Andhika, Pazia (2002) ANALISIS PENILAIAN KONSUMEN TERHADAP MAKRO SUPERMARKET DAN ALFA SUPERMARKET. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Katolik Soegijapranata.
|
Text (COVER)
98.30.3457 Pazia Andhika-ok.COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
98.30.3457 Pazia Andhika-ok.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3457 Pazia Andhika-ok.BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3457 Pazia Andhika-ok.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3457 Pazia Andhika-ok.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
Text (BAB V)
98.30.3457 Pazia Andhika-ok.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
98.30.3457 Pazia Andhika-ok.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
98.30.3457 Pazia Andhika-ok.LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dewasa ini dunia usaha semakin bcrkembang khususnya di bidung perdagangan, banyak bennunculan industri¥industri retail scperti supermarket. departemen store, dan bahkwl hypennarket tanpa meninggalkan adanya. pasar tradisionaL Dengan adanya industri retail ini dihampkan akan Icbih memberikan kemudahan bagt kotisumen untuk memenuhi kebutuhan schari~hari. dirnana kebutuhan tcrscbut tcrscdia di supermarket atau hypcmlarket yang mcrupakan Industri retail_ Pcrkemhangan industr! retal! tidak terlepaskan dan pengnmh tiga fal"tor mama yahu faktor ekonomi. demografi, dan sosial budaya, Pengusaha menghadapi b.nyak tantangnn karcna adanl" perubahan perkirnan dati faktor-faktor ekonomi, demografi, dan sosial budaya. Pasar yang huts. jumlah toko yang sedikit. dominasi produsen dan distributor merupakan peluang untuk menyesuaikan jenjs toko dan meningkatkan daya saing di masa yang akan damng. Persaingan di masa yang akan datang akan diwamai oJeb upaya berpikir yang Jebih strategis. Persaingan akan menjadi semakin unjk karena persaingan yang teijadj bukan hanya antara usaha retail yang sejcnis lapi bcrla;nan jenis. Supermarket bukan hanya bcrsaing dengan supern1atke'~ lain tetapi juga dcngan departemen stare, hypennarket. toko besar atau toko kcci!, dan bahkan dengan pasar tradisional. Deogan scmakin banyaknya pcsaing <it industri retail. pengusalm dituntul untuk $cmakin cfisicn. Aplikasi sistem operasi dengan komputer mcrupakan hal yang mcmbantu dalam pcningkatan efisicnsi. dan tantangan lainnya adalah ~ningkatan kualitas sumbcr daya manusia karena sumber daya manusia mcmegang pcranan yang snngat penting dahlin lndustri ini. Makin ketatnya persalngan usaha di masa yang akan datang menjadi sliatu permasalahan bagi sebuah perusahaan uotuk mcncapai tujuan yang telah ditempkan oleh perusahaan, Hal ini hanya dapat dicapai dengan mempertahankan dan meningkatkan penjuaian scrta meningkatkan loyalitas pdanggan untuk menguasai pasar dengan harapan perusahaan memperoleh kcuntungan schingga dapa! mcmpertahankan kelangsungan hidupnya dan bcrkembang. Untuk mcngantisipasi persaingan di masa yang akan datang make. Makro Supermarket dan Alfa Supermarket sebagoi salah bagian dan industri retail memasarkan produknya dengan mcnempuh berbagB.i cam di antaranya dengnn mcnjaga kualitas barung yang dljual. pcnctapan harga yang erektif. mcnjaga kcterscdiaan barang. dan mcnarnbah macam harang. m~ntngklltkan kenyamanan. dan pclayumm scrta mcmperbaiki penmaull ruangan. Berdasarkan hal'<il pm survei tcrhadap bcbcrapa konsumcn. ada bcbcrapa variabel yang dianggap penting dalam mcmilih suatu Surx:rmarkt:t yuug da-pat diperbandingkan. Bal ini meliputi harga barnng. kelengkapan barang. k(!nyamaMn, fX!layanan. iokasi. keamanan. dan kcmudnhmt Otch kerena hal lni mtika pcllclitt tenarik umuk melakukan penciitian yang bcrjudul uAnalfsis penilaiall kOllsumen tefhal/ap Makro Supermarket dall AI/a Supermarket. "untuk variabel keamanan kedua warehouse lcrscbut sarna baiknya. Scca.ra keseluruban konsumcn menilai juga variabel~variabel toko yang ada di Aira dan Makro sccarn rata-rata adatah 5.24 dan 5,31. Hal ini berarti ba.h""ll hasHnya adalah cukup balk bagi kedua supermarket lerscbu! Berdasarkan has!! peniiatan konsumcn !Cbarlap va.riabel~variabel toko. dapal ditarik kesimpulan sebagai bcrikut sccara kescluruhan variabel-variabci toko yang t<rOOpet di Alra dan M.kro adalah cukup balk. Bahkan uotuk Air., vanabel-variabel sepert! harga barang, kclengkapan barang dan kcmudahan, mendapat penilaian yang cukup bllik dari konswncn daripada pesaingnya yahu Makro. Namun untuk variabel kenyamanan, pelayannn, dan lokasi dinilai cukup dibandingkan dengan pesaingnya Makro. Tetapi variabel kcamanan dinilai otch konsumcn sarna baiknya untuk kedua warehouses.uperrnarket tcrsebut yaitu Alfa dan Makro. Schap pcrusahaan harus tetap memepertahankan variabel~variabcl tokonya dan b.hkan melengkapi kelemahan-kelemahan variabel taka yang Ininny., apelagi pada saat int di kota Semarang telah limbul pe-saing-pesaing bam yang tentunya perusahaan pesaing tersebut juga berusaha untuk mcmbcrikan \'ariabcl~\'nriabcl toko yang baik kepada kOllsumen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 04 May 2016 03:52 |
Last Modified: | 04 May 2016 03:52 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8940 |
Actions (login required)
View Item |