maya Lestari BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
94.30.1965 Maya Lestari DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
94.30.1965 Maya Lestari LAMPIRAN.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Dalam kehldupan sehari-bar1 masalah antrian sering dljumpai , mungkln situasi antrian pertama yang terbayang delam p1k1ran k1ta adalah antr1an d1 depan loket b1oakop. Tetap1 eeaungguhnya antr1an terjed1 dalsm banyak ~1tuas i , kerena adanya kedatangan aeak atau yang tidak d1jadwalkan yang meleblhl kapasltae fa8111tas pemberlan jasa atau pelayanan jae:a untuk: menanaanlny8.. Delsm teorl antrlan ada beberapa mssalah yang dapat dlselee8.1kan entara lain bagaimana perusahaan dapat menentukan waktu dan fael11tae a£8r dapat melayan1 pelanggan dengan balk. Hal tersebut tentu saja dlperhltungkan ek~tra blaya y g dlkeluarkan perueahaan untuk menambah fasll~a~e v{~ dengan keruglankeruglan konsumen kuen-s: arus menunggu ;, 1 a tldak ada fae:l11tae servis yana~ aru. Adapun y~ menjadl-"byek penelitl adalah supermarket Srl u Pemu antel 1 ",tU). ~rmarket Sri Ratu pad eaa krls1s ekonom seka~ang I nl, menyedlakan 10 k .... l1: untuk jam 1 00 sampe Sam 13 0 WIB dan 12 kaelr untuk jam 18. 00 ~pa1 jam 21.flO WIB. te yang dlKunak~ aaalah data ~lme r yang mellput data tentang jumlah t.em~ pembmran data terttang umlah konsumen yang trl tuk ~mbay .~ data ~akt rataret a setlap ~ sume Yan& antrl untUk memba~ d data waktu rata-r se~ap konsumen' antrl sam~al k keluar darl tempat . yeran. Unt11lt pe penelltlan, pe ~tltl meng~aKan anallsis entrlan model mult1e !\.IlIlel-slngle jPhue. Adapun he~ peneli tlan t ere but,. adalah...sebag.&t _b 1kut: /~ - Untuk Jam 10.00 al· jWil-l.3..0Q WIB (10 kes' ). = 13 orang/j , '" = 16 orang/J P = 0,7917 Lq = 1,4858 L" = 9,4028 Wq = 0,4028 Ws = 0,078 Po = 0,00031 Pw = -0,1044 E(Cs} = Rp. 6.616.666.67.- - Untuk jam 18.00 sampai jam 21.00 WIB (12 kaalr) ). = 21 orang/jam N- = 25 orang/ Jam P = 0,825 Lq = 2,0197 Ls = 11,9199 Wq = 0,0082 We = 0,0486 Po = 0,00004 Pw = -0,0897 E(Ce ) = Rp. 7.916.666.67,- 1v in1 Ratu 13.00 Kes1mpulan yang dapat d1amb11 dar1 pene11tian adalah jumlah kae1r yang dieed1akan supermarket Sri Pemuda belum optimal. Untuk jam 10.00 sampa1 Jam WIB perlu ada pengurangan kas1r eebanyak 1 (eatu) berart1 perlu d1sediakan 9 kas1r dan untuk Jam aampa1 Jam 21. 00 WIB Juga per lu pengurangan 1 kaeir. berarti menJad1 11 kaeir yang d1sediakan. kas1r, 18.00 (satu) Saran yang dapat d1ber1kan penel1t1 kepada supermarket Sri Ratu adalah supermarket Sri Ratu harus mengurang1 Jumlah kae1r untuk jam 10.00 eampa1 13.00 WIB 1 (satu) kae1r dan untuk jam 18.00 eampai 21.00 WIB jumlah kas1r d1kurang1 1 (satu). Mes1n kas1r yang t1dak dlgunakan dapat dialokasikan d1counter la1.n atau cabang-cabang Sri Ratu lainnyu y g membutuhkannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > Business Performance |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 04 May 2016 03:16 |
Last Modified: | 04 May 2016 03:16 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8983 |
Actions (login required)
View Item |